Lima Makanan Khas Indonesia yang Ngangenin

Umum  

Tidak jadi masalah kalau bahan dasar makanan tersebut gampang ditemukan, karena untuk mengolahnya sudah banyak situs internet yang memberikan beragam resep. Persoalannya, justru, karena bahan dasar makanan ini sangat khas Indonesia, jadi sulit ditemukan di negara lain. Nah, apa saja sih bahan dasar masakan yang sulit ditemukan di luar negeri dan kerap bikin kangen? Berikut beberapa di antaranya.

Meski ada jutaan masakan lezat yang tersebar di penjuru dunia, tapi ada saja makanan favorit tertentu yang membangkitkan kerinduan, terutama bagi sobat Calakan yang sedang merantau di luar negeri.

1. Tempe

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bahan masakan hasil fermentasi kacang kedelai ini pastinya tidak asing di Indonesia, namun tidak demikian di belahan dunia lain. Kalaupun bisa ditemukan di luar negeri, harganya terbilang mahal. Tempe berukuran satu telapak tangan orang dewasa, bisa lebih mahal dibandingkan harga satu kg daging sapi loh.

2. Petai

Biji-bijian ini seringkali dipandang sebelah mata karena aromanya. Padahal justru kekhasan baunya itu yang membangkitkan selera makan. Bahan masakan ini cukup sulit ditemukan di luar Indonesia dan kalau pun ada, biasanya harganya selangit. Buah berwarna hijau yang biasa disebut makanan orang kampung, mendadak naik kelas kalau sudah melancong ke luar negeri.

3. Pindang ikan tongkol

Sebenarnya ikan tongkol (atau ikan cakalang) sendiri tidak sulit ditemukan. Namun tidak demikian dengan yang sudah diolah setengah matang menjadi pindang tongkol. Cukup digoreng saja, bahan masakan ini sudah enak, apalagi diolah menjadi masakan balado dan pampis. Duh, pasti penggemar ikan tongkol yang sedang merantau bakal meneteskan air liur saat membayangkannya.

4. Oncom

Di Indonesia sendiri, bahan masakan ini hanya bisa ditemukan di daerah-daerah tertentu seperti di beberapa daerah di Jawa Barat. Biasanya bahan masakan ini diolah menjadi tumisan pedas, sambal, atau isian lontong. Khas Indonesia sekali, kan? Pantas saja jika sering dikangeni.

5. Kerupuk aci dan emping

Yang satu ini tidak perlu banyak penjelasan. Kerupuk aci dan emping bisa dijadikan pendamping makanan utama, ataupun untuk cemilan santai. Sayangnya, mereka yang sedang merantau di luar negeri mungkin akan kesulitan menemukannya.

Itulah beberapa bahan dasar masakan dan makanan khas Indonesia yang seringkali dirindukan para perantau di luar negeri. Sobat Calakan yang ada di dalam negeri tentunya bersyukur, dong, bisa mendapatkannya dengan mudah. Buat yang di luar negeri, bersabar menunggu saat kembali ke Tanah Air ya. (Lisa Indriana)

Berita Terkait

Image

Serupa Tapi Tak Sama, Lima Makanan Thailand dan Indonesia

Image

Mengenal Beragam Makanan Tradisional Belanda

Image

5 Makanan Korea yang nge-Hit dan Bikin Ngiler

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Mengenal Tes SAT

10 Tips Liburan ke Luar Negeri buat Pemula

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image