Lima Tempat Wisata Nge-hits di Yogyakarta

Melancong  

Selain menjadi kota tujuan untuk kuliah, Yogyakarta memiliki segudang tempat wisata yang patut sobat Calakan kunjungi. Berwisata di Yogyakarta memang tak akan pernah puas jika hanya mengunjungi satu objek wisata saja. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner. Bahkan saat ini di beberapa tempat wisata menyediakan spot foto yang instagramable. Mau tahu aja aja? Simak ulasannya.

foto : dok. republika.co.id

1. Hutan Pinus Pengger

Yang pertama adalah Hutan Pinus Pengger. Awalnya hutan ini merupakan hutan produksi getah. Namun, sejak 2014 sudah tidak ada lagi kegiatan pengambilan getah. Sejak tahun 2016, hutan tersebut akhirnya dijadikan tempat wisata yang terkenal hingga sekarang. Selain menikmati pemandangan alam, di sini kalian dapat berswafoto untuk dipajang di media sosial. Biasanya pengunjung melakukan aktivitas berfoto pada malam hari.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hutan Pinus Pengger terletak di Jl. Dlingo-Patuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul. Waktu tempuh menuju lokasi ini kurang lebih 50 menit atau berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Yogyakarta. Yang menarik, harga tiket masuk ini hanya Rp 3 ribu saja.

2. Pantai Indrayanti

Wisata pantai yang sedang nge-hits saat ini yaitu Pantai Indrayanti. Sebenarnya nama pantai ini yaitu Pantai Pulang Sawal. Nama Indrayanti berawal dari pasangan suami istri yang membuka rumah makan di sekitar pantai, yaitu Bapak Indra dan Ibu Yanti. Selain menikmati indahnya pantai berpasir putih, pengunjung dapat bersantai di gazebo. Di pantai Indrayanti ini pengunjung juga dapat menikmati sunset.

Pantai Indrayanti terletak di Kab. Gunungkidul. Waktu tempuh dari Kota Yogyakarta sekitar 2 jam dan jaraknya kurang lebih 65 km. Jika dari pusat kota Gunungkidul, perjalanan memakan waktu hampir satu jam. Harga tiket masuk ke pantai ini adalah Rp 10 ribu per orang.

3. Tebing Breksi

Tempat wisata yang diresmikan sejak 2015 ini dulu merupakan area tambang batu kapur. Berjuta-juta tahun yang lalu, Gunung Api Nglanggeran mengeluarkan berkubik-kubik abu yang kemudian mengeras menjadi bebatuan. Saat ini, kawasan tersebut merupakan geoheritage yang artinya tidak boleh ada aktivitas penambangan karena di sana ditemukan jenis bebatuan tufan yang langka.

Uniknya, di Tebing Breksi ini terdapat ukiran cerita pewayangan yaitu Arjuna membunuh Buto Cakil yang diukir oleh pemuda setempat. Selain itu, bagi kalian anak senja dapat menikmati terbenamnya matahari sembari memandang indahnya Kota Yogya, Candi Prambanan, Gunung Merapi, Candi Barong, dan Candi Sujiwan. Tebing Breksi ini terletak di Kab. Sleman dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk masuk ke tempat ini harga tiket masuk dibanderol Rp 10 ribu.

4. Taman Sari

Wisata yang ada di tengah kota Yogya adalah Taman Sari. Taman Sari ini merupakan situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dibangun pada masa Sultan Hamengku Buwono I. Di Taman Sari ini terdapat kolam yang dikelilingi benteng setinggi enam meter. Juga terdapat menara yang digunakan oleh Sultan untuk melihat istri-istrinya saat mandi.

Taman Sari ini merupakan taman yang dibangun di komplek kerajaan. Taman ini terdiri dari kolam pemandian, kanal air, ruangan-ruangan, dan sebuah kolam besar.

5. Benteng Vredeburg

Wisata sejarah lainnya di kota Yogya yaitu Benteng Vredeburg. Benteng yang dibangun pada 9 Oktober 1755 dengan dalih untuk mengamankan kegiatan di sekitar keraton. Akan tetapi, Belanda menjadikan benteng tersebut untuk sebagai tempat intimidasi dan blokade. Wajar saja saat ini kita melihat lokasi Benteng Vredeburg dengan Keraton Yogyakarta sangat berdekatan.

Karena kawasan benteng ini di Malioboro, jadi jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi Benteng Vredeburg. Harga tiket masuk dibanderol hanya Rp 3 ribu.

Nah itulah lima pilihan tempat wisata nge-hits di Yogyakarta. Selain dapat menikmati pemandangan alam, kalian dapat mengetahui sejarah di baliknya melalui papan informasi ataupun menyewa seorang pemandu wisata.. Jadi tempat wisata mana yang ingin kamu kunjungi? (Lutfie Fahrizal Rizky)

Berita Terkait

Image

Rekomendasi Wisata Pantai di Selatan Jawa Tengah

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Lima Tragedi Mencekam Sepak Bola di Dunia

Mengenal Tes SAT

10 Tips Liburan ke Luar Negeri buat Pemula

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image