Berlibur ke Kebun Binatang Bandung

Melancong  

Libur sekolah telah tiba. Saatnya mengajak anak-anak bermain untuk mengisi liburan. Untuk warga Bandung dan sekitar, jika belum ada rencana untuk mengisi liburan kali ini, mengapa tidak mencoba untuk berwisata edukasi ke Kebun Binatang Bandung (KBB)?

memberi makan rusa adalah kegiatan menarik yang bisa dilakukan di KBB

Lokasi KBB ini sangat strategis karena berada tak jauh dari pusat kota, tepatnya di JalanTamansari No 17, Bandung, berrsebelahan dengan kompleks kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) yang merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia. Untuk menjangkau KBB ini pun mudah, ada beberapa trayek angkot yang melintas di depannya.

Tiket masuk ke KBB ini adalah Rp 50 ribu per orang. Untuk rombongan dengan jumlah peserta 30 orang, harganya menjadi Rp 40 ribu per orang plus satu orang gratis. Jadi jika rombongannya berjumlah 31 orang, maka membayar hanya Rp 40 ribu per orang untuk 30 orang saja. Lumayan ya?

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Di dalam KBB, kita bisa menemukan beragam hewan baik yang buas maupun yang jinak. Mulai dari harimau, buaya, macan tutul, beruang madu hingga burung pelikan. Tak ketinggalan ada unta, jerapah, gajah dan ular. Berkeliling di dalam KBB ini lumayan membuat kaki pegal-pegal bagi yang tidak terbiasa berolah raga. Untunglah, di dalam KBB ini banyak taman rindang sehingga meskipun berjalan kaki jauh tetapi tetap terasa teduh. Jika lapar atau haus, ada beberapa kedai penjual makanan dan cemilan. Namun, tak ada salahnya juga membawa makanan sendiri karena pilihan menu yang ditawarkan kedai-kedai itu tak bervariasi. Yang lebih seru, jika makan bersama rombongan atau orang Sunda menyebutkan botram.

Jika ingin botram, pastikan Anda membawa tikar ya. Oiya, bagi anak kecil yang ingin ikut, para orang tua tak perlu khawatir. Jalan-jalan di dalam KBB bersahabat untuk stroller (kereta bayi/anak). Jadi para orang tua tak akan kelelahan menggendong anaknya.

Wahana yang tersedia di dalam KBB juga lumayan beragam. Ada arena permainan anak-anak. Ada yang harus bayar lagi tetapi ada juga yang gratis. Ada juga sepeda air dan perahu yang untuk menaiki kita harus merogoh kocek lagi. Kalau ingin mencoba naik gajah atau unta juga bisa dengan membayar sejumlah uang.

Di dalam KBB juga tersedia mushola yang representatif dan toilet-toilet yang lumayan bersih. Berbagai petunjuk arah juga dipasang di beberapa persimpangan jalan sehingga diharapkan kita tidak tersesat saat mencari lokasi tertentu. Oiya, pada hari Minggu, biasanya ada pertunjukan satwa di panggung hiburan. Pada hari lain, ada penampilan kelompok silat atau yang lainnya di panggung tersebut. Namun untuk jadwal pastinya bisa ditanyakan ke bagian informasi.

Bagi anak-anak, KBB sangat cocok untuk beraktivitas karena luas dan teduh. Mereka bisa berlari atau berjalan dengan leluasa. Sisi edukasinya adalah, dipasangnya nama-nama hewan di kandangnya sehingga orangtua bisa menjelaskan kepada anak mereka jenis-jenis hewan yang dilihatnya. Selamat mengeksplorasi KBB saat liburan ini.

Info lebih lanjut bisa cek di sini : https://www.bandung-zoo.com/

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image