Ingin Magang Penelitian di Jepang? Daftar ke OIST University

Umum  

Okinawa Institute of Science and Technology Graduate University atau OIST membuka Program Magang Penelitian bagi mahasiswa program sarjana atau magister. Hanya saja, program magang ini dikhususkan bagi mahasiswa di bidang STEM atau Sains, teknologi, teknik, dan Matematika. Jika berminat, berikut persyaratannya.

foto : dok. republika.co.id

Persyaratan

Syarat mendaftar Program Magang Penelitian OIST adalah mahasiswa berprestasi yang berada pada dua tahun terakhir program sarjana atau magister di universitas, perguruan tinggi, sekolah menengah pertama, dan sekolah kejuruan di Jepang atau luar Jepang, atau lulusan dari lembaga tersebut. Selain itu, diperlukan surat persetujuan dari institusi asal dan latar belakang akdemis harus sesuai dengan unit penelitian di OIST.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Peserta Magang Riset yang tergabung dalam universitas/institusi Jepang diharuskan mempersiapkan dan membawa asuransi sendiri saat diterima di program Magang Riset OIST. Asuransi yang dapat diterima adalah kombinasi dari Gakkensai dan Gakkenbai, atau asuransi lain dengan pertanggungan serupa.

Syarat dokumen

Adapun syarat dokumen yang diperlukan untuk mendaftar Program Magang Penelitian OIST yaitu:

1. Menyerahkan Statement of purpose (400 kata yang terdiri dari 2.500 karakter atau huruf)

2. Ijazah dan transkrip akademik

3. Surat rekomendasi dari akademisi atau profesional di bidang penelitian

4. Pas foto

Proses pendaftaran

1. Pendaftaran hanya dapat dilakukan secara online melalui link https://navii.oist.jp/. Sedangkan pengiriman berkas pendaftaran dapat dilakukan setelah menerima setidaknya satu surat rekomendasi dalam sistem pendaftaran.

2. Pelamar akan mendapatkan email dari domain @oist.jp secara otomatis, bahwa lamaran telah diterima. Selanjutnya, lamaran akan diproses dan diseleksi apabila setelah berakhirnya masa pendaftaran.

3. Pengumuman hasil lamaran akan diberitahukan melalui platform pendaftaran tiga (3) bulan setelah batas waktu pendaftaran. Jangan lupa untuk mengecek email pengumuman dari domain @oist.jp dan lakukan konfirmasi.

4. Setelah mendapat konfirmasi akhir, selesaikan urusan administrasi termasuk persiapan visa dan dokumentasi pemerintah Jepang yang diperlukan.

Batas waktu pendaftaran

Pendaftaran magang untuk musim panas 2023 sudah berakhir pada tanggal 15 Oktober 2022. Tapi, OIST membuka pendaftaran magang musim gugur 2023 yang tenggat waktunya adalah 15 April 2023. Sementara itu, pengumuman hasil seleksi magang musim gugur 2023 sekitar akhir Juni 2023. Untuk periode magang rencananya akan dimulai pada 1 Oktober 2023 hingga 31 Maret 2024.

Manfaat

Beberapa manfaat yang diterima oleh mahasiswa jika lolos seleksi Program Magang Penelitian adalah sebagai berikut.

1. Tunjangan Hidup 2.400 yen Jepang

2. Perjalanan pulang pergi

3. Tunjangan Komuter

4. Akomodasi

5. Akuisisi visa dan prosedur asuransi

Itulah sedikit informasi mengenai pendaftaran Program Magang Penelitian di Okinawa Institute of Science and Technology Graduate University. Sebelum melakukan pendaftaran, cek lebih detail tentang persyaratan magang di website resmi. (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image