Mengenal Tes SAT

Umum  

SAT (Scholastic Assessment Test) merupakan sebuah tes yang dikembangkan oleh College Board yang bertujuan untuk mengukur kesiapan siswa SMA yang ingin mendaftar kuliah di Amerika Serikat. Tes ini bisa juga diperuntukkan bagi calon mahasiswa D3 atau S1. Tes SAT berlangsung selama 180 menit dengan total 154 soal. Lalu, apa saja yang diujikan pada SAT dan bagaimana penilaiannya? Simak ulasannya.

foto : dok. republika.co.id

Materi tes SAT

1. Reading

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tes reading terdiri dari lima bagian bacaan diikuti dengan pertanyaan pilihan ganda pada setiap bagian. Tes reading ini berlangsung selama 65 menit dengan 52 pertanyaan.

Ada lima bagian yang mencakup empat bagian yang berdiri sendiri dan satu pasang bagian yang dibaca bersama. Bagian yang berdiri sendiri dan himpunan berpasangan masing-masing terdiri dari 500–750 kata. Bagian-bagian diambil dari jenis teks bacaan berikut:

a. Satu bagian sastra dari sebuah karya fiksi.

b. Satu atau dua bagian dari dokumen atau naskah resmi Amerika atau teks dalam Great Global Conversation. Contohnya yaitu Konstitusi AS. The Great Global Conversation mengacu pada karya-karya dari seluruh dunia yang berfokus pada topik-topik seperti kebebasan, keadilan, atau martabat manusia.

c. Satu bagian dari karya ekonomi, psikologi, sosiologi, atau ilmu sosial lainnya.

d. Dua bagian dari karya ilmiah yang mengkaji konsep dasar dan perkembangan ilmu bumi, biologi, kimia, atau fisika.

2. Writing and Language

Dalam tes writing and language ini, peserta tes harus menemukan serta memperbaiki kesalahan dan kelemahan. Tes ini berlangsung selama 35 menit dengan 44 soal pilihan ganda. Selain itu, tes ini terdapat empat bagian teks yang terdiri dari 400-500 kata.

Adapun topiknya yaitu tentang karier, sains, humaniora, sejarah, dan studi sosial.

Setiap bagian teks terdiri dari:

a. Satu bagian berupa narasi, artinya menggambarkan peristiwa seperti cerita. Bagian ini bukan karya fiksi, tetapi bisa berupa catatan nonfiksi dari suatu peristiwa sejarah, atau menggambarkan urutan peristiwa dalam eksperimen ilmiah.

b. Bagian-bagian lainnya bersifat argumentatif, artinya mencoba meyakinkan atau membujuk pembaca tentang sesuatu yang berisi keterangan dan atau penjelasan.

Beberapa bagian berisi bagan, grafik, atau infografis yang ditafsirkan bersama dengan bagian tertulis dari bagian tersebut.

Untuk tes writing and language terdiri dari 11 pertanyaan pilihan ganda. Ke-11 pertanyaan tersebut dibagi menjadi dua yaitu pertanyaan yang meningkatkan ekspresi atau ide peserta dan pertanyaan yang mengharuskan peserta mengenali dan memperbaiki kesalahan dalam struktur kalimat, tata bahasa, penggunaan, dan tanda baca.

3. Math

Tes ini berfokus pada bidang matematika yang memainkan peran terbesar dalam kesuksesan perkuliahan dan karier. Tes ini terdiri dari empat kategori, yaitu:

a. Heart of Aljabar, berfokus pada penguasaan persamaan dan sistem linier.

b. Problem Solving and Data Analysis, berupa pemahaman tentang literasi kuantitatif.

c. Passport to Advanced Math, menampilkan pertanyaan yang memerlukan manipulasi pada persamaan kompleks.

d. Additional Topics in Math yaitu tes tambahan matermatika berupa geometri dan trigonometri yang paling relevan dengan persiapan kuliah dan karier.

Tes Matematika dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian tanpa kalkulator dan bagian yang menggunakan kalkulator. Sebagian besar tes adalah pilihan ganda, tetapi beberapa pertanyaan di akhir meminta peserta untuk menulis jawabannya yang disebut "grid-in".

Pertanyaan tanpa kalkulator terdiri dari 20 soal. 15 soal pilihan ganda dan 5 soal grid-in. Sedangkan pertanyaan dengan kalkulator terdiri dari 38 soal. 30 soal pilihan ganda dan 8 soal grid-in.

Tes matematika terdiri dari empat kategori. Kategori soal Heart of Aljabar merupakan soal yang paling banyak yaitu 19 soal, Problem Solving and Data Analysis terdiri dari 17 soal, Passport to Advanced Math 16 soal, dan Additional Topics in Math terdiri dari 6 soal.

Sistem Penilaian SAT

Penilaian SAT terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian satu berupa nilai dari tes reading dan writing and language. Bagian dua berupa nilai tes matematika.

Nilai total tes SAT ini berada di antara 400 hingga 1600. Nilai total SAT ini terdiri dari dua bagian yaitu Evidence-Based Reading and Writing dan Math. Kedua bagian skor tersebut masing-masing terdiri dari 200 hingga 800. Jadi, nilai Evidence-Based Reading and Writing terdiri dari tes Reading dan the Writing and Language. Sedangkan nilai Math hanya tes matematika saja.

Nilai SAT ini tidak menggantikan nilai TOEFL, meskipun soal ujiannya menggunakan Bahasa Inggris. Pada beberapa lembaga pemberi beasiswa dan universitas di AS terutama, memang tidak ada kewajiban untuk melampirkan sertifikat hasil ujian SAT. Namun, pastikan sobat Calakan mengecek tentang kewajiban melampirkan nilai tes SAT. Jika tidak diwajibkan, maka bisa menjadi nilai plus untuk kalian. (Lutfie Fahrizal Rizky)

Berita Terkait

Image

Tahukah ? Ada Makanan Tabu di Belgia

Image

Global UGRAD: Kesempatan Pertukaran Mahasiswa ke Amerika Serikat

Image

Dibuka, Beasiswa Penelitian Fulbright Visiting Scholar Program

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image