Begini Cara Registrasi Duolingo English Test

Umum  

Pelajar yang ingin belajar atau pekerja yang ingin menggapai kesempatan bekerja di lingkungan berbahasa Inggris, seringkali harus membuktikan kemahiran merek dalam berbahasa Inggris. Tes bahasa Inggris paling populer adalah IELTS dan TOEFL. Namun sejak pandemi covid-19, Duolingo English Test (DET) mengisi pos kosong IELTS dan TOEFL yang tak berdaya karena aturan lockdown. Hal ini dikarenakan kedua jenis tes tersebut mengharuskan pesertanya hadir di suatu tempat (offline), tidak bisa dilakukan secara online.

Sebagai pendatang baru, kepopuleran DET terus menanjak. Saat ini hampir dua ribu universitas di seluruh dunia menerima DET sebagai bagian dari proses penerimaan mahasiswa. Beberapa universitas dunia yang menerima hasil tes Duolingo, antara lain Australian National University (Australia), Imperial College London (Inggris), dan University of Illinois, Urbana-Champaign (Amerika Serikat).

Persyaratan Tes

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebelum melakukan tes, sebaiknya peserta mempersiapkan segala persayaratan yang diperlukan, sebagaimana yang tercantum di laman resmi DET. Berikut adalah persyaratan tersebut.

- Siapkan tanda pengenal (KTP/Paspor/SIM).

- Ruangan tenang dengan pencahayaan terang.

- Komputer dengan kamera depan, speaker, dan microphone berfungsi baik.

- Koneksi internet stabil.

Peraturan Tes

Dalam pelaksanaan tes Duolingo, peserta juga harus mematuhi peraturan yang berlaku. Apabila terbukti tidak mengikuti arahan, maka Duolingo dapat membatalkan tes tersebut.

- Peserta hanya diperbolehkan menggunakan satu akun.

- Dalam ruangan hanya boleh ada peserta tes seorang diri.

- Wajah harus terlihat jelas dan telinga juga tidak boleh tertutup.

- Dilarang menggunakan headphone/earphone/perangkat apapun yang menutup telinga.

- Tidak boleh terganggu selama 60 menit pelaksanaan tes.

- Area tes harus kosong, tidak boleh ada perangkat lain; baik itu ponsel pintar, buku, atau alat tulis.

- Wajah harus tetap menghadap layar selama tes berlangsung.

- Dilarang menggunakan aplikasi atau piranti lunak apapun yang memungkinkan berbagi layar dan/atau kamera.

- Tidak menggunakan identitas orang lain.

Sebagai sebuah tes daring, Duolingo menerapkan aturan ketat untuk mencegah kecurangan. Duolingo meyakinkan institusi akan protokol keamanannya yang ketat dan siap membuktikan diri sebagai tes yang dapat diandalkan dan terpercaya.

Duolingo memperkenalkan kombinasi antara komputer dan AI (artificial intellegence/kecerdasan buatan) untuk memverifikasi identitas peserta tes. Teknologi lain yang juga disematkan dalam DET adalah pembatalan otomatis saat peserta mencoba keluar dari aplikasi tes untuk mengakses browser atau aplikasi lainnya. Duolingo juga akan memberikan sebuah video dan contoh tulisan peserta tes pada setiap sesinya untuk institusi terkait. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan pengetahuan komprehensif mengenai kemampuan bahasa peserta.

Registrasi Duolingo English Test

Proses registrasi DET cukup mudah. Ada empat langkah yang harus ditempuh peserta tes untuk mendaftar tes Duolingo.

Langkah 1: Buat akun di laman resmi Duolingo. Ketikkan alamat surel (e-mail), usia, dan kata kunci, lalu tekan tombol “selanjutnya/next”.

Langkah 2: Pada halaman berikutnya terdapat pertanyaan tentang minat atau tujuan pengambilan test dan pilihan jawabannya. Setelah memilih, tekan kembali tombol “selanjutnya/next”.

Langkah 3: Peserta harus mengisi survei. Peserta bisa memilih opsi jawaban lebih dari satu, setelah selesai baru tekan tombol “buat akun/create account”.

Langkah 4: Setelah proses membuat akun selesai, Duolingo akan mengarahkan ke halaman yang berisikan tiga opsi aktivitas. Pilihan pertama adalah latihan tes (practice test), yaitu simulasi DET gratis yang berdurasi 15 menit. Pilhan kedua adalah pembelian tes. Peserta boleh melakukan pembelian maksimal tiga (3) paket tes dalam jangka waktu 30 hari. Setelah membeli, peserta diberi keleluasaan waktu pengambilan tes, bisa kapan saja dan di mana saja asal sesuai syarat dan aturan yang berlaku. Setelah pembelian, ada batas waktu 21 hari per paket untuk melaksanakan tes. Pilihan ketiga adalah opsi pengambilan tes. Apabila sudah membayar, peserta dapat mengunduh (download) aplikasi tes.

Duolingo English Test hadir sebagai alternatif yang lebih hemat dan ringkas dibandingkan IELTS atau TOEFL. Saat ini harga tes Duolingo dibanderol $49 atau sekitar Rp732.000. Metode pembayarannya melalui debit/kredit atau paypal. Hasil tes akan diumumkan 48 jam setelah pelaksanaan tes, yang dikirimkan ke surel peserta. Sama seperti IELTS dan TOEFL, sertifikat Duolingo berlaku selama dua tahun. (AR Meinanda)

Berita Terkait

Image

Tips Singkat Belajar Bahasa Inggris

Image

Tau Nggak? Bahasa Indonesia Ada Ujian Kompetensinya Lho!

Image

Mengenal Tes SAT

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image