Melihat Pembuatan Tahu Susu Lembang

Kuliner  

Siapa tak kenal tahu susu yang lembut di lidah? Nah, jika Sobat Calakan ingin tau proses pembuatan tahu susu ini, datanglah ke salah satu pabriknya di Lembang. Nama tempatnya adalah SPBU Tahu. Tempat wisata ini menawarkan sesuatu yang berbeda, yaitu memberikan kesempatan kepada pengunjungnya untuk melihat langsung pembuatan tahu susu tersebut.

foto : dokpri

Untuk melihat pembuatan tahu tersebut, kita harus datang secara berombongan dengan minimal jumlah peserta adalah 25 orang. Jika jumlah rombongan kurang dari itu, boleh saja tetapi tetap harus membayar sejumlah minimal ketentuan peserta. Biaya per orang adalah Rp 25 ribu. Dengan jumlah tersebut, selain menyaksikan proses pembuatan tahu susu dari awal hingga akhir, kita juga akan mendapatkan satu paket tahu goreng panas dan minuman sari kedelai, pada akhir kunjungan.

Oiya, kenapa namanya SPBU Tahu? Sebab di bagian depan pabrik ini, dijual tahu dengan sistem drive thru. Bentuknya dari luar seperti stasiun pengisian bahan bakar minyak (SPBU) Pertamina. Warna catnya pun merah sehingga mirip sekali. Padahal saat kita masuk ke dalam, yang menyambut adalah petugas yang menawarkan tahu. Jadi, jika melewatinya berhati-hatilah. Alamatnya berada di Jalan Raya Lembang No. 177 Lembang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Untuk melihat pembuatan tahu di sini, kita harus membuat janji terlebih dulu. Pasalnya, pembuatan tahu susu yang dipertunjukkan kepada pengunjung memiliki batas waktu maksimal. Setelah pukul 11 siang, mereka tidak memproduksi tahu lagi hingga keesokan harinya. Jadi, pastikan melakukan reservasi terlebih dulu sebelum datang ke sana.

Saat tiba di lokasi, kita akan diminta berbaris dan satu per satu dipersilakan masuk ke dalam area pembuatan tahu. Aroma tahu dan aroma kacang kedelai tercium kuat saat kita masuk ke dalam pabrik. Setelah semua peserta berkumpul, seorang pemandu akan menjelaskan proses pembuatannya mulai dari kacang kedelai hingga akhirnya tahu berbentuk kotak dan berwarna kuning atau putih. Kegiatan ini berlangsung sekitar 30 menit dan ada tanya jawab yang bisa dilakukan. Kita juga diperbolehkan untuk memotret semua proses tersebut.

Usai menyaksikan pembuatan tahu, kita akan diminta untuk berbaris kembali ke luar pabrik. Kita akan diarahkan untuk mengambil tahu goreng dan minuman sari kedelai yang sudah disiapkan. Untuk mengkonsumsinya, kita akan diarahkan lagi menuju area foodcourt yang menyediakan banyak tempat duduk. Di sana tersedia berbagai jenis makanan berat dan ringan serta beragam jenis oleh-oleh khas Bandung dan Lembang. Jadi, kita bisa sekalian berbelanja untuk dibawa ke rumah. Jika kita ingin membeli tahu yang masih mentah pun bisa. Lengkaplah. Tertarik untuk melihatnya? Pastikan ini menjadi agenda kunjungan saat ke Lembang, Bandung nanti. (aan)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image