Ini, 4 Situs Keren untuk Belajar Bahasa Inggris di Rumah

Tips  

Saat ini, kemampuan Bahasa Inggris memang menjadi kebutuhan untuk melanjutkan studi di luar negeri ataupun bekerja. Terlebih, banyak yang beranggapan bahwa dengan memiliki kemampuan Bahasa Inggris maka kesempatan akan terbuka lebih lebar. Selain itu, dengan membaca artikel berbahasa Inggris, sobat Calakan tidak perlu lagi repot-repot mencari versi terjemahan Bahasa Indonesia yang terkadang sulit untuk dipahami.

ilustrasi : dok. republika.co.id

Nah, ini ada beberapa rekomendasi situs belajar Bahasa Inggris yang bisa kalian akses dengan gadget. Dengan mengaksesnya, semoga bisa membantu sobat Calakan dalam memahami Bahasa Inggris, terutama masalah grammar yang menjadi hal yang tidak menyenangkan bagi orang Indonesia.

1. englishpage.com

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Situs englishpage.com merupakan salah satu situs belajar Bahasa Inggris khususnya materi tata bahasa atau grammar. Tak hanya itu, di sini kalian dapat memperkaya kosa kata yang sering digunakan dalam percakapan. Juga terdapat latihan soal yang dapat meningkatkan kemampuan tata bahasa kalian.

Di englispage.com terdapat menu listening dan reading yang menyediakan banyak situs website berita online dan radio online yang bisa kalian pilih. Selain itu, ada menu game tebak kata yang mengharuskan kalian memilih huruf untuk disusun menjadi sebuah kata.

2. Exam English

Sesuai dengan namanya, Exam English merupakan situs yang bisa kalian manfaatkan untuk latihan Bahasa Inggris. Di sini, kalian dapat mengecek level kemampuan Bahasa Inggris mulai dari level A2 hingga C2. Akan tetapi, yang diujikan hanya grammar and vocabulary dan listening. Yang harus diingat, karena soal dalam situs ini sifatnya hanya sebagai latihan, maka tidak dapat dijadikan patokan dalam mengerjakan tes Bahasa Inggris yang sesungguhnya

Selain itu, terdapat beberapa latihan Bahasa Inggris berdasarkan jenis tes dan levelnya. Terdapat juga tips cara mengerjakan setiap jenis ujian agar mendapat skor maksimal. Situs Exam English ini bisa diakses melalui smartphone berbasis Android dan iOS.

3. Elsa Speak

Selain tata bahasa, pengucapan atau pronunciation menjadi hal yang penting saat kita berbicara Bahasa Inggris. Pasalnya, dalam Bahasa Inggris terdapat penekanan dan pengucapan yang sama. Untuk itu, Elsa Speak adalah aplikasi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris.

Latihan berbicara dengan Elsa Speak ini tidak terbatas pada pengucapan sebuah kata. Pengguna dapat berlatih percakapan dengan teknologi AI atau Artificial Intelligent. Situs Elsa Speak ini tersedia di smartphone berbasis Android dan iOS.

4. learningenglish.voanews.com

Ingin belajar Bahasa Inggris ala Amerika? Kunjungi learningenglish.voanews.com. Situs belajar Bahasa Inggris ini diluncurkan oleh salah satu media di AS yaitu VOA atau Voice of America. Di sini, sobat Calakan dapat mempelajari idiom yang sering kita jumpai dalam percakapan dalam bentuk video.

Tak hanya itu, di situs learningenglish.voanews.com juga terdapat menu materi yang disesuaikan dengan kemampuan level Bahasa Inggris kalian. Ada juga tes Bahasa Inggris yang soalnya dikerjasamakan dengan lembaga English First (EF). Tes ini diberikan secara gratis kepada pengguna. Ingat, tes Bahasa Inggris di sini tidak menggantikan tes Bahasa Inggris yang resmi seperti TOEFL atau IELTS yaa.

Itulah beberapa rekomendasi situs belajar Bahasa Inggris yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, dengan belajar Bahasa Inggris secara online, kalian dapat menentukan waktu sendiri untuk belajar. Jadi manfaatkan waktu untuk belajar Bahasa Inggris dengan sebaik-baiknya. (Lutfie Fahrizal Rizky)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Lima Tragedi Mencekam Sepak Bola di Dunia

Mengenal Tes SAT

10 Tips Liburan ke Luar Negeri buat Pemula

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image