Mengenal Beragam Makanan Tradisional Belanda

Kuliner  

Secara umum, makanan yang terkenal di Belanda adalah makanan yang mengenyangkan dan hangat mengingat musim dingin yang sangat dingin di negeri kincir angin ini. Berikut adalah beberapa makanan tradisional khas Belanda yang perlu diketahui dan dicoba saat melancong ke sana seperti dikutip dari situs iamexpert.nl.

foto : dok. republika.co.id

AVG’tje

Ini adalah istilah standar untuk makan malam Belanda yang merupakan singkatan dari Aardappel, Vlees, Groenten, atau kentang, daging, dan sayuran. Banyak rumah tangga di Belanda cenderung tidak memilih hidangan yang sudah ada, tetapi lebih menyukai untuk mengkombinasikan beberapa bahan dasar tersebut.

Pea soup / snert

Sup kacang polong adalah sup kacang polong tebal dan hangat dengan sosis dan sayuran, dan sering dikonsumsi selama musim dingin. Sehari setelah pembuatannya, sup mengental dan lebih banyak daging ditambahkan, itulah yang disebut sebagai snert.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pea soup is a thick, hearty split pea soup with sausage and vegetables, often consumed during winter. A day after preparation, the soup has thickened and more meat is added, after which it becomes snert.

Hutspot

Menu ini berisi ketang, wortel dan bawang tumbuk. Seringkali dimakan pada musim dingin dan biasanya disertai dengan isian daging di dalamnya.

Stamppot

Makanan ini berisi kentang yang ditumbuk yang ditambahi dengan sisa sayuran atau bahan lain seperti kangkung, endive, kol atau asinan kubis. Menu ini sering disajikan dengan daging (sosis asap) dan saus.

Hachee

Makanan ini berisi daging, ikan atau unggas dan sayuran, yang direbus menjadi kuah kental kemudian ditambah dengan cuka, cengkeh dan daun salam.

Brown bean soup

Ini adalah sup musim dingin yang khas. Persiapan pembuatannya dilakukan secara perlahan selama berjam-jam, dengan kacang cokelat, sayuran, dan berbagai daging serta rempah-rempah seperti cengkeh, buah juniper, dan thyme.

Pancakes

Ukuran pancake Belanda cukup besar karena mengisi wajan besar, dan biasanya dimakan untuk makan malam, bukan untuk sarapan. Tempat-tempat penjualan pancake sering menyajikannya dengan berbagai isian, mulai dari sirup, gula bubuk dan apel hingga keju, bayam, dan bacon.

Huzarensalade

Variasi salad Rusia yang dibuat dengan telur, kentang, acar, cuka, dan mayones. Menu ini biasanya disajikan dingin sebagai lauk.

Berita Terkait

Image

7 Makanan Khas Turki yang Menggugah Selera

Image

Lima Pilihan Kuliner Unik Khas Solo

Image

7 Makanan Khas Indonesia Asal Belanda

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image