Perbedaan antara IELTS Academic dengan IELTS GT

Tips  

Sudah umum diketahui bahwa jika kita ingin pergi untuk studi atau bekerja di negara-negara berbahasa Inggris, kita perlu memiliki skor bahasa Inggris yang memadai. Salah satu tes yang perlu dilakukan adalah tes kemampuan bahasa inggris, IELTS yang merupakan kepanjangan dari International English Language Testing System.

dok. republika.co.id

Tapi, tahukah Anda bahwa ada dua jenis tes IELTS?

Jadi, tes IELTS ini ada dua jenis yang dibuat sesuai dengan kebutuhan. Yang pertama adalah IELTS Academic dan kedua adalah IELTS General Training (GT). Keduanya sama-sama mengetes kemampuan bahasa Inggris kita tetapi dalam beberapa bagian ada perbedaan. Hal ini dikarenakan perbedaan peruntukkannya. Untuk IELTS Academic digunakan sesuai namanya yaitu untuk kegiatan akademik seperti kuliah ataupun kursus (short course). Sedangkan IELTS GT digunakan untuk mereka yang ingin bekerja dan atau tinggal di negara berbahasa Inggris seperti Australia atau Inggris.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Perbedaan lainnya terletak pada jenis tesnya. Meskipun sama-sama mengetes kemampuan Listening, Reading, Writing dan Speaking, tetapi ada dua bagian yang berbeda. Pada kedua jenis IELTS ini perbedaannya adalah pada tes Reading dan Writing. Banyak yang mengatakan bahwa Reading dan Writing untuk IELTS GT lebih mudah. Kenyataannya tidaklah persis demikian karena semua soal diberikan dengan pertimbangan tertentu.

Tes Reading pada IELTS GT lebih diarahkan pada kemampuan berbahasa Inggris di lingkungan sosial, sedangkan pada IELTS Academic sesuai dengan namanya, bersifat akademis. Begitu juga untuk tes Writing, pada IELTS GT tugas 1, kita diminta untuk membuat surat dengan kemungkinan tiga jenis surat yang diminta untuk dibuat, yaitu surat informal (untuk keluarga teman), surat semi formal dan surat formal (kepada atasan/manajer di kantor). Untuk tes Writing tugas 1pada IELTS Academic, kita diminta untuk menjelaskan mengenai grafik atau tabel. Sedangkan untuk tugas 2 pada kedua jenis tes ini sama-sama mengenai opini peserta tes.

Hal lain yang perlu diketahui adalah bahwa jika kita memiliki skor IELTS academic, kita bisa gunakan untuk melamar pekerjaan atau untuk persyaratan tinggal. Namun sebaliknya, IELTS GT tidak bisa digunakan untuk melanjutkan studi. Jadi, silakan pertimbangkan, akan memilih tes jenis yang mana.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Ini Dia Jenis Beasiswa, Jangan Terkecoh

Perlukah Kita Kursus Bahasa Asing?

Kisi-Kisi Pertanyaan Wawancara Beasiswa

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image