10 Fakta Unik Tentang Pasta Italia

Kuliner  

Selain dikenal dengan mode, sepak bola, dan pizza, Italia juga dikenal dengan pasta yang telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Di Italia sendiri, terdapat berbagai jenis pasta yang tersebar di seluruh negeri. Jadi bukan hanya spaghetti dan makaroni saja.

foto : dok. republika.co.id

Nah, apakah sobat Calakan tahu sejarah dan fakta unik dari pasta itu sendiri? Mari kita cek.

1. Sejarah pasta Italia tradisional

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Fakta pertama tentang pasta adalah sejarahnya. Sejarah pasta di Italia yang kaya dan luar biasa. Orang-orang Cina sudah membuat pasta sejak 3.000 SM. Orang-orang Etruria, nenek moyang orang Romawi, tampaknya telah membuat pasta. Memang, makam Etruria menggambarkan orang membuat sesuatu yang sangat mirip. Secara populer, diyakini bahwa Marco Polo membawa kembali resep pasta dari Timur Jauh pada akhir abad ke-13, ke Italia.

2. Bahan-bahan pasta Italia autentik

Resep pasta tradisional Italia sangat sederhana, cukup tambahkan satu telur besar setiap 100 gram tepung. Telur dan tepung harus berkualitas bagus, segar, dan bebas (telur dari ayam yang tidak dikandang). Telur tertentu digunakan di Italia untuk membuat pasta gialla yang berwarna kuning cerah. Saat Anda membuat pasta, ingatlah untuk tidak menambahkan garam ke dalam adonan karena Anda akan memasukkannya ke dalam air rebusan pasta.

3. Adonan pasta

Untuk membuat adonan pasta yang menakjubkan, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengikuti beberapa langkah. Letakkan tepung di tempat yang bersih, buat lubang, dan tambahkan telur di tengahnya. Kocok telur tanpa menyentuh tepung, dan tambahkan setelah telur tercampur rata. Kemudian, gunakan tangan Anda untuk membentuk adonan yang lembut dan istirahatkan selama 30 menit. Setelah itu, tinggal memotong dan membentuk pasta dalam berbagai bentuk sesuai saus yang ingin digunakan.

4. Jenis-jenis pasta Italia

Di Italia, ada lebih dari 350 jenis pasta Italia. Ada begitu banyak jenis pasta tradisional Italia yang sulit untuk dilacak. Beberapa yang paling terkenal termasuk spageti, yang merupakan untaian mie yang sangat enak di mulut. Makaroni adalah tabung pasta kecil, seperti penne, yang dipotong miring di ujungnya. Pasta spiral termasuk spiralli dan fusilli, berbentuk seperti pembuka botol. Farfalle, yang secara harfiah berarti kupu-kupu, terlihat seperti sayap yang berkerut di tengah dan di tepinya. Di berbagai daerah Italia, Anda akan menemukan berbagai bentuk hidangan pasta lokal yang dimakan dengan cara tertentu.

5. Cara memasak pasta tradisional Italia

Proses memasak pasta tradisional Italia sangat spesifik. Biarkan air mendidih sebelum Anda memasukkan garam, lalu pasta. Jangan menambahkan minyak ke dalam air. Baca petunjuk memasak pada kemasan pasta, untuk memastikan Anda tidak terlalu lama memasaknya. Jangan mematahkan pasta panjang seperti spageti atau linguine sebelum dimasak, agar lebih mudah menggulung pasta di sekitar garpu dan memakannya saat panjang.

Al dente adalah favorit orang Italia. Juga satu-satunya cara makan pasta. Untuk memahami apakah pasta Anda al dente atau tidak, lihat bagian tengah pasta saat memasak. Anda harus dapat melihat bahwa bagian tengahnya lebih pucat daripada yang lain yang disebut punto Verde dan berarti pasta tidak lagi al dente ketika punto Verde hilang.

6. Penyajian pasta

Fakta menarik lainnya tentang pasta adalah penyajiannya. Hal terbaik tentang pasta adalah Anda dapat memakannya kapan saja, di mana pun Anda berada. Pasta yang baru dimasak adalah cara terbaik untuk menyajikan pasta. Tambahkan beberapa bumbu tambahan seperti basil, peterseli, pecorino romano, atau parmesan. Namun penyajiannya berbeda dengan di AS, orang Italia selalu mencampurkan pasta ke dalam saus dan tidak hanya meletakkan saus di atasnya.

7. Pasta light sauce

Satu lagi yang penting dari fakta tentang pasta, pasta light sauce. Pasta light sauce termasuk di antara pasta Italia yang paling terkenal, dengan jenis pasta seperti spageti atau makaroni. bertekstur halus dan tidak membuat saus lengket seperti pasta heavy sauce. Misalnya, menyajikan spageti dengan kaldu dan kulit kerang, atau saus keju seperti cacio Romawi dan Pepe (keju dan merica).

8. Pasta heavy sauce

Fakta lain tentang pasta Italia! Pasta tradisional Italia dipecah antara pasta saus kental dan pasta saus ringan. Alasannya sederhana, pasta dengan ridge membantu saus menempel pada pasta secara merata. Misalnya, di antara jenis pasta Italia yang membutuhkan saus kental seperti conchiglie, farfalle, atau fusilli. Conchiglie terlihat seperti cangkir atau kerang. Sedangkan fusilli terlihat seperti sekrup. Farfalle merupakan hidangan lezat pasta dingin yang bentuk kupu-kupu. Salah satu hidangan Italia paling terkenal di dunia adalah lasagna, yang biasanya mencampurkan tomat, keju, dan daging di antara lembaran pasta.

Segala sesuatu yang terdengar seperti pasta Italia lainnya yaitu ravioli. Ravioli seperti pasta kecil dengan isian. Isiannya beragam dan tak terhitung jumlahnya dengan keju, sayuran, ikan, atau daging. Setelah ravioli matang, masukkan ke dalam saus dalam wajan panas selama beberapa detik.

9. Mantecare: rahasia pasta Italia yang autentik

Kata kerja "mantecare" dalam bahasa Italia yaitu tindakan mengambil air pasta dari kompor satu sampai dua menit sebelum disajikan. Untuk membuat pasta ala Italia, didihkan air dalam saus agar saus meresap. Itulah salah satu rahasia pasta yang lezat dan luar biasa.

10. Pasta Italia yang terkenal

Pasta tradisional Italia ditolak dalam berbagai versi ke mana pun Anda pergi di Italia. Jika Anda pergi ke Bologna, Anda akan menemukan pasta alla bolognese otentik Italia dengan saus tomat dan daging yang terkenal di seluruh dunia. Jika ingin adanya perubahan pada Bolognese, Anda dapat membuat resep bolognese pappardelle. Di Roma, salah satu pasta Italia yang paling terkenal adalah Cacio e Pepe, hidangan lokal yang dibuat dengan keju pecorino romano dan merica dalam saus. Ke arah Selatan, Anda akan menemukan di Catania, Sisilia, hidangan yang disebut Pasta alla Norma. Hidangan yang satu ini, Anda bisa menikmati makaroni dengan saus yang memadukan tomat, basil, terong goreng, dan keju ricotta parut.

Menarik ya sejarahnya. Apakah Anda termasuk penggemar pasta? (Lutfie Fahrizal Rizky)

Berita Terkait

Image

Makna Bahasa Tubuh dalam Berbagai Budaya (1)

Image

Lima Beasiswa Tanpa Syarat IPK Tinggi

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image