Ini Empat Kesempatan Belajar Di Luar Negeri Selain Kuliah

Umum  

Kuliah bukan satu-satunya cara ketika ingin menimba ilmu di luar negeri. Terdapat beberapa alternatif yang dapat dilakukan untuk memperluas pengalaman ilmu hingga ke pelosok dunia. Bahkan cara-cara tersebut bisa menjadi kekuatan penunjang karier dalam curriculum vitae (CV). Berikut adalah empat kesempatan untuk belajar di luar negeri, selain kuliah.

1. Pertukaran Pelajar

Pertukaran pelajar atau student exchange merupakan sebuah program yang memberi kesempatan bagi pelajar untuk merasakan sistem pendidikan di negara lain dalam kurun waktu tertentu, biasanya 4–6 bulan. Keuntungannya jauh lebih besar dari sekedar menimba ilmu dalam sistem pendidikan berbeda, tetapi juga membangun/memperluas jaringan pertemanan, membuka cakrawala wawasan dengan belajar budaya baru, dan belajar bahasa lokal.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Konferensi Internasional

Mahasiswa yang aktif bukan hanya bergabung dengan organisasi kampus, tapi juga proaktif untuk mencari beragam info, seperti peluang pertukaran pelajar dan konferensi internasional. Kegiatan konferensi internasional akan mengasah kemampuan berpikir kritis dalam kapasitas sebagai akademisi tentang beragam isu internasional. Hal tersebut tentu dapat menambah wawasan terkait jurusan kuliah saat ini atau jika ingin lanjut ke jenjang lebih tinggi nantinya. Selain itu, kesempatan untuk bertemu dan berteman dengan mahasiswa dari berbagai negara juga terbentang luas.

3. Relawan

Kegiatan relawan atau volunteer ini cocok untuk sobat Calakan yang tertarik untuk ikut terlibat dalam pemecahan masalah sosial. Selama kegiatan tersebut, peserta berkesempatan untuk mengembangkan soft skills dan membangun relasi baru. Namun di sisi lain, peserta juga dituntut untuk memiliki keterampilan tertentu yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan. Info mengenai kegiatan relawan di luar negeri bisa didapat melalui sekolah, kampus, atau dengan mengandalkan mesin pencari internet.

4. Magang

Program magang atau bahasa kerennya adalah internship, semakin banyak dibuka oleh berbagai perusahan baik dalam maupun luar negeri. Tidak sedikit negara yang menyelenggarakan program magang untuk warga negara asing. Beberapa di antaranya bahkan menawarkan bayaran. Peserta berkesempatan untuk mengembangkan keterampilan (hard skills) dalam bidang yang dipilihnya. Pengalaman tersebut tentu akan menjadi nilai lebih untuk jenjang karir jangka panjang.

Ternyata cukup banyak peluang yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan/aktualisasi diri ya, Sobat Calakan. Apabila ada rencana untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi di luar negeri, pengalaman dengan mengikuti kegiatan-kegiatan di atas bisa menjadi bekal yang sangat baik. (AR Meinanda)

Berita Terkait

Image

Haruskah Berkegiatan Sosial untuk Mendapat Beasiswa?

Image

Ini Dia, Empat Alasan Lanjutkan Studi di Swiss

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Lima Tragedi Mencekam Sepak Bola di Dunia

Mengenal Tes SAT

10 Tips Liburan ke Luar Negeri buat Pemula

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image