Rekomendasi Wisata Pantai di Selatan Jawa Tengah

Melancong  

Meski pantai selatan dikenal dengan ombaknya yang besar, akan tetapi tidak semua pantai seperti itu. Justru, pantai selatan bisa menjadi tempat wisata andalan bersama teman atau keluarga khususnya saat musim liburan. Di selatan Jawa Tengah terdapat beberapa pantai yang bisa dijadikan pilihan saat berlibur.

foto : dok. republika.co.id

1. Pantai Teluk Penyu

Lokasi pantai yang selalu jauh dari pusat kota nyatanya tidak berlaku di pantai Teluk Penyu. Pantai yang berlokasi di Cilacap ini berjarak hanya 2 km dari pusat pemerintahan Kab. Cilacap. Dinamakan Teluk Penyu karena dulunya banyak sekali penyu. Akan tetapi dengan padatnya lalu-lintas kapal tanker milik Pertamina, alhasil penyu tersebut bermigrasi ke Bali dan Lombok. Selain bisa berenang di pantai, pengunjung bisa bermain ke sebuah benteng yang terletak di ujung timur pantai. Namanya Benteng Pendem.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Pantai Menganti

Selain terkenal dengan Pantai Ayah, Kebumen juga memiliki pantai yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Namanya Pantai Menganti. Pantai ini letaknya berada di bawah bukit karst, sehingga pengunjung akan disuguhi indahnya pemandangan Pantai Menganti meskipun belum sampai di lokasi. Selain itu, di Pantai Menganti terdapat spot foto yang instagramable serta terdapat spot untuk menikmati sunrise dan sunset di Puncak Mercusuar.

3. Pantai Jetis

Bergeser ke timur, tepatnya di Purworejo, terdapat pantai yang cukup terkenal yaitu Pantai Jetis. Pantai berpasir hitam ini, dulunya merupakan wilayah tambang. Sejak 2007, sudah tidak ada lagi aktivitas penambangan. Sejak saat itu mulai ada pembenahan di sekitar pantai agar menjadi objek wisata. Pantai Jetis ini memiliki ombak yang besar, sehingga tidak disarankan untuk berenang tetapi hanya bermain air di bibir pantai saja. Selain itu, di pantai ini terdapat beberapa area yang bisa Anda kunjungi serta terdapat penyewaan ATV.

4. Pantai Jatimalang

Masih di Purworejo, Pantai Jatimalang ini terkenal dengan pasir hitam yang halus. Di sana juga terdapat tempat pelelangan ikan dan spot-spot tertentu untuk memancing karena banyak ikannya. Selain itu, pengunjung dapat bermain air di sekitaran bibir pantai meski pengunjung dilarang berenang karena, ombak yang besar. Dulunya, Pantai Jatimalang merupakan tempat pendaratan kapal yang mengangkut tentara Jepang pada 1942. Di pantai ini juga, terdapat sebuah masjid yang merupakan petilasan Pangeran Diponegoro.

5. Pantai Nampu

Jika sedang berlibur di Wonogiri, jangan lupa kunjungi Pantai Nampu. Pengunjung dapat bermain air di bibir pantai dan berburu makhluk laut khususnya pada saat laut sedang surut. Keunikan pantai ini yaitu berukuran pendek dan dikelilingi oleh dua tebing hijau yang menambah kesejukkan. Dengan membayar tiket masuk Rp 2 ribu, Anda sudah dapat menikmati Pantai Nampu sepuasnya.

Itulah beberapa pilihan pantai yang dapat Anda masukkan sebagai daftar yang wajib dikunjungi saat berlibur di kawasan Jawa Tengah bagian Selatan. Selain harga tiket masuknya yang terjangkau, setiap pantai memiliki ciri khas pemandangan dan fasilitas yang diberikan kepada wisatawan. Jadi pantai mana yang ingin Anda kunjungi? (Lutfie Fahrizal Rizky)

Berita Terkait

Image

Lima Tempat Wisata Nge-hits di Yogyakarta

Image

Menikmati Pesona 5 Kota Kecil di Jerman

Image

Pesona Turkiye, Lebih Dari Sekedar Cappadocia

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image