Ikuti Program Pertukaran Community Engagement Exchange Program di AS

Umum  

Jika Sobat Calakan ingin mempunyai pengalaman yang berbeda di luar negeri, cobalah ikut program pertukaran. International Research & Exchanges Board atau IREX membuka program pertukaran yang disebut Community Engagement Exchange Program. Program ini nantinya akan dilakukan di Amerika Serikat, juga penerimaan pendaftaran dilakukan setahun dua kali.

foto : dok. republika.co.id

Sebagai informasi, IREX merupakan sebuah organisasi nirlaba atau non-profit yang berfokus pada pendidikan dan pengembangan. Kantor IREX ini berpusat di Ibukota AS, Washington, DC.

Persyaratan

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Berusia 21-28 tahun

2. Warga negara dari salah satu negara yang memenuhi syarat dalam program ini.

3. Tinggal dan bekerja di negara asal mereka pada saat melamar.

4. Memiliki pengalaman minimal dua tahun di bidang profesional atau sukarela. Bekerja pada isu komunitas atau masyarakat sipil pada saat melamar.

5. Berinisiatif bekerja dalam kegiatan masyarakat di negara asal.

6. Dapat memulai Program CEE di Amerika Serikat pada tahun 2024

7. Dapat menerima Visa J-1 AS

8. Berkomitmen untuk kembali ke negara asalnya setelah menyelesaikan program dan melaksanakan proyek berbasis masyarakat.

9. Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada saat melamar.

Indonesia merupakan salah satu negara yang dapat berpartisipasi dalam program Community Engagement Exchange Program. Adapun bukti kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat TOEFL 68, IELTS 6,0, atau Duolingo 95. Kandidat semifinal akan diminta menyerahkan sertifikat Duolingo.

Proses pendaftaran

1. Klik laman irex.org, kemudian klik pada bagian participate

2. Selanjutnya, Anda dapat memilih program untuk individu atau organisasi. Jika memilih program untuk individu, silakan pilih your contry dan preferred destination.

3. Pilih program yang tersedia, kemudian baca informasi dengan seksama.

Community Engagement Exchange Program ini akan dibuka pada musim gugur tahun 2023 mendatang sedangkan pendaftaran pada musim gugur 2022, sudah ditutup pada bulan November.

Manfaat

Peserta program CEE ini akan mendapat manfaat seperti:

1. Bantuan visa J-1

2. Perjalanan pulang-pergi dari kota asal peserta ke AS

3. Tunjangan bulanan untuk menutupi biaya tempat tinggal, makan, dan biaya hidup lainnya selama di AS.

4. Tunjangan kesehatan akibat kecelakaan dan sakit.

Demikian informasi mengenai program Community Engagement Exchange di AS. Jika Anda berminat dalam program ini, silahkan persiapkan diri dari sekarang sehingga saat pendaftaran dibuka, Sobat Calakan sudah siap dengan semua dokumen dan persyaratan yang diperlukan. (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image