Banyak Pilihan Beasiswa di Italia, Apa Saja?

Umum  

Italia merupakan salah satu tujuan favorit pelajar internasional. Ada banyak hal yang jadi keunggulan, misalnya termasuk negara dengan biaya kuliah dan hidup murah di Eropa. Rata-rata biaya kuliah di sana berkisar 850 EUR sampai 1500 EUR per tahun. Biaya hidupnya rerata 700 EUR sampai 1200 EUR per bulan, tergantung dari gaya hidup seseorang dan kota tempat dia tinggal. Hal tersebut sudah barang tentu jadi faktor penting untuk dipertimbangkan saat ingin kuliah ke luar negeri.

foto : dok. republika.co.id

Daya tarik berikutnya bagi ribuan pelajar internasional untuk kuliah di Italia adalah kualitas pendidikan yang merata dan tersedia program dengan pengantar bahasa Inggris. Kurang lebih 97 universitas tersebar di seluruh kota, tanpa ada penerapan sistem ranking dari pemerintah. Jadi, kampus manapun yang dipilih, mahasiswa akan mendapatkan kualiatas pendidikan yang sama. Namun di luar Italia, 40 universitas negara pizza itu sukses masuk ranking dunia yang diterapkan World University Ranking.

Selain dari kualitas pendidikan yang dimiliki, keindahan alam, kelezatan kuliner, dan gaya hidup santai yang dimiliki Italia menjadi magnet tersendiri. Mahasiswa dapat dengan mudah mengelola stres dan menyeimbangkan kehidupan akademik dan non-akademik. Di setiap sudut kota ada saja arsitektur yang menuai decak kagum, galeri seni, museum, dan kemudahaan untuk traveling ke pedesaan senantiasa membuat para pelajar Internasional jatuh cinta dan betah tinggal di Italia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lantas apalagi keunggulan yang ditawarkan Italia untuk mereka yang ingin menimba ilmu di sana? Meski termasuk salah satu negara Eropa dengan biaya kuliah dan hidup murah, negara yang dibatasi Laut Mediterania itu juga membuka pintu masuk bagi para pemburu beasiswa. Berikut adalah beasiswa-beasiswa yang tersedia untuk kuliah di Italia.

LPDP

Beasiswa dari pemerintah Indonesia ini siap membiayai penuh kuliah S-2 dan S-3 di Italia. Ada sembilan universitas Italia yang masuk dalam daftar LPDP, di antaranya University of Bologna, Politecnico di Milano, Sapienza University of Rome, Università degli studi di Padova, dan Politecnico di Torino. Terdapat dua tahap pembukaan untuk pendaftarannya; tahap pertama biasanya berlangsung pada Februari atau Maret, sedangkan LPDP tahap kedua dibuka pada setiap Juli atau Agustus.

Erasmus+

Erasmus+ adalah beasiswa yang diberikan oleh Uni Eropa khusus untuk pelajar dari luar Uni Eropa yang berminat kuliah magister di negara-negara Uni Eropa. Pembiayaan yang ditawarkan masuk dalam kategori beasiswa penuh (fully-funded). Pendaftaran untuk beasiswa Erasmus+ dibuka sekitar September sampai Desember dan umumnya tenggat pendaftaran disesuaikan dengan batas akhir dari program studi universitas yang dituju.

Invest Your Talent

Kementerian Luar Negeri Italia bekerja sama dengan universitas-universitas dan berbagai perusahaan Italia memberikan beasiswa Invest Your Talent (IYT), untuk pelajar-pelajar internasional berprestasi terpilih. Beasiswa ini khusus untuk jenjang magister dan doktoral dengan pilihan jurusan bisnis & ekonomi, teknik (engineering), advanced technology, hospitality, dan desain. Terdapat batas usia untuk bisa mendaftar beasiswa IYT dan penerima beasiswa akan diwajibkan untuk magang di salah satu perusahaan mitra. Apabila berminat, silakan tunggu pembukaan pendaftaran beasiswa ini sekitar Januari atau Februari.

MAECI

Beasiswa MAECi diprakarsai oleh Kedutaan Luar Negeri Italia. Beasiswa ini juga menyasar calon mahasiswa S-2 dan S-3 untuk kuliah dan melakukan riset di Italia. Pendaftar haruslah berusia maksimal 28 tahun. Beasiswa MAECI terbuka untuk semua jurusan dan proses aplikasi biasanya dimulai sekitar April atau Mei.

DSU Allertie

Berbeda dari beasiswa yang sudah disebutkan sebelumnya, DSU Allertie menyasar pelajar internasional yang sudah tinggal di Italia. Penerima beasiswa dapat langsung mendaftar dan mengurus keperluannya langsung di Italia, tanpa harus pulang ke negeri asal terlebih dulu.

Beasiswa Universitas

Selain dari beasiswa pemerintah ataupun lembaga lain, universitas-universitas di Italia juga menawarkan bantuan biaya. Kategorinya bervariasi, mulai dari beasiswa penuh sampai parsial. Program yang boleh didaftar mulai dari sarjana, magister, dan doktoral. Informasi pembukaannya bervariasi dan dapat langsung dicek ke laman dari masing-masing universitas.

Kesempatannya sudah banyak tersedia, sekarang tergantung apakah sobat Calakan mau bekerja keras untuk merebut kesempatan itu dan menjadikannya kenyataan. Tips yang perlu diketahui saat mendaftar beasiswa Italia, penilaiannya banyak menitikberatkan pada motivation letter. Maka, selain mempersiapkan nilai akademik yang baik dan dokumen penunjang lainnya, bersiaplah juga untuk menulis surat motivasi yang menunjukkan kesungguhan dan kualitas pribadi yang dimiliki sobat Calakan. (AR Meinanda)

Berita Terkait

Image

Beasiswa Kuliah di Negeri Gajah Putih

Image

Ke Kanada dengan Beasiswa The University of Winnipeg Presidents Scholarship

Image

Beasiswa Chinese Government Scholarship untuk S2 dan S3

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image