Mengenal Argentina di Luar Sepak Bola

Melancong  

Tim nasional sepak bola Argentina merupakan salah satu yang paling disegani di dunia. Pemain-pemainnya banyak melanglang buana ke kancah elit liga-liga Eropa. Namun Argentina juga bukan sekedar negara yang mahir bermain sepak bola.

foto : dok republika.co.id

Nama Argentina berasal dari bahasa Latin yang berarti perak (argentum). Lucunya, bumi Argentina memang kaya akan berbagai mineral, tapi perak bukan salah satunya. Konon nama tersebut berawal saat para penjelajah Spanyol yang sampai di wilayah Argentina diberi hadiah perak oleh penduduk lokal.

Argentina terletak di bagian paling selatan dari Amerika Selatan. Luas wilayahnya tercatat sebagai paling besar kedelapan di dunia dan kedua di Amerika Selatan, setelah Brazil. Pada tahun 1516, bangsa Spanyol datang dan mengambil alih tanah dan pemerintahan selama 300 tahun. Tahun 1806 militer Inggris mengalahkan Spanyol di ibu kota Buenos Aires dan Pulau Falkland. Berkat serangan tersebut, penduduk lokal berhasil menduduki Buenos Aires tapi tidak pernah berhasil untuk merebut Pulau Falkland dari Kerajaan Inggris.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Perjuangan untuk meraih kemerdekaan dari Spanyol dipermulus oleh peristiwa pasukan Napoleon yang berhasil menguasai seluruh kota di Spanyol pada tahun 1810. Enam tahun kemudian rakyat Argentina berhasil memproklamirkan kemerdekaannya dari Kerajaan Spanyol.

Tidak seperti Meksiko ataupun negara-negara Amerika Selatan lainnya, Argentina hanya memiliki sedikit populasi penduduk asli. Sebagian besar dari penduduk asli Argentina meninggal karena penyakit yang dibawa oleh orang-orang Eropa. Saat ini tercatat sekitar 95% warga Argentina adalah keturunan Eropa, kebanyakan dari Italia, Spanyol, dan Jerman. Penduduknya cukup teredukasi, sebanyak 97% dari populasi bisa membaca dan menulis. Perguruan tinggi Universidad de Buenos Aires menduduki ranking ke-67 terbaik dunia versi QS World University Ranking. Bahasa Spanyol digunakan secara luas di Argentina.

Sama halnya dengan kebanyakan negara latin, Argentina memiliki kebudayaan yang masyarakatnya mengadopsi gaya hidup slow life dan menyukai pesta. Mereka juga mahir menari. Jika Brazil terkenal dengan tarian samba, maka Argentina memiliki tarian khas yang disebut tango. Tarian tango haruslah dilakukan secara berpasangan dan memiliki ciri khas gaya tarian seperti mengendap-endap namun dilakukan dengan gerakan kaki yang cepat.

Alam Argentina sangatlah indah dan beragam yang terdiri dari hutan hujan tropis, padang rumput, pantai, dan pegunungan es yang terkenal dengan nama Pegunungan Andes. Puncak tertingginya adalah Gunung Ancogua dengan ketinggian 6.960 mdpl dan tertinggi di benua Amerika. Gunung Ancogua juga menjadi lokasi jurnalis dan pendaki legendaris Indonesia, Norman Edwin, menghembuskan nafas terakhirnya.

Lokasi negeri ini yang cukup dekat dengan kutub selatan, membuat bagian selatan dari Argentina banyak ditemukan geyser dan fauna-fauna seperti penguin, gajah laut, dan anjing laut. Pesisir pantai Argentina yang berbatasan dengan Samudera Atlantik, menjadi rumah dari berbagai jenis hiu, paus orca, dan lumba-lumba. (AR Meinanda)

Berita Terkait

Image

Tahukah? Messi Pernah Terdiagnosis GHD

Image

Uang Beredar yang Warnai Piala Dunia 2022

Image

7 Negara dengan Fans Sepak Bola Paling Fanatik

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image