Melirik Beasiswa dari Pemerintah Korea

Umum  

Tahukah Anda bahwa Pemerintah Korea Selatan setiap tahunnya memberikan beasiswa hingga mencapai seribu lebih beasiswa, baik untuk S1 maupun pascasarjana? Kalau belum tahu, yuk cek informasinya di bawah ini.

foto: dok. republika.co.id

Nama beasiswanya adalah Global Korea Scholarship (KGSP) yang tujuannya adalah untuk meningkatkan pertukaran pendidikan internasional dan mempererat hubungan antarnegara. Beasiswa ini termasuk kategori fully funded karena meliputi biaya tiket pesawat, tunjangan perpindahan tempat tinggal, biaya hidup, asuransi kesehatan, sekolah bahasa, biaya kuliah, tunjangan kemampuan bahasa Korea, biaya penelitian, biaya pencetakan thesis atau disertasi, tunjangan kembali ke negara asal. Lumayan banget kan ya?

Jenis beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Korea ini adalah tiga macam, yaitu beasiswa sarjana S1, beasiswa pascasarjana dan beasiswa penelitian untuk dosen dan pascadoktoral. Jumlah beasiswa untuk sarjana S1 setiap tahunnya sebanyak 220 beasiswa dan 1.080 beasiswa untuk pascasarjana. Namun untuk beasiswa pascasarjana ini berubah-ubah setiap tahunnya sehingga harus dicek setiap kali ada pembukaan beasiswa.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Adapun persyaratan untuk mendaftar beasiswa KGSP ini untuk program S1 yang setiap tahunnya dibuka seiap Februari adalah :

1. Berusia maksimal 25 tahun pada 1 Maret tahun pembukaan program beasiswa

2. Sudah atau akan lulus SMA pada 1 Maret tahun pembukaan program beasiswa

Sementara syarat beasiswa untuk pascasarjana yang setiap tahunnya dibuka pada September adalah :

1. Berusia maksimal 40 tahun pada 1 September tahun pembukaan program beasiswa

2. Telah lulus sarjana atau magister pada 1 September tahun pembukaan program beasiswa

Sedangkan syarat umum untuk mendaftar beasiswa adalah :

1. Pendaftar dan orangtuanya tidak memiliki kewarganegaraan Korea

2. Tidak pernah lulus atau sedang kuliah di universitas di Korea Selatan

3. Sehat jasmani dan rohani untuk kuliah di Korea Selatan

4. Rata-rata IPK minimal 90% dan TOPIK minimal level 5

Mengenai cara pendaftarannya adalah dengan mengirimkan aplikasi dan dokumen persyaratan ke Kedutaan Korea Selatan atau universitas yang akan dituju di Korea Selatan (untuk program sarjana atau pascasarjana). Untuk pendaftaran penelitian mengirimkan aplikasi dan dokumen persyaratan ke universitas yang akan dituju di Korea Selatan.

Informasi lebih lanjut bisa mengontak [email protected] atau kunjungi situs berikut https://www.studyinkorea.go.kr/in/sub/gks/selectBoardList.do?bbsId=BBSMSTR_000000000461

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image