7 Makanan Khas Turki yang Menggugah Selera

Kuliner  

Turki merupakan negara muslim yang terkenal dengan keindahan alam, budaya dan bangunan bersejarah yang memukau. Salah satunya Hagia Sophia. Karena itu, tak heran jika setiap tahunnya banyak pengunjung dari berbagai negara berlibur ke Turki. Nah, saat berada di Turki, urang lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khasnya.

foto : dok. republika.co.id

Berikut adalah makanan khas Turki yang wajib sobat Calakan coba saat berkunjung ke sana.

1. Piyaz

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Antalya’s piyaz salad merupakan salah satu makanan paling terkenal di Turki. Rasanya yang enak merupakan perpanduan candir bersama sedikit tahini dengan sedikit air, jus lemon, cuka, garam, bawang putih, parsley, dan minyak zaitun. Menu ini bisa jadi menu yang dapat menggugah selera makan saat dalam perjalanan.

2. Kisir

Makanan ini merupakan olahan salad yang terbuat dari gandum bulgur yang baik, tomat, bawang putih, parsley, dan daun mint. Di Turki sendiri, Kisir memiliki banyak versi, tetapi di Antakya adalah salah satu yang terbaik.

3. Yaprak Dolma

Makanan ini merupakan olahan nasi yang dimasak dengan tomat, parsley, bawang bombay, saus tomat, minyak zaitun, lada hitam, garam, dan air. Cara mengkonsumsinya, masukkan satu sendok campuran ini di atas daun anggur, dan lipat membentuk gulungan dengan hati-hati.

4. Inegol Kofte

Inegol kofte merupakan olahan daging yang bisa ditemukan dalam masakan Turki. Akan tetapi, tidak seperti kofte Turki lainnya, makanan ini hanya menggunakan daging giling atau domba dan roti, kemudian dibumbui dengan bawang.

5. Iskender Kebab

Iskender kebab ini terkenal di Barat-laut Turki. Irisan daging tipis itu diletakkan di atas potongan-potongan roti, disiram dengan saus tomat, dengan sedikit mentega cair, dan disajikan dengan yoghurt tangy, tomat panggang, dan cabai hijau. Makanan ini bisa dijadikan pilihan untuk menu makan siang.

6. Lahmacun

Lahmacun diambil dari bahasa Arab lahm-I acinli yang merupakan sejenis pastri yang terbuat dari daging di arab, ajin, dan pasta. Olahan ini terdiri daging cincang rendah lemak dengan pasta tomat, bawang, dan aneka rempah pada sekeliling adonan pita, bagi para pecinta pedas bisa request agar dibuat lebih pedas.

7. Gozleme

Olahan pastri lain yang dapat dinikmati selagi berlibur di Turki adalah gozleme. Dengan bentuknya yang kotak tipis dan rasanya yang gurih dengan berisikan keju, daging sapi, dan bayam menu ini sangat lezat. Makanan ini dapat dinikmati sebagai camilan.

Jika sobat Calakan berkunjung ke Turki, kira-kira menu mana yang akan jadi menu pertama untukd icoba? . (Difa Lugina)

Berita Terkait

Image

Serupa Tapi Tak Sama, Lima Makanan Thailand dan Indonesia

Image

Mengenal Beragam Makanan Tradisional Belanda

Image

Lanjut Kuliah ke Turkiye, Kenapa Tidak?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image