Beasiswa Pertukaran Mahasiswa S1 di Amerika

Umum  

Program Pertukaran Sarjana Global (Global UGRAD) memberikan beasiswa untuk satu semester studi akademik non-gelar di perguruan tinggi atau universitas di Amerika Serikat kepada para mahasiswa yang akan menjadi calon pemimpin masa depan. Global UGRAD adalah program dari Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat dan bertujuan untuk merekrut peserta dari latar belakang yang tidak memungkinkan mereka untuk melanjutkan studi di Amerika. Pelamar yang berhasil akan mendapatkan paparan mendalam mengenai masyarakat, budaya, dan institusi akademik AS, serta peluang untuk meningkatkan keterampilan profesional mereka.

foto : dok. republika.co.id

Para peserta akan mendaftar kuliah penuh waktu non-degree di program sarjana strata 1 yang dipilih dari universitas tempat mereka belajar. Para peserta akan dminta untuk mengambil 3 SKS mata kuliah yang akan menambah pemahaman mereka mengenai Amerika Serikat. Para penerima beasiswa ini akan tinggal di asrama kampus dan akan diminta untuk mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat selama 20 jam. Selain itu, juga akan ada orientasi kedatangan secara virtual dan lokakarya akhir program.

Beasiswa yang diberikan meliputi biaya perjalanan internasional, biaya kuliah dan akomodasi bulanan, biaya buku dan asuransi kesehatan/kecelakaan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Untuk mendapatkan beasiswa ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti di bawah ini.

1. Merupakan penduduk Indonesia

2. Berusia lebih dari 18 tahun

3. Merupakan mahasiswa program S1/D4 di Indonesia, dan lebih menyelesaikan minimal satu semester kuliah dan atau setidaknya masih memiliki satu semester lagi di kampusnya saat kembali dari program ini. Karena itu, lebih disukai mahasiswa yang saat mendaftar merupakan mahasiswa semester tiga atau empat.

4. Menunjukkan potensi kepemimpinan melalui bidang akademik, kerja, keterlibatan dalam kegiatan komunitas dan ekstrakurikuler.

5. Mempunyai skor TOEFL ITP 500 atau TOEFL iBT 48

6. Berkomitmen untuk kembali ke Indonesia secara langsung setelah menyelesaikan program ini

7. Preferensi akan diberikan kepada mereka yang memiliki sedikit atau tidak memiliki pengalaman di AS atau di luar negara asal mereka.

8. Hanya kandidat terpilih yang akan diberitahu untuk wawancara pribadi.

Jika tertarik, ketahui cara-cara berikut untuk mendaftarkan diri pada program ini.

1. Kandidat harus menyelesaikan aplikasi online, yang bisa diakses saat siklus aplikasi baru dimulai

2. Persyaratan yang perlu dikirimkan dalam bahasa Inggris adalah :

(a) Dua surat referensi dari dosen pengajar dan satu lagi dari dosen lain, atasan, pelatih atau supervisor di kegiatan komunitas

(b) Fotokpi KTP

(c) Transkrip nilai terbaru dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Transkrip dan materi lain harus dipersiapkan sebelum tenggat waktu karena Anda tidak bisa memberikan informasi tambahan saat mendaftar online, jika pendaftaran sudah ditutup.

Tenggat waktu untuk pendaftaran program ini adalah 31 Desember setiap tahunnya. Untuk informasi lebih lengkap mengenai program ini silakan kunjungi situs : aminef.or.id

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image