Duolingo English Test, Seperti Apa?

Umum  

Tidak sedikit calon mahasiswa yang ingin daftar beasiswa dan kuliah ke luar negeri harus gigit jari, lantaran pandemi menghentak dunia pada awal 2020. Agenda pembukaan beasiswa jadi terhambat, pun dengan penerimaan mahasiswa di tingkat universitas. Selain itu, banyak penyelenggara tes keterampilan bahasa Inggris (english proficiency test), seperti IELTS dan TOEFL, membekukan kegiatan mereka. Dalam kondisi serba terbatas itu, nama Duolingo English Test (DET) muncul ke permukaan.

Duolingo adalah sebuah aplikasi latihan bahasa yang sangat populer di dunia. Jumlah penggunanya ditengarai mencapai 500 juta orang. Meskipun memiliki area premium/berbayar, tapi si aplikasi burung hantu ini memanjakan pengguna dengan akses ke fitur-fitur gratis yang melimpah dan membantu perkembangan keterampilan bahasa penggunanya. Tidak hanya itu, orang juga bisa belajar dengan menyenangkan di Duolingo.

Sebagai platform belajar bahasa, Duolingo mengembangkan juga sebuah sistem tes keterampilan bahasa Inggris. Pada 2016, Duolingo English Test (DET) diperkenalkan pada para pengguna aplikasi Duolingo. Saat pandemi melanda, popularitasnya makin naik dan hampir 2 ribu universitas mengakui validitas tesnya. Hal tersebut jadi ajang pembuktian diri bahwa tes Duolingo juga reliable, hingga bisa jadi alternatif bagi para calon mahasiswa.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dengan memanfaatkan teknologi, Duolingo menciptakan kemudahan sistem uji keterampilan bahasa Inggris. Apabila dibandingkan dengan IELTS dan TOEFL yang memakan waktu 3,5 jam untuk pelaksanaan tes, maka DET hanya butuh waktu 1 jam saja. Tes bisa dilakukan di rumah dengan spesifikasi perangkat (laptop) yang tidak perlu wah; asal kamera berfungsi baik, sama halnya dengan microphone, speaker, dan koneksi internet stabil. Kecepatan internet di bawah 10 Mbps pun tidak masalah.

Duolingo English Test dilaksanakan menggunakan teknologi komputer adaptif. Artinya tingkat kesulitan soal disesuaikan dengan masing-masing peserta tes, tergantung dari jawaban yang diberikan. Selama kurang lebih satu jam, peserta harus menaklukkan berbagai soal yang memetakan kemampuan menyimak (mendengar), membaca, menulis, dan bicara.

Tipe-tipe soal yang dihadirkan juga beragam dan cukup menantang. Contohnya untuk menilai kemampuan menyimak, ada soal yang mengharuskan peserta menuliskan pernyataan yang dia dengar. Untuk mengukur bendahara kosa kata yang dimiliki, ada tes berupa memilih kata-kata bahasa Inggris yang benar. Pada bagian menulis, ada tipe soal yang mengharuskan peserta mendeskripsikan sebuah gambar dengan minimum jumlah kata yang sudah ditentukan. Saat bagian berbicara, beberapa tipe soal ada yang disuruh membaca teks dan ada juga bagian saat peserta harus mengutarakan ide atas suatu topik.

Skala skor Dualingo English Test adalah 10 – 160. Selain overall score, dalam sertifikat juga akan tercetak subscore. Tidak seperti IELTS ataupun TOEFL-IBT, yang membagi subjek menjadi listening, reading, writing, dan speaking, Duolingo memilih untuk mengkombinasikannya. Ada yang disebut dengan literacy yang artinya adalah gabungan dari kemampuan membaca dan menulis, comprehension merupakan gabungan kemampuan mendengar dan membaca, conversation artinya mampu bicara dan menyimak, terakhir adalah production, yaitu kemampuan menulis dan berbicara.

Apabila sobat Calakan berminat untuk daftar Duolingo English Test, maka siapkan tanda pengenal. Boleh paspor, SIM, atau KTP. Dana yang harus disiapkan untuk tes ini adalah $49 atau sekitar Rp732.000, belum termasuk pajak. Hasil akan didapatkan melalui surat elektronik (surel) dalam waktu 48 jam setelah tes. Peserta juga diperbolehkan untuk melakukan tiga kali tes dalam rentang waktu satu bulan. Sertifikat DET ini berlaku selama dua tahun. Nah, bagi yang ingin mendaftar ke universitas, Duolingo menyediakan fitur pengiriman ke universitas-universitas tujuan tanpa ada biaya tambahan. Tinggal klik kampus yang ada dalam daftar rekanan Duolingo.

Sebelum mengambil tes yang sesungguhnya, akan lebih baik jika melakukan persiapan terlebih dulu. Bukan hanya kemampuan bahasa Inggris yang perlu disiapkan, tapi juga mengenali tipe soal dalam DET dan menyusun strategi menjawabnya agar bisa selesai tepat waktu. Untuk itu, Duolingo juga sudah menyediakan latihan/simulasi tes via website dan gratis. Cara pendaftaran Duolingo bisa dicek di sini. Bagaimana, tertarik untuk mencoba? (AR Meinanda)

Berita Terkait

Image

Lima Peluang Kerja Paruh Waktu di LN

Image

6 Beasiswa yang Terbangkan Kita ke Korea Selatan

Image

Enam Pilihan Beasiswa Ke Inggris Selain Chevening

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image