Dibuka, Beasiswa Turkiye Burslari 2023

Umum  

Salah satu beasiswa awal tahun yang banyak diincar oleh pelajar Indonesia adalah Turkiye Burslari. Beasiswa Pemerintah Turkiye ini bisa digunakan untuk mendaftar program S1, S2, S3, program penelitian, dan kursus bahasa Turkiye. Pendaftaran untuk Turkiye Burslari biasa dibuka pada 10 Januari sampai dengan 20 Februari setiap tahunnya.

foto : dok. republika.co.id

Turkiye Burslari juga merupakan jenis beasiswa penuh. Artinya biaya kuliah dan hidup selama menempuh studi di Turkiye akan dijamin. Berikut adalah cakupan dari beasiswa Turkiye:

- Biaya kuliah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

- Biaya akomodasi.

- Uang saku per bulan, mulai dari 500 Turki Lira – 3.000 Turki Lira (tergantung dari program beasiswa yang diikuti).

- Penempatan jurusan dan universitas.

- Asuransi kesehatan

- Kursus bahasa Turkiye selama satu tahun.

- Tiket pesawat pulang-pergi (PP).

Para awardee Turkiye Burslari juga akan terlibat dalam berbagai kegiatan sosial budaya, serta masuk dalam jaringan alumni Turkiye. Hal tersebut tentu akan sangat bermanfaat untuk pengembangan diri di masa depan.

Dalam menyeleksi pendaftar, Turkiye Burslari menetapkan beberapa kriteria. Salah satunya adalah batas usia. Bagi yang hendak melanjutkan studi S1, usia kandidat tidak lebih dari 21 tahun, sedangkan untuk S2 adalah maksimal 30 tahun. Untuk pendaftar program PhD, batas usianya adalah 35 tahun dan penerima beasiswa riset haruslah di bawah 45 tahun. Para pendaftar juga dituntut untuk memiliki track record akademik yang baik.

Saat mendaftar pastikan Sobat Calakan sudah mengumpulkan dokumen persyaratannya. Berikut adalah persyaratan yang perlu dikumpulkan:

1. Tanda identitas resmi, bisa berupa KTP atau paspor.

2. Pas foto terbaru.

3. Hasil Ujian Nasional (jika ada).

4. Ijazah atau surat keterangan lulus.

5. Transkrip nilai.

6. Hasil ujian internasional, seperti GMAT, GRE, SAT, dsb. apabila disyaratkan oleh pihak Program Studi (Prodi) atau universitas tujuan.

7. Sertifikat keterampilan bahasa, seperti IELTS, TOEFL, DELF atau lainnya, apabila disyaratkan oleh Prodi atau universitas tujuan.

8. Bagi mahasiswa S3, harus menyertakan proposal riset.

Sebelum mendaftar, pastikan Sobat Calakan sudah memeriksa dengan seksama persyaratan dari universitas atau jurusan yang diincar. Ingat, jangan mempersiapkan segala sesuatunya secara mendadak, ya. (AR Meinanda)

Berita Terkait

Image

Dibuka, Pendaftaran Beasiswa di Taiwan dari S1 hingga S3

Image

Beasiswa Penuh S2 dan S3 untuk Para Disabilitas

Image

Ada Peluang Kuliah S2 di Swiss dengan Beasiswa

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image