Beasiswa Chevening 2023/2024 Dibuka, Kesempatan Kuliah S2 Ke Inggris Gratis!

Umum  

Inggris dengan deretan kampus kelas dunianya selalu jadi kiblat dan tujuan pelajar Indonesia. Tiap tahunnya mereka berlomba untuk mendapat beasiswa agar bisa kuliah gratis di Inggris. Dari berbagai beasiswa yang ditawarkan untuk kuliah di negeri Ratu Elizabeth II tersebut, Chevening Scholarship merupakan salah satu beasiswa paling prestisius dan kompetitif untuk jenjang S2 (magister).

foto : dok. republika.co.id

Tahun ini Chevening kembali dibuka untuk tahun akademik 2023/2024. Bagi para pemburu beasiswa, sudah boleh mendaftar mulai tanggal 2 Agustus 2022. Pastikan berkas-berkas yang dibutuhkan sudah siap ya, sobat Calakan. Kalau belum semua terkumpul, masih ada waktu untuk melengkapi sampai dengan tanggal 1 November, 2022 pukul 12.00 siang waktu Inggris.

Kriteria kelayakan yang harus diperhatikan untuk mendaftar Chevening, antara lain:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

- Warga Negara Indonesia dan tidak memegang dwikewarganegaraan Inggris.

- Merupakan lulusan sarjana (S1).

- Memiliki pengalaman bekerja minimal 2.800 jam atau setara dengan dua tahun pengalaman kerja; boleh sebagai pekerja tetap atau gabungan dengan kerja paruh waktu, magang, dan sukarelawan.

- Belum pernah mendapat beasiswa dari Pemerintah Inggris.

- Sudah mendaftar ke tiga program studi (prodi)/universitas di Inggris.

- Penerima beasiswa harus kembali ke negara asal untuk berkontribusi minimal dua (2) tahun setelah lulus kuliah.

- Bukan merupakan karyawan, mantan karyawan, atau kerabat/relasi dari karyawan yang dalam dua tahun terakhir bekerja di Pemerintahan Inggris dan negara persemakmurannya.

Adapun persyaratan umum yang harus dipenuhi:

- Mengisi formulir pendaftaran secara daring yang tersedia di laman resmi Chevening.

- Mengunggah ijazah atau transkrip nilai asli tanpa perlu diterjemahkan.

- Mengunggah CV terbaru.

- Memiliki dua surat rekomendasi dari dua orang berbeda.

- Mendapat/memiliki satu LoA Unconditional (Letter of Acceptance) dari tiga prodi yang didaftar, setidaknya pada tanggal 13 Juli 2023

- Menulis empat esai sesuai topik dan jumlah kata yang ditentukan.

- Memiliki paspor aktif.

Untuk mendaftar beasiswa Chevening sudah tidak diperlukan lagi melampirkan IELTS, TOEFL, PTE, atau tes bahasa Inggris setara lainnya. Peraturan tersebut berlaku sejak 2020, akan tetapi tes tersebut sangat dibutuhkan untuk mendapatkan LoA dari kampus-kampus Inggris, serta agar bisa mendapatkan visa studi Tier-4. Minimal band IELTS atau skor TOEFL yang dibutuhkan, berbeda tiap program studi. Jadi, silakan cek langsung ke situs web kampus tujuan.

Kuntungan Berlimpah

Dengan persyaratan tersebut di atas, belum lagi seleksi ketat dari pihak pemberi beasiswa, para awardee berhak menerima keuntungan berlimpah. Keuntungan yang tidak bisa terhitung oleh uang adalah akses ke pendidikan terbaik kualitas dunia, kesempatan menjalin jejaring eksklusif dengan teman-teman baru di kampus dan sesama alumni Chevening yang mencapai lebih dari 50 ribu orang dari seluruh dunia. Pengetahuan dan networking luas bisa jadi bekal penting saat pulang untuk mengasah ide, membuat perubahan positif, dan karier cemerlang.

Selain itu, tentu saja Chevening juga akan membiayai kuliah magister selama satu tahun secara penuh; termasuk biaya buku dan penyusunan tesis. Perihal biaya hidup, seperti makan, tempat tinggal, transportasi, pulsa handphone, asuransi kesehatan pun masuk dalam jaminan Chevening. Tidak berhenti di sana, Chevening awardee masih akan menerima tunjangan tiket pesawat pulang pergi, ada juga yang dinamakan tunjangan kedatangan dan keberangkatan apabila kelebihan bagasi saat di bandara, biaya pengajuan visa, ongkos untuk acara-acara gathering Chevening, sampai dengan biaya kontribusi tes kesehatan (TB testing) sebelum keberangkatan.

Bagaimana, mantap bukan? Agar bisa mendapatkan semua keuntungan tersebut, sobat Calakan perlu bekerja keras untuk bisa memenuhi setiap syarat dan kriteria yang diinginkan oleh Chevening. Menggali info sedalam-dalamnya mengenai beasiswa yang diincar, sudah jadi kewajiban para pemburu beasiswa. Percayalah bahwa usaha yang disertai doa, tidak akan mengkhianati hasil. Selamat mencoba! (AR Meinanda)

Berita Terkait

Image

Lima Peluang Kerja Paruh Waktu di LN

Image

6 Beasiswa yang Terbangkan Kita ke Korea Selatan

Image

Enam Pilihan Beasiswa Ke Inggris Selain Chevening

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image