Saat Terbaik Berkunjung ke Korea Selatan

Melancong  

Umumnya, saat terbaik untuk berkunjung ke Korea Selatan adalah pada musim semi yaitu pada April, Mei dan Juni. Bisa juga pada September, Oktober dan November yaitu ketika musim gugur tiba. Pada kedua musim tersebut, matahari bersinar dan suhu kering yang bersahabar.

Tidak seperti kebanyakan lokasi wisata di Asia, cuaca di Korea Selatan cukup mudah untuk diprediksi. Hanya sedikit daerah tertentu yang suhunya berbeda namun secara umum selama satu tahun dibagi menjadi empat musim. Ada musim semi yang menyenangkan (April hingga Juni), musim panas yang lembab dan basah (Juli hingga Agustus), musim gugur yang menyegarkan (September hingga November), dan musim dingin yang sangat dingin, bersalju namun kering (Desember hingga Maret)

Perbedaan suhu regional utama di Korea Selatan disebabkan oleh lokasi kawasan pedalaman di tempat yang tinggi dan garis pantainya yang lebih hangat, tetapi lebih berangin. Jepang dan Cina melindungi banyak kawasan di Korea Selatan dari serangan topan tetapi ada satu atau dua lokasi yang terkena topan sepanjang tahun dalam bulan-bulan di musim panas. Mari kita lihat kondisi setiap musim satu per satu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

foto : dok. republika.co.id

Musim semi (Spring)

Musim ini terjadi pada April hingga Juni. Musim semi seringkali dianggap sebagai saat terbaik dalam setahun untuk berkunjung ke Korea Selatan dengan rata-rata suhu udara 15-18 derajat Celcius. Selama musim ini bulang-bunga bermekaran dan kawasan hijau dipenuhi dengan mekarnya bunga sakura yang menyenangkan, terutama di kota Gyeongju. Jarang terjadi cuaca berubah seketika sehingga pada musim ini dilakukan banyak festival atau acara sejenisnya.

Musim Panas (Summer)

Musim ini biasanya terjadi pada Juli hingga Agustus. Waktu-waktu ini menjadi saat terpanah di Korea Selatan dengan suhu antara 23-30 derajat Celcius. Namun, saat ini juga merupakan waktu paling basah dengan hujan muson yang membawa sebagian kawasan negeri ini mengalami hujan tahunan pada bulan-bulan tersebut. Musim panas juga sangat lembab sehingga kita kemungkinan akan mencari ruangan ber-AC atau pergi ke pantai untuk mendinginkan diri seperti ke Busan, Haeundae Beach atau mungkin berlibur ke kawasan selatan, Pulau Jeju.

Musim Gugur (Autumn)

Setelah panas yang lembab dan musim hujan berlalu, Korea Selatan disemarakkan lagi dengan berbagai perayaan dan festival. Nuansa oranye dan paprika merah yang menakjubkan merupakan pemandangan musim gugur - khususnya di seluruh Taman Nasional negara seperti Songnisan, Jirisan, dan Seoraksan. Musim gugur ini biasanya terjadi pada September hingga November.

Selama Oktober, cuaca biasanya cukup sejuk sehingga mengenakan kaos di siang hari di resor tepi laut Jeju - dan bahkan di kawasan yang lebih tinggi di perbukitan , masih bisa dilakukan. Namun setelah itu, Anda harus mengenakan beberapa lapis pakaian. Suhu yang sejuk (rata-rata 19-21 derajat Celcius), curah hujan yang rendah, dan keindahan alam membuat musim gugur menjadi saingan kuat musim semi sebagai waktu terbaik untuk mengunjungi Korea Selatan.

Musim Dingin (Winter)

Korea Selatan memang negeri yang ekstrem dan tidak ada yang lebih jelas dari penurunan suhu yang tiba-tiba yang dibawa musim dingin. Dari suhu tertinggi di musim panas 30°C, suhu di musim dingin kadang-kadang bisa turun hingga -20°C di wilayah utara Provinsi Gangwon-d. Meskipun suhu di sepanjang pantai selatan dan Pulau Jeju bisa lebih ringan secara signifikan.

Jatuh antara Desember dan Maret, musim dingin yang panjang sangat dingin tetapi relatif kering, dan tentu saja menawan. Salju putih dapat menciptakan pemandangan romantis yang dapat Anda nikmati tanpa keramaian musim semi yang mengganggu. Penggemar olahraga musim dingin dapat menikmati ski dan snowboarding di resor ski di Provinsi Gyeonggi-do dan di Gangwon-do yang memiliki curah salju tahunan lebih tinggi dari rata-rata.

Nah, jadi kapan akan berwisata ke Korea Selatan?

Berita Terkait

Image

Rekomendasi Wisata Pantai di Selatan Jawa Tengah

Image

Menikmati Pesona 5 Kota Kecil di Jerman

Image

Pesona Turkiye, Lebih Dari Sekedar Cappadocia

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Lima Tragedi Mencekam Sepak Bola di Dunia

Mengenal Tes SAT

10 Tips Liburan ke Luar Negeri buat Pemula

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image