Ingin Kuliah Ke Luar Negeri? Kamu Perlu Kuasai Soft Skills Ini!

Tips  

Ada banyak hal yang harus disiapkan jika ingin kuliah ke luar negeri. Keterampilan teknis (hard skills), seperti kemampuan akademik, serta keterampilan non teknis (soft skills) harus bisa menunjang kehidupanmu selama menuntut ilmu di negeri seberang.

ilustrasi : dok. republika.co.id

Sebelum berangkat untuk kuliah ke luar negeri, pastikanSobat Calakan sudah mempersiapkan enam (6) soft skills berikut ini.

1. Kemampuan Bahasa untuk Komunikasi

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Saat memutuskan untuk kuliah ke luar negeri, harus dipahami bahwa Sobat akan jauh dari zona nyaman yang selama ini melindungi. Langkah awal untuk beradaptasi dengan lingkungan yang sepenuhnya baru adalah belajar berkomunikasi sebagaimana masyarakat lokal. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, tentu ada banyak hal yang perlu dikomunikasikan. Oleh sebab itu, penting bagi Sobat Calakan yang ingin menempuh studi ke negara lain untuk belajar bahasa setempat.

2. Mengelola Keuangan

Kesiapan finansial merupakan hal krusial jika ingin melanjutkan studi di luar negeri. Berada di tempat yang jauh sudah pasti akan lebih sulit untuk meminta pengiriman uang, prosesnya pun bisa lebih panjang. Bagi yang menerima beasiswa, sudah ditetapkan jumlah yang akan diterima dan waktu penerimaannya. Sobat harus belajar mengelola keuangan dengan lebih baik dan bijak agar kegiatan perkuliahan tidak terganggu.

3. Kemampuan Beradaptasi

Saat bermigrasi ke luar negeri, Sobat akan dihadapkan pada situasi yang sepenuhnya berbeda dengan tanah air. Mulai dari kondisi lingkungan (iklim, cuaca), bahasa yang digunakan, budaya, sampai dengan peraturan dan kebijakan pemerintah. Untuk menghindari homesick atau culture shock (gegar budaya) berlebihan, maka perlu memiliki kemampuan beradaptasi yang baik. Gali informasi sebanyak-banyaknya sebelum berangkat, pelajari dengan seksama bagaimana kebiasaan masyarakat setempat dan peraturan-peraturan negara tujuan.

4. Sikap Mandiri

Jauh dari keluarga adalah saatnya Sobat belajar lebih mandiri. Kemandirian tersebut bisa diawali dari hal-hal kecil, seperti membereskan ruangan sendiri, mencuci pakaian, memasak, dan belanja keperluan bulanan. Kebiasaan mengurus diri sendiri tersebut dapat mengasah keterampilan untuk menangani sendiri beragam masalah atau tantangan yang akan datang.

5. Mengelola Waktu

Keterampilan mengelola waktu yang baik akan sangat diperlukan ketika Sobat menjalani perkuliahan di luar negeri. Penting untuk mengelola waktu pengerjaan tugas masing-masing mata kuliah, misalnya. Belum lagi sobat masih harus menyeimbangkan kehidupan akademik dan sosial supaya terhindar dari stres. Semua itu kuncinya ada pada pengelolaan waktu. Belajarlah untuk membuat jadwal kegiatan sehari-hari, alokasikan waktu yang proporsional untuk setiap agenda, dan lakukan skala prioritas.

6. Mengelola Kesehatan dan Stres

Tidak kalah penting dari yang lainnya adalah keterampilan untuk mengelola kesehatan dan stres. Sempatkan untuk berolahraga teratur, mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat bagi tubuh, dan berekreasi untuk melepas penat. Menjaga komunikasi dengan keluarga dan teman-teman di kampung halaman juga bisa membantu untuk mengurangi tekanan dari rutinitas sebagai mahasiswa rantau.

Kuliah ke luar negeri merupakan salah satu cara terbaik untuk mengembangkan potensi diri dan profesional, serta memperluas koneksi global. Banyak orang yang pernah mengecap pendidikan di luar negeri, menyebutnya sebagai pengalaman yang mengubah hidup mereka. Cakrawala menjadi lebih terbuka dan toleran terhadap berbagai macam perbedaan. Bagaimana, apa Sobat sudah siap untuk kuliah di luar negeri? (AR Meinanda)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image