Serunya Camping dengan Campervan Di New Zealand

Melancong  

Melepas penat bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan liburan. Salah satu bentuk kegiatan liburan adalah camping yang bisa dilakukan pasangan, keluarga, maupun teman-teman. Tapi pernahkah sobat Calakan berpikir untuk camping menggunakan campervan? Jika belum, ini saatnya Sobat Calakan bersiap untuk camping menggunakan campervan di New Zealand aliasa Selandia Baru.

foto : dok. republika.co.id

Campervan merupakan kendaraan yang cukup besar dengan suasana desain interior seperti di dalam rumah. Fasilitas yang tersedia di dalamnya beragam seperti kasur, televisi, dapur, kamar mandi, hingga lobi kecil di belakang kemudi. Namun, fasilitas ini tergantung kebutuhan dan jenis ukuran dari van itu sendiri.

Masyarakat di New Zealand sudah sangat familiar melakukan kegiatan camping di alam terbuka menggunakan campervan. Karena itu, ketersediaan dan kemudahan akses dalam menyewa campervan di negeri ini juga tak akan menyulitkan siapapun, termasuk turis dari seluruh dunia. Salah satunya adalah, peluang untuk memeriksa secara online dari negara masing-masing. Dengan mencantumkan kata kunci: campervan NZ, cobat Calakan akan diarahkan ke beberapa website popular tempat penyewaan campervan di sana. .

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Untuk dapat mengendari campervan ini, kalian perlu menyiapkan beberapa dokumen seperti: SIM A, SIM A terjemahan, dan SIM Internasional. Nantinya, pihak penyedia jasa akan mengkonfirmasi masa berlaku SIM tersebut. Jadi, pastikan sobat Calakan sudah memiliki dokumen yang dibutuhkan dan masih berlaku, ya.

Untuk biaya menyewa campervan seperti dikutip dari laman newzealand.com, sangat bervariasi tergantung dengan musim. Selama musim panas, Sobat Calakan bisa membayar hampir dua kali lipat dibandingkan saat musim dingin. Hal ini wajar mengingat banyak warga lokal yang juga melakukan kegiatan di musim panas menggunakan campervan. Selain itu, harga sewa campervan ini juga bergantung pada kondisi kenyamanan kendaraan.

Harga rata-rata menyewa campervan biasanya sudah termasuk bebas biaya kilometer per-hari, namun belum termasuk dengan asuransi. Kalian bisa memilih akan menyertakan asuransi selama perjalanan atau tidak. Pembayaran sewa dianjurkan menggunakan kartu kredit (CC) untuk memudahkan proses pembayarannya.

Dengan campervan, sobat Calakan bisa berkeliling New Zealand secara fleksibel. Namun pastikan kalian mengetahui tempat pemberhentian yang sesuai. Jika kalian berhenti di taman liburan atau area perkemahan, maka kalian akan mendapatkan fasilitas seperti dapur, area laundry, dan kamar mandi. Kalian juga dapat mengisi daya kendaraan maupun mengisi ulang kebutuhan air dalam campervan di tempat yang telah disediakan.

Selain di area yang telah disediakan sebagai tempat pemberhentian tersebut, sobat Calakan juga dapat camping di alam bebas secara mandiri. Namun ada baiknya untuk mengecek pusat informasi lokal terlebih dahulu terkait peraturan yang dapat berbeda-beda di setiap wilayah di New Zealand. Untuk informasi tambahan, kalian juga disarankan untuk memiliki aplikasi pendukung seputar informasi yang berkaitan dengan area camping dengan aplikasi Campable. Nah, sudah siap untuk berpetualang di New Zealand? (Difa Lugina)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image