Menjajal Baso Japri di Tasikmalaya

Kuliner  

Bakso ini pernah viral di awal kemunculannya di Tasikmalaya. Meski sudah setahun berlalu tetapi bakso ini tetap ramai dikunjungi pembelinya. Karena itu, jika Anda berkunjung ke kota Tasikmalaya dan belum pernah mencicipinya, cobalah. Ada sensasi yang berbeda saat memilih menunya.

Iya, betul. Bakso ini lain dari yang pernah ada sebelumnya karena disajikan secara prasmanan. Kalau selama ini kita mengenal makan prasmanan ada di tempat undangan pernikahan atau di restoran yang menyediakan jenis makanan “all you can eat” maka bakso Japri ini mengusung konsep ini juga.

Kedai Bakso Japri ini ada di banyak lokasi di kota Tasikmalaya. Karena itu, jika ingin mencobanya, Anda cukup googling dengan kata kunci “baso japri” lalu akan muncul beberapa pilihan lokasi terdekat. Jadi, kalau penasaran, bisa langsung dicoba.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Saat kita tiba di kedai tersebut, kita akan langsung disambut oleh petugas yang bertanya, mau mie apa? Kita bisa jawab, yamin asin, yamin manis atau mie kuah. Lalu, mie pesanan kita pun akan diserahkan kepada kita, sesaat kemudian. Sambil menunggu, kita bisa melihat beragam baso yang dipajang. Kita bilang saja kepada pramusaji bahwa kita pilih baso urat, atau baso urat spesial, baso cincang dsb. Ada beberapa jenis yang bisa dipilih sesuai selera. Di etalasenya ditulis juga nama basonya plus harganya per biji. Setelah deretan baso, kita akan disuguhi beberapa jenis gorengan seperti pangsit isi keju, dll. Kita boleh pilih juga sambil menggeser nampan kita yang sudah berisi baso dan mie secara terpisah.

Setelah itu, kita harus membayar di kasir. Petugas akan menghitung mie yang kita pilih dan juga baso yang kita pilih. Lalu satu petugas lain, akan mengambil mangkuk baso atau mangkuk mie kita untuk diisi dengan kuah. Pilihannya ada dua, kuah gurih atau kuah pedas. Kita juga akan ditanya, apakah akan menggunakan bawang daun, seledri dan bawang goreng bersama dengan kuah tersebut. Sambil membayar mie baso yang kita pesan, kita dapat sekaligus memesan minuman. Namun jika kita tidak pesan minum pun, tak masalah karena ada disediakan segelas teh tawar hangat untuk setiap porsi yang kita pesan. Rasanya nikmat kok, air teh tawar ini diminum seusai menyantap baso.

Secara umum jika kita membeli satu porsi mie baso tanpa minum, harganya berkisar antara Rp 20 ribu - 30 ribu per mangkuk. Jadi harga ini benar-benar tergantung pilihan kita. Bahkan bisa lebih murah dari Rp 20 ribu jika kita hanya membeli satu jenis baso saja. Rasa mienya enak, karena mie tersebut khas baso Tasikmalaya. Namun untuk basonya, sangat sesuai selera kita meskipun secara umum enak.

Nah, tunggu apalagi? Yang belum mencoba, pastikan untuk mencobanya ya baso japri ini, yang ternyata japri ini adalah singkatan dari jajanan pribumi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image