Yuk, Daftar ADB-Japan Scholarship Program: Beasiswa Penuh S2 di Jepang

Umum  

Jepang merupakan salah satu negara favorit mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi. Kualitas pendidikannya tidak perlu diragukan lagi. Selain itu ada ketertarikan tersendiri bagi orang Indonesia untuk mempelajari budaya Jepang. Untungnya Jepang termasuk negara yang sering membuka pintu beasiswa.

foto : dok. republika.co.id

Untuk sobat Calakan yang ingin kuliah ke Jepang dan sedang mencari beasiswa jenjang magister (S2), bisa mempertimbangkan kuliah di International University Japan (IUJ) yang bermitra dengan Asian Development Bank-Japan Scholarship Program (ADB-JSP). Baru-baru ini mereka membuka pendaftaran beasiswa penuh untuk Graduate School of International Relations (GSIR) yang menawarkan lima program studi dan Graduate School of International Management (GSIM) dengan empat pilihan program studi.

Cakupan Beasiswa:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

- Biaya kuliah 100%.

- Biaya hidup per bulan sebesar 144.000 yen.

- Tunjangan buku 108.000 yen per tahun.

- Tunjangan untuk thesis.

- Asuransi kesehatan dan kecelakaan.

- Tiket pesawat untuk keberangkatan dan kepulangan.

Persyaratan Umum:

- Warga negara Indonesia.

- Berusia maks. 35 tahun saat mendaftar.

- Sudah memiliki pengalaman kerja minimal dua (2) tahun sejak lulus sarjana.

- Tidak sedang bekerja atau kuliah di luar negeri.

- Belum memiliki gelar magister.

- Sehat jasmani dan rohani.

- Memenuhi syarat program studi tujuan.

- Bersedia untuk kembali ke negara asal.

Kandidat diharuskan melakukan pendaftaran secara daring. Tidak lupa untuk menyertakan persyaratan dokumen seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat skor bahasa Inggris (IELTS/TOEFl-iBT/ TOEIC), sertifikat skor kemampuan akademik (GMAT/GRE), personal statement, dan lain sebagainya. Beasiswa ADB-JSP di IUJ ini berlaku selama satu tahun masa studi, tapi bisa diperpanjang apabila masa studi belum selesai dan memiliki nilai akademik yang memuaskan.

Secara garis besar, dalam proses pendaftarannya kandidat diharuskan untuk mengajukan beasiswa ke pihak universitas. Mereka yang kemudian akan mengevaluasi dan mengirimkan daftar kandidat yang lolos verifikasi ke pihak ADB. Setelah itu, ADB akan melakukan peninjauan ulang kandidat. Pihak universitas akan mengumumkan secara personal kepada para kandidat yang lolos beasiswa ADB-JSP.

Tenggat pendaftaran untuk ADB-JSP di IUJ ini adalah tanggal 23 Maret 2023. Info lebih lengkap dapat sobat Calakan baca lebih lanjut di https://www.iuj.ac.jp/admis/scholarship/ . (AR Meinanda)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image