Sudah Tahu Beragam Buku Unik di Dunia?

Serba Serbi  

Sering mendengar pepatah buku adalah jendela dunia? Memang benar adanya jika buku dapat dijadikan salah satu sumber bagi ilmu pengetahuan hingga saat ini. Buku menyediakan beragam informasi dan pengetahuan berdasarkan genrenya, dimulai dari fiksi hingga sains. Namun,apakah sobat Calakan tahu beberapa fakta menarik mengenai buku-buku yang ada di dunia? Inilah daftar fakta menarik mengenai buku-buku di dunia yang sobat Calakan harus tahu.

foto : dok. republika.co.id

1. Buku Terbesar di Dunia

Pernahkah membayangkan buku dengan ukuran besar? Jika rata-rata buku pada umumnya berukuran 14x20 cm, Guiness World Records mencatat buku terbesar di dunia dengan ukuran 5x8,06 m, beratnya bahkan mencapai 1.500 kg dan terdiri dari 429 halaman. Buku ini berlokasi di Dubai.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Buku Cetak Termahal di Dunia

Di New York, Amerika Serikat, terdapat sebuah buku yang terjual dengan harga fantastis! Buku tersebut adalah Buku Bay Psalm. Pada tahun 2013, buku ini terjual dengan harga US$14.165.000 atau setara dengan Rp 215.662.125.000 (Rp 2 miliar lebih) pada hari ini. Buku Bay Psalm ini ada sejak 1640 dan menjadi buku pertama yang pernah dicetak di Inggris Amerika Utara. Hanya 1.700 eksemplar yang diproduksi oleh penduduk koloni teluk Massachusetts. Buku ini dibeli oleh seorang pengusaha asal Amerika, David Rubenstein.

3. Buku Teka-Teki Silang Pertama di Dunia

The Cross Word Puzzle Book menjadi buku teka-teki silang pertama di dunia. Buku ini terbit di Amerika Serikat pada tahun 1924, dan pertama kali di publikasikan oleh kemitraan baru oleh Dick Simon and Lincoln Schuster. Buku ini perpaduan dari teka-teki silang dari surat kabar New York World di Amerika Serikat.

4. Buku Terkecil di Dunia

Sebuah penerbit di Jepang bernama Toppan Printing Cp., Ltd. Printing Museum memecahkan rekor dengan menerbitkan buku terkecil di dunia. Ukuran buku ini berkisar 0,74x0,75mm dan terbit sekitar 250 eksemplar sejak April hingga Desember 2012.

5. Buku Komik Terbesar di Dunia

Buku komik biasanya memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan genre buku lainnya. Namun, di Jepang terdapat buku komik terbesar dengan ukuran sekitar 7.030 cm2. Diterbitkan oleh Kodansha Ltd, dan terverifikasi pada 13 April 2021 lalu.

6. Seniman Komik Tertua di Dunia

Tetsuo Terauchi merupakan seorang seniman komik tertua yang ada di dunia. Lahir pada 1 November 1921, berlokasi di Kamakura, Jepang. Seniman ini telah berusia 97 tahun 56 hari sejak diverifikasi oleh Guiness World Records pada 27 Desember 2018. Debut buku komik pertamanya pada tahun 1951 saat usianya 30 tahun.

Fakta-fakta menarik di atas semoga membuat pengetahuan sobat Calakan bertambah dan makin mencintai dunia perbukuan. (Difa Lugina)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image