Kuliah di Brunei? Kenapa Tidak

Umum  

Kementerian Luar Negeri Brunei Darussalam sedang membuka pendaftaran beasiswa Government of Brunei Darussalam Scholarship bagi seluruh mahasiswa internasional. Adapun jenjang pendidikan yang dapat dilamar untuk beasiswa ini mulai dari program diploma, sarjana, dan master.

ilustrasi : dok. republika.co.id

Tahun akademik 2023/2024 di Brunei akan dimulai pada bulan Juli/Agustus sehingga jika lolos mendapatkan beasiswa ini, sobat Calakan harus bersiap untuk segala sesuatunya. Apalagi proses pendaftaran dan seleksinya terbilang cepat.

Persyaratan

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Berusia tidak lebih dari 25 tahun untuk program diploma dan sarjana. Serta, tidak lebih dari 35 tahun untuk program master saat dimulainya perkuliahan pada hari pertama di bula Juli pada tahun akademik dimulai.

2. Mahir berbahasa Inggris dengan Kredit 6 di GCE 'O' Level Examination atau Grade 'C” dalam Bahasa Inggris IGCSE (sebagai bahasa kedua) atau skor IELTS 6.0 atau skor TOEFL minimal 550.

3. Foto ukuran paspor terbaru.

4. Salinan resmi kualifikasi akademik dan dokumen pendukung lainnya (yaitu sertifikat, testimonial, transkrip).

5. Salinan Akte Kelahiran dan Paspor asli yang dilegalisir.

6. Referensi dan rekomendasi dari pihak akademik. Untuk surat referensi dan rekomendasi, kandidat dapat mengunduh form C1 dan C2.

Beasiswa ditujukan terutama untuk siswa internasional yang belajar untuk pertama kalinya di Brunei Darussalam. Warga Brunei, penduduk permanen Brunei, dan pelajar internasional yang belajar/telah belajar di perguruan tinggi Brunei TIDAK memenuhi syarat untuk mendaftar.

Pilihan kampus

Terdapat beberapa pilihan kampus yang menerima beasiswa Government of Brunei Darussalam Scholarship yaitu:

1. Universiti Brunei Darussalam (UBD)

2. Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA)

3. Universiti Teknologi Brunei (UTB)

4. Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB)

5. Politeknik Brunei (PB)

Proses pendaftaran

Silakan mengisi Application Form melalui tautan https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdSGZV2tdsExOwIyD-OzBt6mjlKFAddRzU8NA1-J7c-51EGtA/viewform. Kemudian, pelamar yang mendaftar ke Universiti Brunei Darussalam juga diharuskan melengkapi pendaftaran online melalui tautan https://apply.ubd.edu.bn/orbeon/uis-welcome/.

Ada kemungkinan pelamar diminta untuk datang mengikuti seleksi wawancara pada tempat yang telah ditentukan oleh institusi. Selain itu, pelamar mengikuti ujian tulis untuk menilai kemampuan Bahasa Inggris/Melayu/Arab.

Pendaftaran beasiswa ini ditutup pada 15 Februari 2023. Pelamar yang berhasil akan diberitahu melalui email, begitu juga bagi pelamar yang gagal. Nah, bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image