Yang Boleh dan Tak Boleh di Korea Selatan

Serba Serbi  

Sejak wabah hallyu merebak di seluruh dunia, Korea Selatan menjadi salah satu tempat tujuan wisata banyak orang di dunia, termasuk Indonesia.Jika hendak berkunjung ke Negeri Ginseng tersebut, kita bisa dengan mudah menemukan biro perjalanan yang akan membantu kita mweujudkan impian wisata ke sana.

foto : dok. republika.co.id

Namun, ada hal-hal yang juga perlu dipersiapkan sebelum berkunjung ke Korea Selatan. Salah satu di antaranya adalah, mengetahui hal-hal yang bisa dilakukan dan tidak bisa dilakukan saat kita berada di negeri tersebut. Berikut sekilas informasinya yang dikutip dari situs SBS.

Yang sebaiknya atau boleh dilakukan di Korea Selatan :

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Tertawalah dengan orang Korea bila memungkinkan karena mereka senang berbagi humor.

2. Berusahalah untuk memuji hal-hal yang Anda sukai tentang Korea. Tindakan ini akan membantu Anda untuk lebih menunjukkan keramahan Anda.

3. Perhatikan mengenai posisi Anda secara status sosial yang menjadi perhatian atau kepedulian orang Korea. Cari tahu siapa yang lebih pantas dihormati oleh Anda berdasarkan usia, posisi dan nama keluarga, dan tunjukkan rasa hormat kepada setiap orang seperlunya. Jika Anda tidak mematuhi harapan ini dan gagal menunjukkan rasa hormat yang seharusnya kepada orang Korea, Anda mungkin kehilangan muka di mata mereka. Bahkan, sangat mungkin jika setelah itu mereka tak mau bertemu lagi dengan Anda atau menghindari Anda.

4. Anda bisa menemukan bahwa orang Korea akan bersikap rendah hati dan dengan halus menyangkal pujian yang Anda berikan kepada mereka.

5. Pekalah terhadap kesulitan yang dialami orang Korea Selatan dan bersimpatilah dengan situasi di Korea Utara.

Yang sebaiknya dihindari atau tidak dilakukan di Korea

1. Jangan pernah membandingkan antara budaya atau bahasa Korea dengan Jepang. Korea harus diakui kekhasan dan perbedaannya dari budaya Asia Timur lainnya.

2. Hindari menunjukkan kemarahan atau kesusahan dalam tampilan yang panas atau ledakan emosi. Melakukannya dapat menyebabkan Anda kehilangan muka.

3. Jangan meremehkan pengetahuan dan kecerdasan orang Korea karena penduduk Korea sangat terdidik secara budaya dan sadar politik.

Selain itu, ada beberapa hal yang mungkin perlu Anda perhatikan saat berada di lokasi publik (kawasan umum) di Korea Selatan. Di antaranya, pastikan bahwa saat Anda naik kendaraan umum, Anda tidak duduk di tempat yang bertanda “khusus orang lanjut usia (Lansia) atau disabilitas” selain itu jangan pernah bersin/menyusut hidung di hadapan orang banyak atau di depan umum, hal ini sangat tidak bisa diterima.

Yang juga patut diingat bahwa beberapa tempat di Korea Selatan menggabungkan toilet pria dan wanita alias unisex. Jadi pastikan Anda mengetahui hal tersebut sebelum masuk ke dalam toilet sehingga tidak kaget. Namun, hal yang bisa Anda nikmati di tempat umum adalah bahwa tersedia sangat banyak jaringan internet (wi-fi) gratis yang bisa diakses.

Berita Terkait

Image

6 Beasiswa yang Terbangkan Kita ke Korea Selatan

Image

5 Makanan Korea yang nge-Hit dan Bikin Ngiler

Image

Saat Terbaik Berkunjung ke Korea Selatan

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Lima Tragedi Mencekam Sepak Bola di Dunia

Mengenal Tes SAT

10 Tips Liburan ke Luar Negeri buat Pemula

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image