Mengenal Beberapa Jenis Bantuan Dana Pendidikan

Tips  

Melanjutkan pendidikan tinggi memang harus memikirkan dana. Selain untuk biaya kuliah, tentunya biaya-biaya lainnya juga harus dipikirkan. Terlebih jika kuliah di luar kota atau di luar negeri. Nah, ada beberapa jenis bantuan biaya pendidikan yang perlu Anda ketahui.

foto : dok. republika.co.id

1. Scholarship

Scholarship ini sering disebut dengan beasiswa merupakan jenis pendanaan yang digunakan untuk biaya pendidikan seperti uang sekolah atau kuliah, buku, biaya, dan lain-lain. Scholarship juga disebut dengan grant (hibah) atau bantuan keuangan. Scholarship diberikan berdasarkan kebutuhan finansial atau prestasi. Scholarship ini biasanya diberikan melalui lembaga, organisasi, kontes (kompetisi esai), bahkan undian acak.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Scholarship merupakan bantuan keuangan yang tidak perlu dikembalikan. Untuk pendidikan tinggi, scholarship tersedia mulai dari jenjang S1 hingga S3. Jangka waktu yang diberikan kepada penerimanya beragam. Ada yang satu tahun atau dua semester. Bahkan ada juga yang diberikan hingga masa studi telah berakhir.

2. Bursary

Ini jenis bantuan yang hampir sama dengan scholarship. Bedanya, bursary ini khusus diberikan kepada mahasiswa dari rumah tangga berpenghasilan rendah serta dari kelompok yang kurang terwakili atau marjinal. Ada beberapa contoh bursary seperti Royal Television Society Bursaries, Social Work Bursaries, dan Social Work Bursaries.

3. Fellowship

Jenis bantuan ini mirip sekali dengan scholarship yang memberikan hibah atau grant dana pendidikan. Pendanaan fellowship ini juga tidak perlu dikembalikan. Meski fellowship memberikan tunjangan kuliah, tetapi beberapa fellowship ini diberikan khusus untuk dana proyek penelitian. Ada fellowship yang diberikan kepada sarjana muda, tapi lebih banyak diberikan kepada mahasiswa tingkat pascasarjana dalam bentuk penelitian pasca-sarjana muda.

Biasanya, pemberian fellowship ini berdasarkan prestasi mahasiswa pada suatu bidang. Paling tidak, mahasiswa dapat menunjukkan minat dan potensi atau melakukan sesuatu yang mengesankan pada suatu bidang.

4. Grant

HIbah atau grant diberikan oleh suatu lembaga atau organisasi amal dengan berbagai alasan. Pemberian hibah ini untuk mendukung pendanaan dari kalangan tertentu seperti orang-orang dari daerah tertentu, latar belakang sosial atau agama, cacat atau mereka yang menderita kesulitan.

5. Loan

Yang dimaksudkan dengan loan adalahh pinjaman. Dalam hal pendidikan, loan berarti pinjaman khusus yang digunakan untuk membiayai pendidikan. Biasanya hal ini dilakukan pada pendidikan tinggi. Bisa juga membiayai pendidikan di sekolah swasta K-12 atau pendidikan jenjang TK hingga SMA. Di Indonesia, pendanaan pendidikan dengan pinjaman kurang populer bila dibandingkan dengan negara lain.

Jenis loan dalam pendidikan dibagi menjadi dua yaitu federal student loan dan private student loans. Untuk federal student loan berarti pinjaman dana pendidikan dari pemerintah federal, sedangkan private student loans berarti pinjaman yang diberikan oleh lembaga swasta. Namun, persyaratan untuk mengajukan pinjaman dari lembaga swasta kemungkinan akan sedikit lebih sulit. Sebagai gantinya, sebagian mahasiswa memilih menggunakan pinjaman pribadi untuk menutup biaya pendidikan tambahan setelah mendapat pinjaman dari pemerintah.

Perlu diperhatikan karena bantuan ini bersifat pinjaman, berarti mahasiswa yang sudah lulus diharuskan untuk mengembalikan uang. Tentu saja, hal ini merupakan beban bagi mereka yang melakukan pinjaman. Untuk itu, agar membayar utang pinjaman terasa ringan mahasiswa dapat bekerja paruh waktu, menerima tawaran belajar-kerja, bersekolah di sekolah yang lebih murah, mencari pekerjaan yang menawarkan penggantian biaya kuliah sebagai tunjangan, dan mengajukan beasiswa. Bisa juga mahasiswa yang telah lulus, mencari pekerjaan yang menawarkan bantuan utang mahasiswa sebagai keuntungan.

Itulah beberapa jenis bantuan dana pendidikan yang diberikan oleh lembaga atau pemerintah. Anda dapat mempertimbangkan jenis bantuan dana mana yang akan digunakan untuk kuliah. (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image