Berkenalan Lebih Dekat dengan Tes PTE Academic

Tips  

Selama ini kita sering mendengar TOEFL atau IELTS untuk tes kemampuan bahasa Inggris yang bisa digunakan untuk mendaftar beasiswa, kuliah di luar negeri atau melamar pekerjaan. Akan tetapi, tahukah Sobat Calakan bahwa ada tes kemampuan Bahasa Inggris yang bernama PTE Academic atau Pearson Test of English Academic.

ilustrasi : dok. republika.co.id

PTE Academic merupakan sebuah tes kemampuan Bahasa Inggris berbasis komputer yang mengukur ketrampilan speaking, listening, writing, dan reading. Salah satu keunggulan tes ini berdurasi dua (2) jam ini adalah meskipun penilaian dilakukan oleh komputer, tetapi tetap obyektif. Tes ini menggunakan Bahasa Inggris internasional yang artinya tidak hanya berfokus pada British atau American English saja. Selain itu, tes PTE Academic ini bisa dilakukan secara online bila tidak ada tempat ujian terpusat (test centre) di kota Anda.

1. Format ujian

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Format ujian PTE Academic ini terdiri dari tiga bagian yang dimulai dari Speaking & Writing, Reading, dan Listening. Total durasi ujian ini beriksar antara 113-140 menit atau kurang lebih dua jam.

a. Bagian 1 (Speaking & Writing)

Pada bagian ini durasi tes selama 54-67 menit dan terdiri dari beberapa jenis pertanyaan. Tes Speaking & Writing ini merupakan tes PTE Academic yang paling lama. Tes ini menggunakan Bahasa Inggris yang mungkin Anda dengar di lingkungan akademik.

Tes ini terdiri dari delapan jenis pertanyaan yang terdiri dari Personal Introduction, Personal Introduction, Repeat Sentence, Describe Image, Re-tell Lecture, Answer Short Question, Summarize Written Text, dan Essay.

b. Bagian 2 (Reading)

Durasi tes pada bagian ini berlangsung selama 29-30 menit dan berisi lima tipe pertanyaan yang berbeda. Pada bagian ini terdapat sebuah tes kemampuan dalam satu jenis yaitu Reading and Writing: Fill in the blanks, sehingga ini juga menilai ketrampilan menulis.

Pada tes Reading ini terdiri dari lima jenis pertanyaan yaitu Reading & Writing: Fill in the Blanks, Multiple Choice (Multiple Answer), Re-order Paragraphs, Fill in the Blanks, serta Multiple Choice (Single Answer).

c. Bagian 3 (Listening)

Tes Listening ini berdurasi mulai dari 30-43 menit dan berisi delapan jenis pertanyaan yang berbeda.

Pertanyaan dalam tes ini berupa video atau audio, yang mulai diputar secara otomatis. Peserta akan mendengar setiap audio ataupun video satu kali. Selain itu, peserta diperbolehkan untuk mencatat isi dari audio ataupun video.

Adapun jenis pertanyaan pada tes ini adalah Summarize Spoken Text, Multiple Choice (Multiple Answers), Fill in the Blanks, Highlight Correct Summary, Multiple Choice (Single Answer), Select Missing Word, Highlight Incorrect Words, dan Write from Dictation.

2. Skor

Skor PTE Academic mulai dari 10 hingga 90. Skor tersebut merupakan skor total dari semua kemampuan yang diujikan. Menurut Pearson PTE, terdapat skor minimal yang harus dicapai untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pada foundation courses (kelas persiapan) skor minimal yaitu 36-50, undergraduate degrees (gelar sarjana) skor minimal yaitu 51-60, dan postgraduate degrees (pascasarjana) skor minimal yaitu 57-67.

Namun demikian, setiap institusi pendidikan atau lembaga lainnya memiliki kebijakan dalam menetapkan skor minimal sebagai syarat. Selain itu, skor PTE Academic untuk keperluan mengajukan visa ke Inggris, Australia, dan Selandia Baru juga memiliki skor minmal. Karena itu, Anda diwajibkan mengecek kembali skor minimal yang telah ditetapkan.

Itulah informasi mengenai PTE Academic yang dapat digunakan sebagai syarat studi di luar negeri dan imigrasi. Khusus PTE Academic UKVI dan PTE Home hanya dapat digunakan untuk mengajukan visa untuk belajar, bekerja, tinggal, dan visa keluarga di Inggris.

Perlu diketahui, bahwa PTE Academic Online hanya dapat digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi yang mengakui tes ini. Sedangkan untuk keperluan visa belum bisa. Jadi, pastikan Anda mengecek perguruan tinggi yang menerima PTE Academic Online. (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image