Empat Langkah Memilih Jurusan Kuliah

Tips  

Memilih jurusan kuliah merupakan salah satu hal krusial dalam dinamika hidup seorang pelajar. Bagaimana tidak? Hal tersebut akan berpengaruh paling sedikit empat tahun ke depan saat menjalani perkuliahan. Apakah siswa tersebut dapat menikmati kehidupannya sebagai mahasiswa atau tidak? Untuk jangka panjang, pemilihan jurusan kuliah sangat mempengaruhi profesi yang akan digeluti dalam sisa hidupnya dan nilai ekonomi ingin dicapai.

foto : dok. republika.co.id

Maka jelas kalau memilih jurusan kuliah tidak boleh main-main. Seorang siswa yang akan naik kelas menjadi mahasiswa, sudah sepatutnya mempertimbangkan hal tersebut jauh-jauh hari. Minimal saat pertama duduk di bangku Sekolah Menengah Atas, sudah sewajarnya mempersiapkan segala sesuatu untuk menjemput masa depan.

Berikut langkah-langkah yang dapat diikuti untuk menghindari salah jurusan. Karena bagi sebagian orang, salah memilih jurusan bisa berujung penyesalan yang panjang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Temukan Minat (Passion)

Jurusan kuliah memiliki andil besar dalam pembentukan mental dan kesiapan seorang mahasiswa untuk masuk ke dunia kerja ataupun melanjutkan jenjang magister setelah lulus. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, maka masuk akal jika bidang yang dipilih sebaiknya sesuai dengan minat dan keterampilan yang dimiliki. Jadi, pikirkan passion atau minat yang selalu ingin dilakukan dan selalu ingin dipelajari. PIkirkan hal yang membuat sobat Calakan tertantang dan bersemangat untuk mempelajari dan mengerjakannya. Hal ini bisa didiskusikan bersama keluarga, teman-teman, dan/atau guru di sekolah, sebab terkadang kita tidak menyadari minat dan potensi yang dimiliki.

2. Pertimbangkan Karier

Setelah mengetahui minat, tidak salahnya berpikiran visioner tentang jenjang karier yang ingin dijalani setelah lulus nanti. Misalnya, sobat Calakan memiliki minat terhadap dunia kepenulisan, lalu ingin menjadi penulis novel atau copywriter seperti tokoh Kugy dalam novel “Perahu Kertas” karya Dee Lestari.

Tidak berhenti di situ, lanjutkan dengan mencari informasi penghasilan minimum sampai maksimum dari karier yang diinginkan. Kalau perlu, sobat bisa coba mengintip kehidupan kerja orang-orang pada bidang tersebut agar mendapat gambaran utuh. Pertimbangkan juga apakah prospek karier atau profesi yang ingin dijalani cukup baik? Sebab itu juga akan menentukan apakah harus mengambil pendidikan di dalam atau luar negeri.

3. Pilih Jurusan Kuliah

Saat sudah mengetahui passion dan karier yang ingin digeluti, tentukan jurusan yang sesuai untuk menunjang impianmu. Bisa jadi ada banyak opsi jurusan yang dapat mendukung rencana masa depanmu. Cari data dan informasi tentang setiap pilihan. Apa saja yang dipelajari, bagaimana proses perkuliahannya, apakah cukup membuatmu tertarik dan penasaran? Apakah membuatmu tertantang?

4. Pilih Kampus Terbaik

Kalau hati sudah mantap dengan jurusan yang ingin diambil, langkah selanjutnya adalah memilih kampus terbaik. Arti terbaik di sini, bukan saja ditentukan dari reputasi dan ranking secara umum. Sobat Calakan mesti jeli melihat kampus yang mempunyai reputasi baik di jurusan yang sobat pilih, punya barisan pengajar ahli, mata kuliah yang diajarkan bisa menunjang target (karier) yang ingin dicapai, dan memiliki lingkungan nyaman untuk belajar. Yang juga tak kalah penting adalah besaran biaya yang perlu dikeluarkan, serta opsi pembiayaan yang mereka tawarkan (cicilan, beasiswa, dll). Hal tersebut umumnya bisa dicek di website resmi kampus.

Semoga empat tips di atas bisa membantu sobat Calakan menentukan jurusan kuliah. Tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan banyak opsi. Sobat dapat mengambil keputusan dengan membuat daftar pro dan kontra. Oleh sebab itu, alangkah jauh lebih baik untuk mempersiapkan segalanya sedini mungkin, agar saat waktunya tiba, sobat tinggal sat set sat set daftar. (AR Meinanda)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image