Kuliah S1 hingga S3 di Eropa? Ke Rumania Aja

Umum  

Pemerintah Rumania saat ini sedang membuka beasiswa bagi seluruh mahasiswa internasional dari negara non-Uni Eropa (baca persyaratan). Adapun jenjang pendidikan yang tersedia mulai dari S1 hingga S3. Jika Sobat Calakan ingin meneruskan studi di Eropa, Rumania dapat menjadi tujuan studi. Namun yang perlu diingat, program ini tidak berlaku bagi program studi Kedokteran, Dokter Gigi, dan Farmasi.

foto : dok. republika.co.id

Para pelamar beasiswa Rumania ini adalah semua warga negara asing dari semua negara non-Uni Eropa, dengan pengecualian sebagai berikut:

1. Warga negara asal Rumania atau yang merupakan bagian dari komunitas sejarah Rumania di dekat Rumania (berhak atas berbagai program beasiswa).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Warga negara yang telah meminta atau memperoleh suatu bentuk perlindungan di Rumania.

3. Orang tanpa kewarganegaraan yang tinggal di wilayah Rumania secara resmi diakui menurut hokum.

4. Anggota korps diplomatik dan konsuler atau anggota keluarga korps diplomatik dan konsuler yang terakreditasi di Rumania.

5. Anggota staf administrasi dan teknis misi diplomatik dan anggota staf konsuler organisasi internasional yang berbasis di Rumania atau anggota keluarga staf organisasi internasional yang berbasis di Rumania.

6. Penerima beasiswa dari negara Rumania untuk siklus studi yang sama.

Jenjang studi

Gelar sarjana: gelar sarjana ditujukan kepada lulusan SMA atau pra-universitas yang memperoleh gelar sarjana muda atau yang setara serta, kandidat yang mendaftar untuk studi lanjut di Romania. Program ini berlangsung selama 3-6 tahun, tergantung pada spesialisasi yang diambil dan diakhiri dengan ujian sarjana.

Program master: program master ditujukan bagi lulusan S1. Program ini berlangsung selama satu hingga 1,5 tahun atau dua tahun dan berakhir dengan ujian disertasi.

PhD: program doktor ditujukan bagi lulusan S2 atau sederajat dan program ini berlangsung selama 3-5 tahun, tergantung pada tergantung pada profil fakultas yang dipilih dan diakhiri dengan presentasi tesis PhD. Untuk dapat diterima di studi doktoral dan untuk mendapatkan beasiswa, sebelum mengajukan lamaran, kandidat harus mendapatkan persetujuan tertulis dari Tutor Doktoral, yang harus menjadi anggota sekolah doktoral, dan lulus wawancara penerimaan.

Persyaratan dokumen

a. Salinan ijazah

b. Salinan transkrip studi yang telah selesai

c. Salinan akta kelahiran

d. Salinan tiga halaman pertama paspor

e. Daftar Riwayat Hidup

f. Menyertakan Letter of intent yang berisi daftar karya ilmiah, publikasi khusus, uraian rinci proyek penelitian yang diusulkan, serta persetujuan tutor yang harus menjadi anggota sekolah doktor yang dipilih.

Dokumen lainnya yang harus disiapkan

Berikut dokumen yang dapat diserahkan saat pendaftaran, hanya kandidat yang termasuk dalam kategori khusus:

a. Fotokopi bukti perubahan nama

b. Salinan sertifikat yang membuktikan bahwa orang tersebut pada tahun terakhir studi akan mengikuti ujian kelulusan pada akhir tahun sekolah / universitas.

c. Salinan transkrip yang membuktikan catatan akademik orang tersebut di tahun terakhir studi.

d. Salinan sertifikat penyelesaian persiapan bahasa Rumania

e. Salinan pernyataan persetujuan orang tua yang disahkan dalam hal kandidat yang belum mencapai usia 18 tahun pada tanggal dimulainya perkuliahan.

Khusus dokumen Curriculum Vitae (CV) diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris atau Prancis. Dokumen lainnya diterjemahkan dalam Bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, atau Rumania.

Pendaftaran

Pendaftaran beasiswa dibuka tanggal 15 Desember 2022 dan berakhir pada 1 Maret 2023. Pendaftaran hanya dapat dilakukan melalui platform Study in Rumania. Akses tautan https://studyinromania.gov.ro atau langsung akses tautan https://scholarships.studyinromania.gov.ro. Untuk platform pendaftaran ini tersedia dalam Bahasa Inggris dan Prancis.

Pengumuman

Pengumuman hasil seleksi akan dikirim melalui email pada 15 Juli 2023. Bagi kandidat yang diterima. Menteri Pendidikan akan mengeluarkan surat “Letter of acceptance for studies in Romania”. Surat tersebut berisi kewajiban (jika berlaku) untuk menyelesaikan tahun persiapan Bahasa Rumania dan institusi pendidikan tinggi yang menjadi tempat studi.

Fasilitas

Kandidat yang berhasil mendapat beasiswa akan mendapat fasilitas:

a. Pembebasan dari pembayaran biaya pendaftaran atau biaya lainnya

b. Biaya kuliah untuk tahun persiapan bahasa Rumania.

c. Biaya kuliah

d. beasiswa bulanan untuk mahasiswa yang terdaftar di tahun persiapan bahasa Rumania.

e. Beasiswa bulanan untuk siswa yang terdaftar di studi sarjana, magister atau doctoral.

f. Biaya akomodasi di asrama mahasiswa

g. Bantuan medis dalam keadaan darurat medis-bedah dan penyakit yang berpotensi endemikepidemi, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

h. Biaya transportasi

i. Pembebasan biaya visa belajar.

Fasilitas tersebut diberikan selama masa studi kepada mahasiswa dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Bagi mahasiswa yang terdaftar di tahun persiapan bahasa Rumania, selama masa kuliah

b. Bagi mahasiswa yang terdaftar dalam studi sarjana dan magister, selama tahun akademik dan selama liburan resmi, tetapi tidak selama liburan musim panas.

c. Bagi mahasiswa doktoral yang terdaftar dalam pembelajaran penuh waktu, sepanjang tahun kalender.

Khusus program S1 dan S2, perkuliahan diajarkan dalam Bahasa Rumania. Tujuannya, untuk mempromosikan Bahasa dan budaya Rumania. Khusus program S3, perkuliahan diajarkan dalam Bahasa Rumania atau Bahasa asing lainnya. Untuk itu, mahasiswa baru wajib mengikuti tahun persiapan Bahasa Rumania. Namun, ada kelompok yang dikecualikan dalam program tersebut seperti kandidat yang dapat menunjukkan dokumen studi setidaknya empat tahun berturut-turut dalam Bahasa Rumania, lulus ujian Bahasa Rumania, dan memiliki sertifikat kompetensi linguistik bahasa Rumania minimal tingkat B1.

Untuk informasi lebih lengkapnya, silakan kunjungi website resmi https://www.mae.ro/en/node/10251#null. (Lutfie Fahrizal R)

Berita Terkait

Image

Dibuka, Pendaftaran Beasiswa di Taiwan dari S1 hingga S3

Image

Beasiswa Penuh S2 dan S3 untuk Para Disabilitas

Image

Ada Peluang Kuliah S2 di Swiss dengan Beasiswa

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image