5 Makanan Korea yang nge-Hit dan Bikin Ngiler

Kuliner  

Saking boomingnya budaya Korea Selatan yang terpromosikan dengan baik lewat musik, film, dan reality show, membuat berbagai kuliner khas negeri ginseng tersebut juga digilai masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia. Tayangan drama korea (drakor) misalnya, kerap menampilkan adegan makan yang membuat penonton menelan ludah. Kira-kira makanan korea apa saja yang sering bikin ngiler?

foto : dok. republika.co.id

1. Ramyeon

Mie instan korea yang dikenal dengan sebutan ramyeon barangkali adalah makanan khas korea yang paling sering wara-wiri di layar kaca. Bagaimana penonton tidak dibuat ngiler? Mie instan yang notabene favorit semua orang, terendam dalam kuah berwarna merah menggoda, irisan daun bawang, telur, dan taburan wijen. Beberapa bahkan ada yang ditambahkan kue beras, serta keju mozzarella. Ramyeon dengan kuah mengepul dan bunyi seruput saat menyantapnya, sudah pasti bikin ngiler. Untung sudah banyak jenama dan varian ramyeon yang dijual di Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Tteokbokki

Kue beras alias tteokbokki juga punya basis penggemar yang besar. Potongan kue beras berbalut bumbu kuah kental warna merah ini jadi penganan kaki lima paling favorit. Tekstur kenyal juga gurih dari tteok (kue beras), berpadu sempurna dengan saus merahnya yang bercita rasa manis pedas. Saking populernya penganan ini, sudah banyak kemasan instannya dijajakan di minimarket dan supermarket Indonesia.

3. Bibimbap

Ini adalah nasi campur. Bibimbap juga sering menggoda dengan presentasinya yang cantik. Coba bayangkan, di atas semangkuk nasi panas, tersusun berbagai sayuran dari warna hijau sampai oranye, kemudian ada daging, telur, dan taburan wijen. Semua tampil rapi nan estetik. Untuk memakannya, bahan-bahan dalam mangkuk diaduk dan dicampur saus khas korea bernama gochujang. Rasa pedas dan gurih serta merta berpesta di atas lidah pemakannya. Bibimbap umumnya disajikan dalam mangkuk tanah liat yang dipanaskan, sehingga menghasilkan kerak nasi yang dapat menambah kenikmatan.

4. Hotteok

Hotteok adalah jajanan yang banyak digemari di Korea. Sebagian orang menyebutnya sebagai versi manis dari pancake. Bentuknya bulat dan agak pipih, terbuat dari adonan terigu yang diisi dengan gula merah, sirup kayu manis, dan kacang. Adonan tersebut kemudian digoreng di atas wajan persegi panjang, dengan minyak panas yang tidak merendam adonan. Hotteok nikmat dimakan selagi panas.

5. Jjampong

Terakhir dalam daftar kali ini adalah Jjampong; olahan mie kuah pedas, diberi topping daging, sayuran, dan aneka seafood. Bahan laut yang biasa dicampurkan antara lain udang, cumi, dan kerang. Hidangan ini banyak diminati pada waktu makan siang.

Makanan tersebut di atas baru sebagian kecil dari banyaknya hidangan khas Korea Selatan. Kira-kira adakah makanan favorit sobat Calakan di atas? Atau barangkali sobat punya daftar makanan khas Korea Selatan favorit sendiri? (RA Meinanda)

Berita Terkait

Image

Serupa Tapi Tak Sama, Lima Makanan Thailand dan Indonesia

Image

Mengenal Beragam Makanan Tradisional Belanda

Image

Yang Boleh dan Tak Boleh di Korea Selatan

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Lima Tragedi Mencekam Sepak Bola di Dunia

Mengenal Tes SAT

10 Tips Liburan ke Luar Negeri buat Pemula

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image