Lima Kota Pelajar Unik di India

Umum  

Anda berencana untuk melanjutkan studi ke India? Coba tengok pilihan lima kota pelajar di negeri tersebut seperti dikutip topuniversities.com.

foto : republika.co.id

1. Kanpur

Kota ini berlokasi di negara bagian Uttar Pradesh di bagian utara negeri ini. Kanpur adalah salah satu kota tua di India dan merupakan kota industri. Saat ini Kanpur sudah berkembang menjadi sebuah kota modern yang menarik bagi turis maupun para pelajar untuk menghabiskan waktu di sana. Kota ini berlokasi di tengah-tengah dua sungai utama, yaitu Danges di sebelah utara dan sungai Pandu di sebelah selatan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bagi Anda yang ingin belajar di India, ada beberapa universitas di Kanpur, serta pilihan institusi teknik, yang mencerminkan warisan kota industr. Institut Kanpur India (IITK) memimpin universitas-universitas di kota itu, sebagai universitas dengan peringkat tertinggi ke-4 di India dalam Peringkat Universitas QS: BRICS 2015. IITK didirikan pada 1959 oleh Undang-Undang Parlemen, dan merupakan salah satu Institut Teknologi India yang paling awal berdiri. Saat ini terdapat 16 IIT yang tersebar di kota-kota besar di India.

2. Mumbai

Kota ini juga dikenal dengan nama resmi lamanya, Bomby. Kota ini merupakan ibukota dari negara bagian Maharashtra yang merupakan kota terpadat di India dan dihuni oleh sekitar 18,4 juta penduduk. Mumbai juga merupakan rumah bagi beberapa univeritas top di Indonesia termasuk di dalamnya adalah the Indian Institute of Technology Bombay (IIT Bombay), yang merupakan peringkat ketiga tertinggi versi QS University Rankings: BRICS yang terbaru.

Karena sejarahnya yang beragam, pengunjung Mumbai dapat menemukan beragam gaya arsitektur yang dipamerkan di seluruh kota. Dengan lokasi yang berada di pantai, 'City of Dreams' India ini memiliki beberapa pantai berpasir yang ditawarkan, memberikan keunggulan yang berbeda di atas kota-kota pedalaman utama di negara itu. Namun, keunggulan Mumbai yang paling terkenal adalah industri filmnya yang khas dan berkembang. Dijuluki 'Bollywood', industri film India dimulai di Mumbai pada awal abad ke-20, dan telah berkembang untuk menarik banyak penonton baik di India maupun di seluruh dunia.

3.Delhi

Beberapa kota di India secara historis sama pentingnya dengan kota ini. Nama resmi yang disandangnya adalah The National Capital Territory of Delhi (Wilayah Ibu Kota Nasional Delhi) yang mengisyaratkan peran modernnya sebagai pusat diplomatik dan pemerintahan India. Namun hal tersebut tidak cukup menangkap sejarah rumit di balik ini. Sejak pemukiman pertama kali dibuat di sini lebih dari 2.500 tahun yang lalu, Delhi telah mengalami kelahiran kembali berulang kali, telah dijarah, dihancurkan, dan dibangun kembali beberapa kali.

Selain signifikansi bersejarah dan diplomatiknya, Delhi juga merupakan pusat utama untuk pendidikan tinggi sebagai penegasan banyaknya universitas top di India. Kota ini adalah rumah bagi Universitas Delhi, Universitas Jawaharlal Nehru dan Universitas Guru Gobind Singh Indraprastha. Institut Teknologi India Delhi (IITD) juga secara konsisten menempati peringkat tinggi di antara universitas-universitas top di India.

4. Chennai

Secara resmi dikenal sebagai Madras, Chennai sering dibandingkan dengan Detroit AS karena peran kuncinya dalam industri otomotif India, dan terkenal di seluruh dunia sebagai tempat peleburan yang menggabungkan nilai-nilai tradisional dan perkembangan modern. Chennai adalah ibu kota Tamil Nadu, di selatan India, sebuah negara bagian yang terkenal dengan sistem pendidikannya dan yang membanggakan tingkat melek huruf tertinggi di India.

Kota ini merupakan tujuan yang layak bagi siapa saja yang ingin belajar di India, terutama mereka yang tertarik pada teknologi, dan industri otomotif pada khususnya. Selain Universitas Madras dan Universitas Anna, Chennai juga merupakan rumah bagi Institut Teknologi India Madras (IITM).

5. Bangalore

Kota terpadat ketiga di India, Bangalore (secara resmi 'Bengaluru') menjadi ibu kota Negara Bagian Mysore setelah kemerdekaan India dari pemerintahan kolonial Inggris. Pada tahun 1956, negara bagian Karnataka baru dibentuk, dan Bangalore tetap menjadi ibu kota wilayah tersebut hingga hari ini.

Beberapa lembaga spesialis terkemuka India dapat ditemukan di Bangalore, termasuk National Institute of Fashion Technology; Institut Desain Nasional, Bangalore; Institut Teknologi Informasi Internasional, Bangalore; dan Sekolah Hukum Nasional Universitas India. Institut Sains India (IISc) Bangalore juga berlokasi di sini. Komunitas pelajar kota yang berkembang dan prospek pekerjaan pascasarjana terus menjadikannya pusat utama bagi generasi pemikir, cendekiawan, dan profesional India yang hebat berikutnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image