Mau Melancong ke Turkiye? Ini Lima Hal Yang Wajib Kamu Lakukan

Melancong  

Jalan-jalan ke Turkiye tidak cukup dengan mengunjungi tempat-tempat andalan mereka. Untuk memperkaya pengalaman dalam mencicipi keseruan jembatan Asia dan Eropa tersebut, tidak ada ruginya mengikuti lima prinsip berikut ini.

foto : dok. republika.co.id

Minum Teh

Konsumsi teh di Turkiye adalah yang terbesar di dunia. Setiap orang di Turkiye meminum hampir 3 kilogram teh per tahun. Negara tersebut juga tercatat sebagai pengekspor teh terbesar kelima di dunia. Teh selalu hadir dalam berbagai kesempatan dalam kehidupan masyarakat Turkiye, baik itu sebuah perjamuan, teman ngobrol bersama teman di kedai, pendamping sarapan, dan lain sebagainya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Penyajiannya pun sangat khas, di mana teh pekat akan dituangkan dari teko berbahan tembaga ke dalam cawan transparan (cangkir tak bertelinga). Teh tidak dituangkan sampai penuh, sebab kemudian akan dicampur kembali dengan air hangat. Nah, jangan sampai lewatkan budaya minum teh a la orang Turkiye ini, ya.

Blusukan

Jangan berhenti dengan hanya mengunjungi Hagia Sophia atau Blue Mosque, lanjutkan dengan naik ferry dan menyeberang menuju sisi Asia dari kota Istanbul. Menjelajahi jalanannya, blusukan ke pasar-pasar tradisional mereka, dan menikmati Turkiye sambil santap kuliner di tepi perairan di daerah Moda. Di sana berjajar butik-butik lucu, café-café cantik, bakery dengan aroma menggoda, dan penjaja kaki lima.

Sesuaikan Dress Code

Saat berkeliling kota ada baiknya menggunakan pakaian yang sopan, mengingat mayoritas penduduk di Turkiye adalah muslim. Beberapa tempat wisata bahkan ada yang mewajibkan pengunjungnya untuk mengenakan kerudung. Tempat-tempat seperti di pesisir laut Mediterania atau Aegea, lebih bebas. Pengunjung diperkenankan menggunakan pakaian renangnya.

Makan Masakan Rumah

Jalanan di kota-kota Turkiye akan mudah ditemukan restoran-restoran keluarga, yang menyajikan masakan rumahan. Nuansanya pun dibuat seperti ada di rumah, termasuk keramah-tamahan pemiliknya. Tempat-tempat tersebut dapat memberi gambaran rasa otentik dari kuliner khas dan memperakaya pengalaman pengunjung akan kebudayaan Turkiye.

Bermain Dengan Kucing

Turkiye adalah surganya binatang jalanan. Misalnya, kucing. Hewan lucu tersebut dirawat dengan baik oleh seluruh masyarakat Turkiye. Sudah jadi kebiasaan mereka menyediakan makan dan minum bagi hewan-hewan tersebut, dan membiarkannya beristirahat di pelataran masjid, restoran, rumah, dan tempat lainnya. Tak heran kalau kucing-kucing jalanan di Turkiye, memang terlihat sehat dan terawat. Apabila sobat calakan penggemar kucing, sempatkan bermain dengan mereka. Selain kucing, anjing pun mendapat perlakukan yang sama baiknya. (AR Meinanda)

Berita Terkait

Image

Lima Kota Pelajar Terbaik di Turkiye

Image

Pesona Turkiye, Lebih Dari Sekedar Cappadocia

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Lima Tragedi Mencekam Sepak Bola di Dunia

Mengenal Tes SAT

10 Tips Liburan ke Luar Negeri buat Pemula

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image