10 Negara Terbaik Untuk Kuliah di Luar Negeri

Umum  

Amerika Serikat dan Inggris Raya adalah dua negara yang setiap tahunnya dibanjiri pelajar internasional. Tidak mengherankan sebab kedua negara tersebut memiliki sistem pendidikan dan kampus-kampus mapan berusia ratusan tahun, serta menghasilkan ratusan bahkan ribuan jurnal ilmiah yang sukses diterapkan dalam berbagai bidang. Namun sebuah survei yang dilakukan oleh situs educations.com menunjukkan hal berbeda.

ilustrasi : dok. republika.co.id

Ada sekitar 10 ribu pelajar dari 181 negara yang berpartisipasi untuk memilih negara terbaik sebagai tujuan melanjutkan studi. Dalam riset tersebut ditetapkan tujuh faktor penilaian, yakni kualitas pengajaran terbaik, pencapaian tujuan karier, perkembangan personal, budaya dan gaya hidup, kesempatan untuk memperluas jejaring, belajar bahasa, dan petualangan. Berikut adalah 10 negara terbaik untuk kuliah di luar negeri berdasarkan survei yang dilakukan oleh educations.com.

1. Australia

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Negeri Kangguru sudah berulang kali merajai survei sebagai destinasi melanjutkan studi. Banyak pelajar memilih kuliah di Australia, karena negara tersebut tidak hanya memiliki barisan unversitas yang masuk ranking teratas dunia, tetapi juga sistem pendidikan yang mampu menempa skills mahasiswanya untuk bersaing di dunia kerja. Selain itu, Australia juga memiliki budaya yang beragam, alam yang indah, serta gaya hidup yang lebih santai. Kelebihan lain yang tak terbantahkan adalah Australia negara berbahasa Inggris, meski memiliki aksen menantang. Jangan lupa, Australia juga punya skema beasiswa AAS yang terkenal royal untuk para pelajar dari negara berkembang, termasuk Indonesia.

2. Kanada

Negara tetangga Amerika Serikat ini terkenal memiliki iklim yang sangat dingin. Namun ternyata hal tersebut tidak menyurutkan orang-orang untuk datang dan belajar di sana. Kampus-kampus Kanada barangkali kurang populer dibandingkan Amerika Serikat, Inggris, atau Eropa, tetapi secara kualitas boleh diadu. Proses imigrasinya juga jauh lebih mudah ketimbang tetangganya. Selain itu negeri pecahan es menduduki peringkat kedua dunia sebagai negara dengan kualitas hidup terbaik dan masuk dalam daftar negara paling aman di dunia.

3. Jerman

Pemerintah Jerman percaya bahwa pendidikan bukan barang komersil yang harus diperjualbelikan, melainkan hak asasi manusia, terlepas latar belakang ekonomi, ras, maupun gender. Pendidikan juga dinilai sebagai alat untuk memangkas ketimpangan sosial dan mencapai pemerataan kesejahteraan. Alasan tersebut yang membuat mayoritas sekolah negeri di Jerman gratis, termasuk perguruan tinggi. Lulusan dari berbagai universitas di Jerman banyak dicari perusahaan skala internasional, terutama di bidang teknik. Negeri panser juga terkenal memiliki stabilitas ekonomi dan politik, sehingga dinilai relatif aman dan memiliki biaya hidup yang murah untuk ukuran negara maju.

4. Amerika Serikat

Tidak ada yang bisa membantah bahwa Amerika Serikat adalah rumah bagi kampus-kampus prestisius yang para lulusannya sering kali menciptakan terobosan dan trendsetter di dunia teknologi dan bisnis. Siapa yang belum pernah mendengar kehebatan MIT, Harvard, Stanford, Columbia, Yale, ataupun Princeton? Apabila nama universitas tersebut tersemat dalam CV-mu, sudah hampir pasti pekerjaan yang akan mencarimu.

5. Swiss

Kampus-kampus di Swiss membuka banyak bidang studi spesifik. Universitasnya pun tidak sedikit yang masuk dalam 100 besar peringkat dunia. Mahasiswa yang pernah kuliah di Swiss pasti setuju bahwa negara ini memiliki standar hidup tinggi, sistem kesehatan yang berkualitas, dan keindahan alam bagaikan negeri dongeng yang menunggu untuk dijelajahi.

6. Inggris Raya

Sebuah statistik tahun akademik 2020/2021 menunjukkan bahwa Inggris Raya (United Kingdom) menampung 605,130 mahasiswa. Sebanyak 452,225 merupakan pelajar yang berasal dari luar Uni Eropa. Angka tersebut sudah cukup membuktikan Inggris Raya sebagai destinasi yang memiliki pendidikan kualitas dunia, coba saja tengok berbagai sumber ranking universitas. Kampus-kampus Inggris selalu menempati 20 besar, bersaing ketat dengan Amerika Serikat. Jangan lupa, negara yang dulu ditempati oleh bangsa Celtic ini memiliki ragam budaya dan kota-kota pelajar yang menyenangkan untuk ditinggali.

7. Belanda

Apabila sobat Calakan membayangkan pendidikan berkualitas, dengan banyak pilihan program berbahasa pengantar Inggris, bahkan penduduknya pintar berbahasa Inggris, maka Belanda adalah jawabannya. Mahasiswa yang menuntut ilmu di negeri kincir angin ini berasal dari lebih 160 negara di dunia. Tidak hanya ingin mengecap pendidikan di institusi top, tetapi juga menjalani gaya hidup yang berkelanjutan dan santai.

8. Perancis

Kemahsyuran budaya Perancis yang eksotis dan bahasa yang dinilai seksi, menjadi penopang daya tarik pelajar internasional untuk menimba ilmu di negara asal Napoleon tersebut. Kualitas pendidikan tinggi Perancis banyak menawarkan kesempatan untuk riset, yang tak kalah modern dan maju dengan negara lain di Eropa.

9. Selandia Baru

Delapan universitas Selandia Baru secara konsisten menempati ranking tinggi di QS World Universities Ranking dan THE University Rangking. Hal tersebut didukung oleh sistem pendidikan yang banyak mengadaptasi sistem Inggris Raya yang kampus-kampusnya mendorong pembelajaran berbasis riset dan mengajarkan mahasiswa untuk berkembang baik dalam tugas individual, maupun proyek kelompok. Mahasiswa juga mudah melepas penat dari kehidupan akademik dengan menjelajahi pesona negeri Kiwi, tempat bersatunya ragam budaya yang berharmoni dengan alam.

10. Spanyol

Spanyol cocok dijadikan pilihan apabila sobat Calakan mencari pendidikan berkualitas di Eropa tetapi memiliki iklim yang hangat. Sobat juga berkesempatan untuk belajar bahasa Spanyol, yaitu salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Negeri matador ini memiliki budaya khas nan mempesona karena masyarakatnya selalu punya alasan untuk mengadakan festival eksotis. Belum lagi cita rasa makanannya yang terkenal lezat. Spanyol merupakan negara Eropa yang kaya sejarah terutama di bagian utara negeri ini yang begitu kental dengan budaya katolik Romawi. Sedangkan di Selatan akan banyak ditemukan jejak kejayaan Islam.

Sepertinya daftar negara-negara terbaik untuk kuliah di atas, akan membuat sobat Calakan makin bimbang, ya? Perlu diingat bahwa sebelum menentukan negara yang ingin dituju, alangkah lebih baik untuk melakukan riset. Pastikan negara tersebut memiliki kampus yang membuka jurusan atau bidang studi sesuai minat sobat Calakan. (AR Meinanda)

Berita Terkait

Image

Kuliah di Australia dengan Beasiswa Monash International Leadership Scholarship

Image

Syarat Kuliah Ke Luar Negeri: Pilih IELTS atau TOEFL?

Image

Enam Program Pertukaran Pelajar yang bisa Perkaya Pengalaman Kita

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Lima Tragedi Mencekam Sepak Bola di Dunia

Mengenal Tes SAT

10 Tips Liburan ke Luar Negeri buat Pemula

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image