Kenali Berbagai Jenis Aksen di Inggris Raya

Serba Serbi  

Sebagian orang menyukai aksen British. Meskipun lebih sulit ketimbang aksen Amerika, nyatanya aksen British terbilang unik. Misalnya pelafalan kata ‘water’ yang sering kita dengar dalam aksen British dengan menghilangkan ‘r’ di belakang kata. Itu hanyalah salah satu bagian dari aksen British yang sebenarnya memiliki banyak variannya masing-masing tergantung pada wilayahnya. Nah, berikut ini beberapa contoh variasi aksen di Inggris.

foto : dok. republika.co.id

1. RP

RP atau Receive Pronunciation, merupakan variasi bahasa Inggris British yang dulunya bergengsi, yang diucapkan tanpa aksen regional yang dapat dikenali. Aksen ini juga dikenal sebagai British Received Pronunciation, BBC English, Queen's English, dan aksen mewah. Aksen RP juga disebut dengan Standard British English. Contohnya pengucapan kata ‘bath’ diucapkan dengan ‘a’ panjang, tetapi di utara Inggris ‘a’ diucapkan dengan nada pendek.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Cockney

Aksen Cockney adalah salah satu aksen paling terkenal di Inggris, terutama di London. Aksen ini muncul sebagai aksen kelas pekerja di London, terutama di East End, wilayah yang lebih miskin. Aksen Cockney juga disebut Rhyming Slang. Banyak pedagang pasar di sekitar East End berteriak dengan aksen Cockney di kios mereka. Aksen Cockney terdapat banyak ‘glottal stop’ dan suara 'th' sering berubah menjadi suara 'f'.

3. Estuary English

Merupakan aksen lain yang berbasis di London. Estuary yang dimaksud adalah Muara Thames. Aksen ini dituturkan oleh orang-orang yang tinggal di sepanjang sungai Thames hingga ke wilayah tenggara Inggris. Sekarang aksen ini menjadi salah satu aksen yang paling banyak digunakan di selatan. Aksen ini tidak semewah RP, tetapi tidak 'umum' seperti Cockney.

4. Yorkshire

Yorkshire adalah sebuah county terbesar di Inggris. Aksen Yorkshire dapat sobat Calakan jumpai di Kota Leeds, York, Sheffield, dan kota lainnya di wilayah Yorkshire. Aksen ini dikenal sebagai 'God's Own County'. Yorkshire memiliki aksen yang enak didengar. Salah satu perbedaan terbesar antara aksen ini dan RP adalah bahwa kata-kata yang diakhiri dengan suara 'ee'. Contohnya kata ‘nasty’ diucapkan dengan suara 'eh' seperti 'nasteh'.

5. Northern Irish

Sama seperti negara tetangga Republik Irlandia, aksen di kawasan ini sangat bervariasi. Selain itu, ada banyak kata dan frasa definitif yang membuat aksen Irlandia Utara begitu khas. Hal pertama yang mungkin sobat Calakan perhatikan tentang Irlandia Utara adalah berapa banyak huruf yang tampaknya hilang dari kata-kata ketika orang mengucapkannya. Misalnya, ‘Northern Ireland' akan diucapkan lebih seperti 'Nor'n Ir'sh'. Juga kata 'wee' yang artinya kecil (sama seperti dalam bahasa Skotlandia). Jika mereka bertanya kepada Anda ‘what’s the craic?', artinya mereka menanyakan kabar Anda, atau apa yang telah Anda lakukan.

6. Scottish

Aksen Skotlandia sangat bervariasi dari kota ke kota. Aksen ini sangat dipengaruhi oleh Bahasa Gaelik. Aksen ini juga mirip seperti aksen Irlandia di Kepulauan Barat, dan juga mirip seperti bahasa Nordik di pulau-pulau di ujung utara. Semakin terpencil daerah tersebut, semakin kuat aksennya sehingga orang-orang dari Kepulauan Shetland pada awalnya akan sulit dimengerti bahasanya. Anda akan sulit memahami gaya bicara Glaswegian atau orang Glasgow.

7. Brummie

Aksen Brummie adalah aksen dari kota Birmingham di wilayah Midlands atau Inggris tengah. Aksen ini juga membentang ke daerah sekitarnya, tetapi jelas berbeda dengan aksen Coventry yang hanya berjarak 19 mil (36 km).

8. Scouse

Aksen ini dikenal sebagai Liverpool English or Merseyside English. Dulunya, aksen Scouse disebut dengan Liverpuldian. Aksen ini sangatlah berbeda, karena dipengaruhi oleh imigran dari Irlandia, Welsh, dan Norwegia. Aksen Scouse berada di county Merseyside. Aksen Scouse memiliki beberapa bunyi sengau, contohnya konsonan T diucapkan lebih mirip huruf R. Misalnya, ‘not a’ menjadi ‘norra’.

9. Geordie

Orang-orang dari Newcastle berbicara dengan aksen Geordie, dan mereka juga disebut Geordie. Salah satu perbedaan terbesar antara Geordie dan RP adalah bahwa 'r' di akhir kata tidak diucapkan, dan cenderung diucapkan sebagai 'ah' sebagai gantinya. Jadi kata seperti ‘sugar’ menjadi 'sug-ah'. Lalu kata seperti, katakanlah, 'Space Center' menjadi 'Space Cent-ah'!

Itulah beberpa aksen atau aksen Bahasa Inggris Britania. Sebenarnya, masih banyak lagi macam-macam aksen yang diucapkan oleh orang Inggris. Jika Anda berencana untuk kuliah atau bekerja di sana, pelajari juga logat Inggris yang sering diucapkan oleh warga lokal selain mempelajari logat British yang standar atau umum. (Lutfie Fahrizal R)

Berita Terkait

Image

Masih Dibuka Pendaftaran Magang OECD di Paris

Image

Kuliah S1 dan S2 di UK? Ada Think Big Scholarship

Image

Beasiswa S1 di Oxford University UK

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image