5 Perubahan Pasca Wafatnya Ratu Elizabeth II

Serba Serbi  

Berita meninggalnya Ratu Elizabeth II di Balmoral Castle, Skotlandia, pada Kamis, 8 September 2022, menyita perhatian publik dunia. Barangkali separuh warga bumi ini tidak mengenal pemimpin Kerajaan Inggris, selain Ratu Elizabeth II. Maka wajar apabila kemudian banyak pertanyaan tentang apa yang akan terjadi di Inggris Raya setelah mangkatnya sang Ratu? Berikut adalah lima (5) perubahan yang terjadi tersebut.

foto : dok. republika.co.id

1. Pangeran Charles Naik Takhta

Setelah selama 64 tahun menyandang status sebagai Putra Mahkota, Pangeran Charles akhirnya menjadi raja baru Inggris Raya dan daerah persemakmurannya. Ia sekarang bernama Raja Charles III. Hal tersebut diumumkan pihak istana, sesaat setelah Ratu Elizabeth II dinyatakan meninggal dunia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Pergeseran Gelar Keluarga Kerajaan

Tidak hanya gelar Pangeran Charles yang berubah menjadi Raja Charles III, tapi gelar keluarga yang lain pun mengikuti. Istrinya, Camila Parker Bowles menjadi Permaisuri (Queen Consort). Anak tertua Raja Charles III, Pangeran William, mewarisi gelar ayahnya, yaitu Prince of Wales. Gelar tersebut menandakan, bahwa secara resmi Pangeran William menjadi Putra Mahkota Kerajaan Inggris.

Trah kekuasaan selanjutnya berada di ketiga anak Pangeran William dan Kate Middleton, yang bergelar Prince & Princess of Cornwall and Cambridge. Sedang anak-anak dari Pangeran Harry dan Meghan Markle, menduduki urutan kelima dan keenam sebagai pewaris takhta. Mereka berhak disebut Pangeran dan Putri kerajaan, meskipun kedua orang tuanya telah mengundurkan diri dari tugas-tugas anggota keluarga kerajaan.

3. Lagu Nasional

Lagu nasional Inggris “God Save The Queen” akan berganti menjadi “God Save The King” seiring era kepemimpinan Raja Charles III dimulai. Secara keseluruhan tidak akan ada perubahan lirik, kecuali penyebutan kata ganti orang seperti she menjadi he dan her menjadi him.

4. Perubahan Desain Uang

Desain uang, baik uang kertas maupun koin, yang menampilkan gambar sang Ratu kemungkinan akan diganti menjadi gambar Raja Charles III. Menurut kanal berita The Guardian, setidaknya ada 4,5 miliar uang kertas yang memiliki gambar Ratu Elizabeth II dan pergantiannya bisa memakan waktu kurang lebih selama dua tahun. Namun belum jelas apakah negara-negara persemakmuran Inggris yang memiliki uang bergambar Ratu Elizabeth II akan mengikuti perubahan tersebut. Tidak hanya uang, tetapi perangko, sandi kotak surat, atribut kepolisian, dan atribut tentara Inggris Raya perlahan akan menyesuaikan dengan desain rezim yang berkuasa.

5. Pemakaman Sang Ratu adalah Hari Libur Nasional

Inggris Raya akan menjalani kurang lebih 12 hari berduka. Selama itu bendera akan dikibarkan setengah tiang. Raja Charles III sudah menyetujui, bahwa hari pemakaman Ratu Elizabeth II akan menjadi hari libur nasional; segala bentuk bisnis, termasuk bank juga akan libur. Masyarakat Inggris menyebutnya dengan istilah bank holiday.

Sebagai sebuah negara monarki, berbagai penyesuaian mutlak dilakukan ketika terjadi perubahan pimpinan. Simbol-simbol negara yang lama, akan berubah mengikuti pengampu kekuasaan yang baru. Hal tersebut cukup menarik dan dapat menjadi tambahan pengetahuan, terutama bagi kita yang tidak hidup di bawah pemerintahan berbentuk kerajaan. (AR Meinanda)

Berita Terkait

Image

Para Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris Sebelum Ratu Elizabeth II

Image

Ini Dia, 7 Kisah Kehidupan Ratu Elizabeth II yang Tak Banyak Diketahui

Image

8 Fakta Unik tentang Ratu Elizabeth II

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Lima Tragedi Mencekam Sepak Bola di Dunia

Mengenal Tes SAT

10 Tips Liburan ke Luar Negeri buat Pemula

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image