4 Fakta Menarik Mie Ayam

Kuliner  

Siapa yang tak kenal mie ayam? Salah satu makanan khas warga +62. Banyak varian menus mie ayam dan harganya juga terjangkau. Tentu saja, rasanya enak sehingga menjadi favorit banyak kalangan. Tahukah sobat Calakan, ada beberapa fakta unik tentang mie ayam ini? Berikut adalah fakta-fakta tentang mie ayam yang mungkin sobat belum tahu.

foto : dok. republika.co.id

1. Berasal dari China

Mie ayam yang sering kita kenal berasal dari wilayah China selatan, tepatnya di Fujian dan Guandong. Mereka membawa resep mie ke Indonesia dengan resep aslinya yaitu menggunakan toping daging babi. Karena mereka sudah menetap di Indonesia yang mayoritas penduduknya Muslim, akhirnya daging tersebut diganti dengan daging ayam dan kecap.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Mangkuk bergambar ayam jago

Selain digunakan pada hidangan bakso, mie ayam juga dihidangkan dengan menggunakan mangkuk bergambar ayam jago. Ternyata mie ayam bergambar ayam jago mempunyai makna tersendiri. Di negara asalnya yaitu China, ayam jago dipercaya sebagai simbol pembawa rezeki. Artinya, pedagang mie ayam berharap bahwa dagangannya mampu membawa rezeki tersendiri dan laris. Hal tersebut masih diyakini oleh pedagang hingga hari ini.

3. Memiliki kandungan gizi

Siapa bilang kalau mie ayam tidak mengandung gizi? Nyatanya, gizi yang terkandung pada mie ayam berasal dari toping ayam dan sayur sawi. Daging ayam mengandung protein, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, kalsium, magnesium, serta zat besi yang bagus untuk menambah jumlah darah. Sedangkan sayur sawi mengandung vitamin A, B, C, E, dan vitamin K. Kadar vitamin pada sayur sawi ternyata juga tinggi. Selain itu, sayur sawi mengandung protein, karbohidrat, dan lemak baik yang berguna untuk tubuh.

Dengan pengolahan yang tepat, kandungan gizi pada mie ayam tidak hilang begitu saja sehingga kalian bisa makan mie ayam dengan enak tanpa kehilang gizi sedikit pun.

4. Penggunaan gerobak

Gerobak biru selalu diidentikkan sebagai gerobaknya para pedagang mie ayam. Akan tetapi tidak ada yang tahu persis alasan di balik penggunaan warna biru tersebut. Di negara asalnya,China, tidak ada penjual mie yang menggunakan gerobak berwarna biru. Selain itu, warna biru tidak mewakili budaya China yang identik dengan warna merah.

Ada juga mitos “semakin jelek gerobak mie maka semakin enak mie ayamnya.” Mitos tersebut boleh kalian percaya atau tidak. Gerobak jelek di sini bukan berarti gerobak yang kotor, tapi gerobak tua atau antik.

Itulah beberapa fakta unik tentang mie ayam. Saat ini, sudah banyak varian toping pada mie ayam seperti bakso, pangsit, dan jamur. Bahkan beberapa penjual mie ayam juga menjajakan sate telur puyuh dan usus sebagai pelengkap. Nah, sobat Calakan suka mie ayam dengan toping apa? (Lutfie Fahrizal R)

Berita Terkait

Image

Dibuka Pendaftaran Beasiwa Chinese Government Scholarship

Image

Makna Bahasa Tubuh dalam Berbagai Budaya (1)

Image

Apa itu Tes TOEIC?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image