Ikuti Pelatihan Tentang Kelautan Bersama PBB

Umum  

Bagi Sobat yang berkecimpung pada dunia kelautan, ada program fellowship yang diselenggarakan oleh United Nations – Nippon Foundation Fellowship, khususnya dari divisi Division for Ocean Affairs and the Law of the Sea (DOALOS). Program memberikan pelatihan lanjutan tentang urusan kelautan dan hukum laut serta disiplin ilmu terkait, termasuk ilmu kelautan untuk mendukung kerangka kerja manajemen. Para penerima beasiswa akan belajar tentang kerangka hukum internasional, isu-isu utama, dan praktik terbaik dalam urusan kelautan. Peserta juga akan menjadi akrab dengan pekerjaan Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan mengembangkan keterampilan profesional.

ilustrasi : dok. republika.co.id

Untuk program fellowship ini, akan dilaksanakan di masing-masing host institution atau institusi tuan rumah yang berpartisipasi dalam program fellowship ini.

Persyaratan

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Berusia antara 25 hingga 40 tahun

2. Telah menyelesaikan gelar universitas pertama (sarjana) dan menunjukkan kapasitas untuk melakukan penelitian dan studi akademik lanjutan yang independen.

3. Merupakan profesional tingkat menengah dari organ pemerintah nasional di negara berkembang, atau lembaga pemerintah atau non-pemerintah lain di negara tersebut yang berurusan langsung dengan masalah urusan kelautan. Selain itu, posisi profesional Anda harus memungkinkan Anda untuk secara langsung membantu Anda bangsa dalam perumusan dan/atau pelaksanaan kebijakan di bidang ini. Ini termasuk ilmu kelautan dan keterkaitan ilmu-kebijakan.

4. Program penelitian dan studi yang diusulkan harus berkontribusi langsung pada perumusan dan/atau implementasi kebijakan dan program urusan kelautan dan hukum laut negara kandidat.

5. Bebas dari semua kewajiban non-Fellowship selama periode Fellowship kecuali diizinkan oleh Divisi.

Cara mendaftar

Untuk mendaftar program fellowship UN Nippon Foundation, silakan klik link https://www.un.org/oceancapacity/content/apply-now. Kemudian, unduh Application Forms dalam format MS Word. Anda dapat mengisi form tersebut dengan ketikan atau tulis tangan.

Dalam form pendaftaran, terdapat dua dokumen wajib yaitu Personal History and Proposed Research/Study Programme Form dan Nomination and Recommendation Form. Kemudian, kirim lamaran tersebut ke DOALOS melalui email [email protected] hingga 24 Maret 2023.

Kandidat yang berhasil akan diberitahu dan kemudian di-posting di situs web Fellowship pada periode kedua Mei 2023. Kegiatan fellowship akan berlangsung antara pertengahan Agustus dan pertengahan Desember 2023.

Struktur fellowship, kurikulum, dan hasil

Program fellowship ini berlangsung selama sembilan (9) bulan terdiri dari dua gelombang berturut-turut. Program ini memberikan peluang penelitian dan pelatihan lanjutan khusus bagi para Fellow pada bidang pilihan:

1. Fase Satu: Penelitian dan Pelatihan selama tiga3 bulan, yang biasanya dilakukan antara Maret/April dan Juni di DOALOS di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York.

2. Fase Dua: Penelitian dan Studi Akademik Lanjutan selama enam bulan, yang biasanya dilakukan antara Juli dan Desember di salah satu Lembaga Tuan Rumah bergengsi yang berpartisipasi dan di bawah bimbingan ahli materi pelajaran yang telah mengakui keahlian mendalam di Fellows' bidang studi yang dipilih.

Adapun hasil dari program fellowship yaitu berupa tesis tertulis 100 halaman, presentasi penelitian, dan sebuah matriks tata kelola laut.

Selain itu, ada sejumlah tugas akan diselesaikan dalam konteks kurikulum pelatihan yang disampaikan selama tahap pertama program.

Manfaat

Berikut manfaat yang diterima bagi kandidat fellow yang berhasil meliputi

1. Tunjangan bulanan

2. Tunjangan buku sebesar US$100 per bulan untuk fase kedua

3. Tiker pesawat pulang-pergi kelas ekonomi

4. Visa

5. Asuransi kesehatan

Bila Anda tertarik untuk mengikuti program tersebut, jangan lupa baca kembali informasi lengkapnya dengan mengunjungi website www.un.org/oceancapacity/content/unnf-fellowship. (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image