10 Kota Paling Terjangkau di Inggris Raya untuk Studi

Umum  

Sudah bukan rahasia lagi, kalau biaya hidup di Inggris Raya atau United Kingdom (UK) bisa dikategorikan mahal. Mata uang mereka, pound sterling, menduduki peringkat kelima sebagai mata uang dengan nilai tertinggi. Meski begitu, negeri Ratu Elizabeth II tersebut tetap menjadi magnet bagi lebih dari 600 ribu pelajar internasional. Nah, apakah sobat Calakan memiliki ketertarikan yang sama untuk kuliah di Inggris Raya? Kalau ya, sepuluh kota berikut bisa jadi pilihan hemat, berdasarkan riset Natwest Student Living Index.

foto : dok. republika.co.id

1. Sheffield

Sheffield adalah sebuah kota dengan luas area 122.5 km2. Letaknya di distrik South Yorkshire, Inggris dan merupakan rumah bagi The University of Sheffield. Biaya hidup per bulan di kota kecil ini sekitar £650 di luar biaya sewa tempat tinggal. Sewa tempat tinggal jika memilih di asrama kampus, harganya sekitar £442 per bulan. Namun apabila ingin memilih akomodasi di luar kampus, kamu dapat menyiapkan dana minimal sekitar £300 - £500.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Cambridge

Sobat Calakan tentu pernah mendengar University of Cambridge, bukan? Salah satu universitas paling high-profile, karena menduduki peringkat ke-3 yang terbaik di dunia. Kampus tersebut berlokasi di kota Cambridge. Menurut Natwest Student Living Index, Cambridge adalah kota kedua termurah untuk pelajar,dengan harga sewa apartemen berkisar £480 - £800 per bulan. Sedangkan untuk biaya makan, transportasi, kebutuhan bulanan, hiburan, dsb., sekitar £716.

3. Glasgow

QS World Universities Ranking mencatat bahwa University of Glasgow berada di posisi 73 dunia. Setiap tahunnya ada sekitar 1.500 pelajar internasional yang berkuliah di sana. Menurut laman Expatisan, biaya hidup di Glasgow lebih mahal 10% dibandingkan Cambridge. Apabila dibandingkan dengan London, Glasgow lebih murah sebesar 43%.

4. Oxford

University of Oxford menuliskan bahwa pada 2022 – 2023, biaya hidup pelajar di kota Oxford ditaksir antara £1,215 - £1,775 per bulan. Angka tersebut sudah mencakup biaya sewa tempat tinggal, sekitar £680 - £810.

5. Birmingham

Biaya minimal yang harus disiapkan untuk sewa apartemen di Birmingham adalah £778. Sebagai kota kedua terbesar di Inggris, Birmingham juga menawarkan banyak pilihan murah untuk kebutuhan sehari-hari.

6. Exeter

Exeter adalah sebuah kota kecil di Inggris sebelah barat daya. Tempat bagi University of Exeter berdiri. Banyak pelajar internasional yang menuntut ilmu dan tinggal di sana, karena kampus sendiri menawarkan fasilitas akomodasi yang lengkap dan terjangkau. Namun jika ingin tinggal di Exeter, diperlukan biaya hidup setidaknya £660 dan biaya untuk sewa apartemen sekitar £744.

7. Durham

Pusat kota Durham didominasi oleh pelajar. Untungnya jarak dari satu tempat ke tempat lain mayoritas dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Setidaknya para pelajar di sana bisa hemat biaya transportasi dan mengalokasikannya untuk akomodasi.

8. Nottingham

Biaya akomodasi di Nottingham paling rendah sekitar £660. Hal tersebut dipengaruhi juga dari segi lokasi, apakah dekat atau terletak di pusat kota, fasilitas yang ada di sekitarnya, dan lain sebagainya. Nottingham University sendiri menjadi rumah bagi puluhan ribu pelajar dan staf internasional.

9. Leicester

Biaya hidup di Leicester cukup variatif. Diperkirakan untuk tinggal di fasilitas kampus (asrama), memakan biaya £1,105 all-in, sedangkan jika memilih untuk tinggal di luar kampus biayanya sekitar £945 per bulan.

10. Manchester

Manchester bukan hanya jadi asal klub sepak bola Mancheste United (MU), tapi juga bagi para pelajar internasional. The University of Manchester menyediakan akomodasi bagi para mahasiswanya yang dapat disewa per tahun sekitar £4,460 - £6,895.

Kalau dirupiahkan, memang jadi lumayan kisaran harganya ya, Sobat. Nah, Kalau sobat Calakan berkesempatan untuk menimba ilmu di Inggris Raya, kira-kira mau pilih tinggal di mana, nih? (AR Meinanda)

Berita Terkait

Image

Lima Makanan Khas Inggris yang Mengundang Selera

Image

7 Cara Untuk Menikmati Kota London

Image

Enam Pilihan Beasiswa Ke Inggris Selain Chevening

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image