Tips Menulis Statement of Purpose untuk Beasiswa

Tips  

Saat mendaftar ke sebuah universitas atau beasiswa, salah satu dokumen yang harus dilampirkan adalah statement of purpose. Yang dimaksudkan dengan statement of purpose adalah sebuah tulisan yang memuat motivasi atau alasan seorang kandidat memilih untuk melanjutkan studi di sebuah universitas atau program studi yang dituju. Untuk syarat mendaftar beasiswa biasanya kandidat harus menguraikan tujuan kandidat di masa depan khususnya di bidang akademik. Kandidat juga diminta untuk menjelaskan motivasi mendaftar ke universitas.

ilustrasi : dok. republika.co.id

Saat menulis statement of purpose untuk beasiswa, berikut poin penting yang harus disertakan:

1. Deskripsi diri dan tujuan kandidat

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Langkah sebelumnya yang telah dilakukan

3. Latar belakang keuangan kandidat

4. Tujuan untuk karier

5. Pengalaman di lapangan

6. Mengapa kandidat ingin melanjutkan studi/mendapatkan beasiswa

Bagaimana cara statement of purpose untuk beasiswa?

Dalam statement of purpose, kandidat menuliskan tujuan dan keinginan mendaftar di sebuah universitas. Namun, saat mengajukan beasiswa, tulisan ini bertujuan untuk meyakinkan panitia penerimaan bahwa Anda benar-benar layak mendapatkan beasiswa. Dalam statement of purpose Anda dapat menunjukkan pencapaian Anda, kebermanfaatan bagi organisasi, dan memberikan alasan akan kebutuhan dana.

Berbagai Jenis Statement of purpose untuk beasiswa

1. Beasiswa untuk pelajar

Mahasiswa yang berprestasi secara akademis dan menunjukkan keunggulan tinggi akan mendapat beasiswa akademik. Biasanya, untuk mendapatkan beasiswa semacam ini, pelamar harus memiliki IPK yang tinggi. Nah, statement of purpose untuk mendaftar beasiswa harus menunjukkan potensi pelamar dan sesuai dengan semua persyaratan yang ditetapkan oleh universitas.

2. Beasiswa Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa yang telah memberikan kontribusi signifikan untuk layanan sosial dan layanan masyarakat berhak untuk mengajukan hibah atau beasiswa. Mahasiswa yang unggul dalam bidang akademik dan pengabdian masyarakat sangat dihargai oleh universitas dan perguruan tinggi. Namun, hanya memiliki keinginan untuk menjadi sukarelawan tidak cukup untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa.

3. Beasiswa Kreatif / Seni

Beasiswa kreatif berlaku untuk kandidat yang terlibat dalam kegiatan kreatif dan artistik. Kegiatan ini dapat mencakup menulis, menari, melukis, dan musik. Kandidat yang berprestasi di bidang kreatif tersebut dapat memanfaatkan prestasinya untuk mendapatkan beasiswa. Universitas mendorong mahasiswa dengan latar belakang akademik yang layak dan keterlibatan dalam kegiatan ekstrakurikuler untuk mengajukan beasiswa.

4. Beasiswa untuk Negara Tertinggal

Penting untuk diperhatikan bahwa statement of purpose harus mencerminkan latar belakang kandidat. Hal ini dikarenakan beasiswa ini diberikan kepada kandidat dari kelompok masyarakat yang kurang terwakili atau minoritas. Beberapa latar belakang kandidat yang berpotensi untuk mendapatkan beasiswa ini antara lain ras, riwayat keluarga, kasta, agama, dan pandangan politik.

5. Beasiswa olahraga

Beasiswa ini terbuka untuk pelamar dengan catatan luar biasa dalam olahraga dan aktivitas fisik. Meski demikian, kandidat harus berkembang lebih dari sekadar atletik dan olahraga. Kandidat dengan latar belakang olahraga juga harus menunjukkan potensi tinggi untuk menjadi mahasiswa yang cepat belajar dan memiliki berprestasi akademik yang kuat.

Apa yang Harus dimasukkan ke dalam statement of purpose untuk beasiswa?

Presentasi adalah bagian terpenting dari cara menulis statement of purpose untuk beasiswa. Ketika menulis esai gunakan nada bicara formal sambil memasukkan sentuhan pribadi serta disajikan dengan baik. Hal itu akan membangkitkan rasa ingin tahu pembaca. Selain itu, statement of purpose yang baik juga membutuhkan penggunaan font (jenis huruf) yang konsisten, penyorotan materi yang relevan, dan spasi baris yang sesuai. Selain itu, statement of purpose harus koheren dan secara akurat mewakili gagasan kandidat.

Hal penting lainnya, statement of purpose untuk beasiswa harus menekankan pada alasan kandidat untuk menerima beasiswa. Kandidat harus memilih beasiswa yang ingin dilamar sebelum meyakinkan panitia untuk memberi Anda beasiswa. Kandidat hanya akan dapat meyakinkan tim juri tentang kesesuaian kandidat setelah kandidat yakin dengan kategori yang ingin dimasuki.

Statement of purpose harus menggambarkan diri Anda

Antusiasme kandidat pada materi kuliah adalah hal yang membuat statement of purpose yang baik menjadi hebat. Salah satu alasan seseorang gagal menerima beasiswa adalah bisa jadi statement of purpose yang dibuat tidak dikemas dengan pengalaman, rencana, observasi, dan analisis yang ditulis dengan baik.

Itulah sekilas tips cara menulis statement of purpose untuk mendaftar beasiswa. Sobat Calakan juga dapat melihat berbagai contoh statement of purpose yang baik dengan berselancar di dunia maya. (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image