6 Beasiswa yang Terbangkan Kita ke Korea Selatan

Umum  

Korea Selatan bukan cuma rumah bagi drama korea (drakor) yang seru, budaya Kpop yang melejit, dan barisan makanan yang kerap bikin ngiler. Namun negeri ginseng ini juga menarik perhatian dari sisi kualitas pendidikannya. Pada 2020 tercatat ada sekitar 1.500 mahasiswa Indonesia yang kuliah di sana dan jumlahnya dikabarkan terus menanjak tiap tahun. Nah, berikut adalah beberapa beasiswa yang bisa membawamu untuk kuliah ke Korea Selatan.

foto : dok. republika.co.id

1. LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah salah satu beasiswa bergengsi dan royal dari pemerintah Indonesia untuk putra-putri terbaik bangsa melanjutkan studi magister dan doktoral. Program ini siap mendanai pendidikanmu di dalam maupun luar negeri, selama memenuhi kriteria yang ditentukan. Universitas bergengsi Korea Selatan yang jadi mitra LPDP, di antaranya KAIST, Seoul National Univeristy, Yonsei University, Sungkyunkwan University, dsb.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. GKS

Global Korean Scholarship (GKS) atau dulu dikenal sebagai Korean Government Scholarship Program (KGSP) adalah beasiswa penuh dari pemerintah Korea Selatan. GKS merupakan beasiswa paling populer sebagai “tiket” kuliah di Korea Selatan, sebab mereka menyediakan program untuk perkuliahan S1, S2, dan S3. Persaingan beasiswa ini cukup ketat karena dibuka untuk peserta dari seluruh dunia. Biasanya beasiswa untuk S2 akan dibuka sekitar September, sedangkan untuk program S2 dan S3 pendaftaran beasiswanya dibuka pada Februari setiap tahunnya.

3. POSCO TJ Park Scholarship for Asian Students

POSCO TJ Park Foundation melalui salah satu programnya, yaitu Scholarship for Asian Students, membuka kesempatan bagi para intelektual muda untuk menimba ilmu jenjang S2 dan S3 di Korea Selatan. Kandidat terpilih akan mendapatkan biaya kuliah beserta tunjanan akademik dan biaya hidup. Beasiswa ini tiap tahun biasa dibuka sekitar akhir April atau awal Mei.

4. KOICA Scholarship Program

The Korean International Cooperation Agency (KOICA) adalah salah satu program beasiswa fully funded dari pemerintah Korea Selatan khususnya negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Beasiswa ini diperuntukkan bagi para aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai lembaga swadaya masyarakat (NGO). Kandidat dapat memilih berbagai jurusan di universitas-universitas terkemua Korea Selatan untuk jenjang magister dan doktoral. Tujuan program KOICA sendiri untuk meningkatkan kualitas SDM dan merupakan bentuk kerja sama antara Korea Selatan dan Indonesia.

5. KGPA

The Korean Green Promotion Agency (KGPA) adalah beasiswa yang dapat dimanfaatkan untuk kuliah ke Korea Selatan khusus di bidang lingkungan dan kehutanan. Jenjang yang ditawarkan adalah S2 untuk pelajar dari negara-negara berkembang.

6. Beasiswa Kampus

Selain beasiswa-beasiswa yang disebutkan di atas dan berasal dari pemerintah ataupun yayasan, kesempatan lain yang tidak boleh dilewatkan adalah dengan mengecek beasiswa kampus. Ya, kampus-kampus ternama Korea Selatan, seperti Seoul National University, KAIST, Yonsei University, Korea National University of Arts dan Ewha Women’s University memiliki skema beasiswa tersendiri yang dikhususkan bagi mahasiswa asing.

Cukup banyak jaring yang bisa sobat Calakan tebar, bukan? Demi kuliah di negeri ginseng. Jangan lupa untuk membaca dengan seksama persyaratan dan kriteria untuk masing-masing beasiswa. Informasi lebih lengkap juga bisa didapat melalui laman resmi masing-masing beasiswa. (AR Meinanda)

Berita Terkait

Image

Tertarik Beasiswa S3 di Monash University Malaysia? Cek Ini

Image

Berbagai Beasiswa Penuh Tanpa Syarat IELTS/TOEFL

Image

Ada Lho, Beasiswa S1 di Jepang

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Lima Tragedi Mencekam Sepak Bola di Dunia

Mengenal Tes SAT

10 Tips Liburan ke Luar Negeri buat Pemula

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image