Membuat Motivation Letter? Pastikan Kamu Tahu Ini

Umum  

Salah satu persyaratan untuk melamar kampus di luar negeri atau melamar beasiswa studi, adalah membuat motivation letter atau surat motivasi. Ini tentu saja, di luar persyaratan lainnya seperti mengisi form aplikasi, menyiapkan bukti kemampuan bahasa Inggris, dan persyaratan administrasi lainnya.

ilustrasi dok. republika.co.id

Nah, banyak yang bertanya.. bagaimana cara membuat motivation letter ini. Adakah formatnya? Apa saja isinya? Dan pertanyaan lainnya. Yuk kita cek beberapa hal berkaitan dengan motivation letter ini.

1. Contoh atau template Motivation Letter

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebenarnya, tidak ada template baku untuk Motivation Letter ini. Artinya, kita bisa membuatnya sendiri dengan format sendiri atau kita justru harus mengecek di website kampus atau pemberi beasiswa, mengenai template tersebut. Jika memang tersedia, maka kita harus menyesuaikan template sesuai yang diminta. Tapi jika tidak template yang tersedia, maka kita bebas membuat motivation letter tersebut.

2. Bentuk Motivation Letter

Jika kita harus membuat sendiri motivation letter tersebut, tak usah cemas dengan bentuknya. Anda bisa berselancar di internet dan memasukkan kata kunci motivation letter dan akan ditemukan banyak contoh dan pilihan. Ambil salah satunya yang paling sesuai. Tapi INGAT bukan mengambil isinya, tapi mengambil template-nya, mengambil cara menuliskannya. Jadi kita punya bayangan atau gambaran seperti apa motivation letter yang akan kita buat. Sekali lagi, Jangan pernah sekalipun berpikir untuk copy paste (copas) dari sumber di internet tersebut berkaitan dengan isinya. Hal ini dikarenakan motivation letter sifatnya sangatlah personal, jadi tidak bisa di-copas begitu saja. Alasan lainnya, mesin pengecek plagiarisme akan dengan mudah mengecek hal tersebut. Kalau ini terjadi, peluang Anda untuk diterima di kampus tersebut atau peluang untuk mendapatkan beasiswa, akan hilang seketika. Jadi, jangan pernah mengambil risiko untuk hal tersebut.

3. Isi Motivation Letter

Umumnya, hal-hal yang ingin perlu ditampilkan dalam motivation letter adalah motivasi kita untuk melanjutkan studi. Kita perlu menjelaskan alasan yang masuk akal dan rasional mengenai alasan ingin studi di kampus tersebut/mendapatkan beasiswa tersebut. Kita jelaskan dalam bahasa yang mudah dimengerti, sederhana tetapi mempunyai visi dan misi yang jelas. Sederhana bukan berarti biasa saja, tetapi kata-kata yang digunakan tidak berbelit-belit. Sebagian motivation letter memberikan batasan jumlah kata yang harus dituliskan. Jika tidak ada penjelasan yang pasti, kita gunakan batasan umumnya.

Nah, semoga informasi ini memperjelas mengenai pembuatan motivation letter yang ingin dibuat. Ingat, buatlah sespesial mungkin dan sepersional mungkin.. sebab motivation letter adalah cerminan diri kita; tidak ada satu orangpun di dunia ini yang sama dengan kita bukan? Demikian juga motivation letter ini

Berita Terkait

Image

Lima Peluang Kerja Paruh Waktu di LN

Image

6 Beasiswa yang Terbangkan Kita ke Korea Selatan

Image

Enam Pilihan Beasiswa Ke Inggris Selain Chevening

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image