5 Kuliner Wajib Saat Di Cirebon

Kuliner  

Indonesia memiliki banyak sekali ragam kuliner dengan berbagai macam khas dan keunikannya berdasarkan wilayahnya masing-masing. Salah satunya adalah keunikan makanan khas Cirebon. Jika sedang berkunjung ke Kota Cirebon, sobat Calakan wajib mencicipi aneka ragam kulinernya seperti berikut.

foto : dok. republika.co.id

1. Empal Gentong

Empal gentong merupakan makanan khas Cirebon yang wajib dicicipi jika sobat Calakan sedang berada di kota udang ini. Makanan ini berkuah seperti sup dengan santan dan kaya akan rempah yang di dalamnya terdiri dari potongan daging. Biasanya empal gentong disajikan dengan nasi ataupun lontong sebagai pelengkapnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Nasi Lengko

Bagi penggemar bumbu kacang, makanan satu ini wajib masuk daftar kuliner yang harus dicoba. Nasi lengko merupakan nasi yang dilengkapi dengan potongan tempe dan tahu goreng serta tauge, dan kerupuk kemudian disiram dengan bumbu kacang di atasnya. Tidak persis seperti pecel yang berisi sayuran tetapi boleh dibilang merupakan variannya.

3. Nasi Jamblang

Jika sobat Calakan bingung mencari sarapan pagi di Cirebon, nasi jamblang dapat menjadi salah satu pilihan. Nasi jamblang merupakan makanan yang terdiri dari nasi dan lauk pauk pada umumnya. Keunikannya adalah nasi tersebut dibungkus dengan daun jamblang. Sementara lauknya bisa dipilih sendiri dari menu yang tersedia misalnya telur dadar, pepes tahu, sate, ayam, daging dan lainnya. Yang juga unik adalah nasi jamblang ini porsinya kecil, semacam nasi kucing yang terkenal di Yogyakarta. Karena itu, tak heran jika seringkali, menyantap satu bungkus nasi jamblang ini kurang mengenyangkan. Jika demikian, sobat Calakan dapat menambah porsinya sesuai selera. Harga nasi jamblang ini berkisar Rp 10.000 per porsi atau sangat tergantung dari lauk yang dipilih.

4. Es Tape Ketan

Cirebon pernah menjadi salah satu kota terpanas di Indonesia dengan suhu hampir mencapai 40oC. Bagi para pendatang yang tidak terbiasa dengan cuaca panas, hal ini menjadi tantangan tersendiri. Namun kabar baiknya, Cirebon memiliki menu es tape ketan yang cocok disantap siang hari saat terik melanda. Es tape ketan ini merupakan minuman yang berisikan air sari tape ketan yang asam manis segar saat diminum. Tape ketannya itu sendiri berwarna hijau hasil olahan fermentasi. Harga minuman ini pun bersahabat di kantong. Dengan bermodalkan Rp 3.500 kita sudah bisa menikmatinya.

5. Tahu Gejrot

Makanan khas Cirebon satu ini sangat sederhana. Meski begitu, tahu gejrot ini sudah dikenal hampir di seluruh nusantara. Potongan tahu yang disiram dengan bumbu kuah yang memiliki cita rasa manis pedas dan gurih ini menjadikannya favorit banyak orang. Biasanya tahu gejrot ini disajikan menggunakan wadah yang terbuat dari tanah liat. Untuk tingkat kepedasannya dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Itulah lima daftar kuliner yang wajib dicoba saat sob

Berita Terkait

Image

Lima Pilihan Kuliner Unik Khas Solo

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image