Tiga Langkah Mudah Tingkatkan Listening in English

Tips  

Persoalan banyak orang di Indonesia saat berbahasa asing, khususnya Bahasa Inggris adalah ketidakberanian untuk berkata atau mengucapkan kata dan lebih jauh lagi, memulai percakapan. Umumnya hal ini disebabkan karena kurang percaya diri dan kurang bisa mendengarkan atau menangkap kata-kata yang disampaikan lawan bicara.

foto : dok. republika.co.id

Karena itu, penting untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan (listening) dalam bahasa Inggris ini sehingga kita bisa menangkap dengan baik kalimat yang disampaikan boleh lawan bicara kita. Nah, ada tiga cara mudah untuk meningkatkan kemampuan listening kita, untuk tahap awal.

1. Biasakan mendengarkan orang berbahasa Inggris melalui tayangan video

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hal ini mungkin sering kita lakukan saat menonton film. Namun, sebagian besar film yang diputar di Indonesia sudah ada terjemahannya. Nah yang disarankan dalam poin ini adalah mendengarkan orang berbicara dalam bahasa Inggris tanpa terjemahannya atau subtitle. Jadi kita dengarkan saja, mengerti atau tidak mengerti, kita dengarkan saja. Kita mendengarkan dengan seksama, sekitar 30 menit sampai satu jam setiap hari secara terus-menerus. Artinya, rutin setiap hari. Saat mendengarkan itu, kita mungkin akan menangkap sebagian kata yang diucapkan tetapi sebagian lain tidak bisa. Tidak apa-apa, tetap lanjutkan saja.

Mendengarkan orang berbahasa Inggris setiap hari, akan membuat telinga kita akrab dengan bahasa tersebut. Jika sudah demikian, kita tak akan merasa panik atau cemas saat dalam kehidupan nyata kita bertemu dan harus bercakap-cakap dengan orang asing menggunakan bahasa Inggris.

Hal ini dipahami karena memang sebagian kita merasa cemas atau deg-degan jika harus bertemu pihak asing karena kita tidak terbiasa mendengarkan.

2. Membaca dengan keras

Lho kok membaca? Iya, betul. Jika kita membaca dengan keras suatu teks dalam bahasa Inggris, telinga kita akan terbiasa mendengarkan kata-kata asing itu. Dengan demikian kita akan lebih mudah mengenalinya jika ada orang lain yang mengucapkannya.

Mungkin kita bilang bahwa bahasa Inggris kita jelek, pronounciation kita belum bagus atau khawatir salah, tidak ada masalah. Kita membaca untuk diri kita sendiri. Jika kita tahu bahwa kita salah, kita akan mencari tahu sendiri kesalahannya ada di mana. Saat ini google sudah menyediakan beragam informasi mengenai banyak hal, termasuk pronounciation tersebut.

Yang terpenting adalah praktiknya. Yaitu membaca teks dalam bahasa Inggris dengan suara keras sehingga kita bisa mendengar suara kita. Yang dibaca pun tak harus banyak atau tak harus teks yang sulit, cukup satu halaman dari apa saja. Bisa koran, bisa majalah, bisa buku cerita atau lainnya. Nah, jika ini dilakukan secara rutin, tanpa kita sadari kemampuan listening kita akan meningkat.

3. Menonton tayangan TED Talks

Ini adalah acara di kanal Youtube yang berisi tentang pidato orang-orang dari berbagai negara, dengan berbagai topik. Mereka bicara dengan beragam aksen. Mendengarkan TED Talks memberikan dua keuntungan utama, yaitu kita jadi lebih familiar dengan bahasa Inggris dari beragam aksen dan kedua, kita mendengarkan informasi tentang hal apapun yang kita sukai. Iya, di TED Talks ini banyak sekali tema, dan kita bisa pilih tema yang sesuai dengan minat kita. Dengan demikian, kegiatan mendengarkan kita menjadi lebih menyenangkan.

Dicoba ya.. dan rasakan hasilnya.

Berita Terkait

Image

Tips Singkat Belajar Bahasa Inggris

Image

Langkah-Langkah Belajar IELTS Autodidak (Bagian 2)

Image

Begini Cara Registrasi Duolingo English Test

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image