Lanjut Kuliah ke Turkiye, Kenapa Tidak?

Umum  

Terletak di lokasi strategis, menghubungkan benua Asia dan Eropa, Turkiye adalah tempat bertemunya budaya timur tengah yang konservatif dengan ideologi barat yang progresif. Dikotomi tersebut justru membentuk Turkiye menjadi tempat menyenangkan untuk belajar, bekerja, dan sebagai tempat tinggal. Bahkan menurut survei global yang dilakukan oleh U.S.News tahun 2021, Turkiye menduduki peringkat pertama sebagai negara terbaik untuk kuliah di luar negeri.

foto : dok. republika.co.id

Memiliki Perguruan Tinggi Kelas Dunia

Turkiye masuk dalam Bologna Process, yaitu semacam perjanjian penyetaraan standar kualifikasi Pendidikan Tinggi Eropa. Artinya, kualitas lulusan kampus di Turkiye juga diakui di seluruh daratan Eropa, bahkan dunia. Dengan gelar yang didapat, maka lulusan tersebut bisa bekerja tidak hanya di Turkiye, tetapi di belahan dunia lain. Negara yang mewarisi arsitektur Kekaisaran Ottoman tersebut, juga tercatat sebagai negara kedua di dunia dengan akses Perguruan Tinggi terbaik. Sebanyak 94,2% penduduknya mengecap bangku kuliah. Wajar saja, Turkiye memfasilitasi warganya dengan pilihan sebanyak 208 universitas. Pemerintah juga menunjang fasilitas kampus dengan peralatan terkini untuk mendukung kegiatan riset.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Program Studi Beragam

Pelajar internasional yang ingin melanjutkan kuliah ke Turkiye akan dihadapkan pada lebih dari 40 ribu pilihan program studi. Artinya akan ada bidang studi untuk semua orang. Universitas-universitas di Turkiye, menyelenggarakan pendidikan dari mulai tingkat S1 – S3, yang paling banyak didominasi jenjang sarjana dan magister. Ada program yang menggunakan bahasa pengantar Inggris, tapi mayoritas pembelajaran dilangsungkan dalam bahasa Turki. Tapi, tidak perlu risau, Pemerintah Turkiye sudah menyiapkan pelatihan bahasa untuk para pelajar asing yang ingin menuntut ilmu di the land of the crescent moon.

Lingkungan Ramah Pelajar

Turkiye tercatat sebagai negara dengan jumlah pelajar terbanyak di European Higher Education Area. Dengan 208 univeristas tersebar di seluruh pelosok negeri, setiap kota di Turkiye dipastikan berbalut atmosfer kota pelajar yang menyenangkan. Baik pelajar lokal maupun asing berbaur dengan baik, sehingga sobat Calakan punya kesempatan untuk memiliki jejaring pertemanan dari beragam latar belakang.

Biaya Hidup Murah

Apabila dibandingkan dengan negara Eropa lainnya, biaya hidup di Turkiye jauh lebih murah. Akomodasi untuk pelajar cukup mudah didapat, baik itu asrama di kampus atau sewa apartemen, biayanya masih terhitung ramah di kantong. Untuk pelajar dari Indonesia, Turkiye menjadi jaring aman karena banyak makanan halal dan murah di sana. Sistem transportasi di kota-kota besarnya juga sangat bisa diandalkan dan tidak membuat kantong jebol. Terlebih untuk pelajar selalu ada diskon untuk segala kebutuhan.

Beasiswa

Biaya kuliah di Turkiye termasuk murah. Meski begitu ada beasiswa yang tersedia untuk bisa kuliah secara gratis. Misalnya Erasmus+ dan Turkiye Burslari Scholarship, dua program yang dapat dimanfaatkan untuk menempuh studi di Turkiye.

Keragaman Alam dan Budaya

Sebagai negara yang sebagian wilayahnya masuk ke Eropa, Turkiye memiliki paduan kultur ciamik antara timur dan barat. Kecantikan ragam lanskapnya sering kali jadi tujuan wisata dan jangan lupakan juga keramahan penduduk lokal yang ampuh membuatmu serasa memiliki rumah baru. (AR Meinanda)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image