Enam Fakta Unik Stadion Di Dunia

Melancong  

Bagi penggemar sepak bola tentu sudah tidak asing dengan suasana stadion. Namun, sudahkah sobat Calakan tahu fakta-fakta unik dan menarik tentang stadion yang ada di seluruh dunia? Berikut ulasannya.

foto : dok. republika.co.id

1. Stadion Terbesar di Dunia

Rungrado 1st of May Stadium dinobatkan menjadi stadion sepak bola terbesar di dunia. Satdion ini berada di Pyongyang, Korea Utara dengan kapasitas 150.000 orang. Rungrado 1st of May Stadium dibuka pada 1 Mei 1989. Area lapangan utamanya sebesar 22.500 m2 dan dikelilingi delapan lantai tempat duduk penonton.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Stadion Sepak Bola Gaelik Terbesar di Dunia

Sepak bola Gaelik merupakan olahraga tim Irlandia. Nah, stadion sepak bola gaelik terbesar berada di negeri asalnya yakni di Dublin, Irlandia. Diberi nama Croke Park, stadion ini memiliki kapasitas 82.300 orang. Selain itu Irlandia memiliki stadion gaelik terbesar kedua dengan kapasitas 53.500 orang di Tipperary.

3. Stadion Olimpiade Kapasitas Terbanyak di Dunia

Stadium Australia merupakan stadion olimpiade terbesar yang pernah dibangun. Stadion ini memiliki daya tampung sebesar 112.524 penonton dan pernah digunakan sebagai pertandingan final olimpiade musim panas Sydney pada 2000. Akan tetapi sejak konstruksi ulang telah selesai pada Oktober 2003, stadion ini dapat menampung penonton dengan kapasitas 83.500 orang untuk acara olahraga dan konser rock.

4. Stadion Pertama Untuk Pembukaan Olimpiade Piala Dunia dan Final FIFA

Wembley Stadium menjadi stadion pertama untuk upacara pembukaan olimpiade musim panas dan final piala dunia FIFA. Stadion ini terletak di London, Inggris. Sedangkan Fisht Olympic Stadium yang berada di Sochi, Rusia menjadi stadion pertama untuk upacara pembukkan olimpiade musim dingin.

5. Stadion Termahal di Dunia

SoFi Stadium menjadi stadium paling mahal di dunia, terletak di Los Angeles, California Amerika Serikat. Projek stadion ini mencapai 5.000.000.000 USD dan resmi dibuka pada 8 September 2020 dan pertama kali digunakan pada 13 September untuk pertandingan Los Angeles Rams dan the Dallas Cowboys.

6. Stadion Sumo Terbesar di Dunia

Sumo merupakan salah satu olahraga yang berasal dari Jepang tepatnya di ibukota negara, Tokyp. Dinamakan Ryōgoku Kokugikan, stadion ini memiliki daya tampung dengan kapasitas sebesar 11.908 penonton. Stadion ini dibuka pada Januari 1985 dan setiap tahun ada tiga dari enam turnamen yang diadakan di Jepang.

Ternyata stadion pun menyimpan banyak cerita unik. Karena itu, berkunjung ke stadion di berbagai negara bisa menjadi tempat wisata yang menarik. Jika sobat sedang traveling, tempat-tempat tersebut bisa dijadikan salah satu tujuan yang dikunjungi. Dijadwalkan ya? (Difa Lugina)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image